Kecantikan

Ini Dia 3 Jenis Masker Wajah dan Khasiatnya yang Harus Kamu Tahu

Untuk mendapatkan kulit wajah yang indah dan cantik, salah satu caranya adalah dengan memakai masker wajah. Apa saja?

BICARAPEREMPUAN.COM – Kalau di Indonesia, masker wajah itu sudah dikenal sejak zaman baheula. Biasanya sih masker ini akan dipakai oleh para keturunan bangsawan dan putri-putri raja untuk merawat kulit agar selalu indah.

Masker merupakan bahan kecantikan yang dapat mengeluarkan sebum atau kotoran dari pori-pori yang tidak bisa dihilangkan oleh pembersih biasa. Masker ini mampu melembapkan kulit dengan menghambat penguapan serta memberi nutrisi lebih untuk kulit.

Selain itu, masker juga dapat mengencangkan, menyerap kelebihan minyak kulit dan kotoran.

Dari segi kesehatan, masker mampu memperlancar dan menstimulasi peredaran darah, terutama pada daerah wajah. Kulit jadi halus, kencang, dan terlihat lebih muda.

Perlu kamu tahu ya, girls, bahwa ada 2 bentuk masker wajah, yaitu clay dan peel off.

Untuk kulit berminyak, pakailah jenis clay yang seperti tanah liat karena mampu menyerap minyak berlebih. Sedangkan kulit yang cenderung kering sebaiknya memakai masker wajah jenis peel off yang berbentuk gel yang tidak menyerap minyak kulit.

Sedangkan untuk kulit sensitif, bisa pakai keduanya tergantung kondisi kulitnya–cenderung sensitif berminyak ataukah sensitif kering.

Cara Kerja Masker Wajah

Tapi sebenarnya bagaimana sih cara kerja masker wajah itu? Kok dia bisa ya, bikin wajah glowing? Apa yang dilakukannya?

Begini ternyata.

Ketika bahan masker mulai mengeras di permukaan kulit, secara otomatis kulit mengencang hingga kulit berada alam posisi terjepit. Pada saat masker diangkat, secara bersamaan pembuluh darah yang tadi terjepit di dalam tubuh terlepas dan terbuka. Hal ini membuat kulit menjadi lebih kencang, sehingga tampak lebih cerah.

BACA JUGA:  Bebas Bekas Jerawat? Mau Banget Dong!

Nah, berkat kemajuan teknologi, maka kini berbagai ramuan bisa diracik ke dalam ramuan dasar masker, sehingga menghasilkan manfaat yang diperlukan, yang bisa saja berbeda-beda. Karena itu, bahan yang digunakan menyesuaikan dengan masalah kulit wajah yang kamu miliki.

So, berikut adalah beberapa contoh jenis masker wajah untuk menangkal beberapa problema kulit membandel

10 Masker Wajah untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami dan Mudah Ditemukan

1.Four layer seaweed mask

Agar kulit awet muda dan sehat, maka perawatan dengan masker wajah dari rumput laut ini akan sangat tepat. Perawatan ini menggunakan 4 lapisan masker pada wajah. Cocok bagi kulit kering dan mengalami dehidrasi.

Prosesnya:

  • Bersihkan wajah dengan scrub agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.
  • Beri uap panas untuk membuka pori-pori. Lalu lakukan proses pembersihan kulit wajah.
  • Komedo dan segala kotoran yang menumpuk dibersihkan sampai tuntas.
  • Lakukan pengolesan lapisan pertama, yaitu C-Serum seaweed–yaitu serum yang mengandung bahan ekstrak rumput laut, garam mineral, dan berbagai vitamin.
  • Lanjutkan dengan hydrating cream sebagai lapisan kedua, dan seaweed mask atau masker rumput laut sebagai lapisan ketiga.
  • Selanjutnya ke proses pemberian masker mineral, sebagai pelengkap agar proses yang telah dilakukan sebelumnya bekerja maksimal.
  • Hasil dari masker wajah ini adlaah kulit yang halus, kenyal, dan bercahaya.

2. Heating Clay Mask

Kulit wajah terasa kendur, kurang elastis, dan mulai dihinggapi kerutan halus di sekitar dahi, bawah mata dan seputar lingkaran mulut?

BACA JUGA:  4 Cara Cantik Alami dengan Perawatan Tradisional - Mau Coba, Girls?

Kalau iya, kamu perlu perawatan yang menggunakan heating clay mask ini. Masker wajah ini menghasilkan efek panas yang memudahkan penetrasi serum dan krim, sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Prosesnya:

  • Bersihkan wajah dengan cleansing milk, diberi peeling lotion lalu olesi dengan firming serum sampai meresap.
  • Lanjutkan dengan firming cream pada wajah dan leher.
  • Tutuo wajah dengan kain kasa sebagai dasar masker.
  • Mulai proses pemakaian heating clay mask, atau masker yang mengeluarkan hawa panas selama 15 menit hingga masker mengeras. Masker ini juga mengeluarkan aroma jeruk lemon sebagai aromaterapi lo, girls.
  • Setelah masker kaku dan kering, angkat.
  • Bersihkan wajah, lalu pijat lembut selama 10 menit menggunakan firming gel, agar kulit menjadi rileks, elastis, dan kenyal.
  • Beri lotion hydra comfort dan lifting cream.

3. Face Whitening Mask

Jika ingin wajah bersih bebas noda, cobalah perawatan face whitening mask therapy, atau perawatan masker penghilang noda di wajah.

Perawatan kulit wajah ini menggunakan hydroxy acids (kumpulan asam kimiawi ang cepat melepas sel-sel kulit mati), arbutin (bahan pemutih kulit) yang berasal dari tanaman, sari buah-buahan, dan waitheria indica (bahan alam yang dapat menahan tumbuhnya proses melanin dalam kulit.

Semua bahan tersebut membantu proses pemutihan kulit. Ditunjang dengan vitamin C, B carotene (provitamin A), dan vitamin E yang dapat membantu kulit bercahaya.

Prosesnya:

  • Setelah kulit wajah dibersihkan, lalu beri face scrub untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Lakukan terapi dengan steamer hangat yang dapat membuka seluruh pori-pori wajah.
  • Lanjutkan proses extraction atau pembersihan wajah.
  • Olesi kulit wajah dengan hydrating cream agar lebih lembap dan dipijat ringan.
  • Beri collagen mask atau masker pengencang wajah yang mengandung bahan pemutih. Lalu diamkan selama 30 menit.
  • Bersihkan masker dengan air hangat, olesi krim ber-SPF. Lalu beri pijatan ringan.
BACA JUGA:  Cara Merawat Rambut Rusak Semanjur Apa Pun Tak Akan Berefek Kalau Kamu Masih Melakukan 5 Hal Ini!

Nah, memang berbeda dengan masker-masker sederhana dengan bahan alami yang kebanyakan bisa dibuat sendiri, ketiga masker wajah di atas memang butuh tangan seorang ahli untuk meraciknya agar formulanya tepat bagi kulit. Prosesnya juga lebih rumit kan?

Jadi, kalau kamu butuh perawatan kulit wajah di atas, maka kamu harus meminta bantuan ke salon. Coba cari informasinya di kota domisili kamu ya, girls.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: