4 Minuman yang Paling Tepat Diminum Menemani Waktu Olahraga Kamu

BICARAPEREMPUAN.COM – Hey, girls! Sudah punya jadwal rutin berolahraga? Coba deh, lengkapi dengan beberapa minuman yang bisa membuatmu kembali segar kalau diminum setelahnya.

Ya, beberapa minuman berikut dapat menjadi partner sempurna untuk meningkatkan stamina berolahraga lo. Dan, ternyata nih, bukan jenis minuman kemasan yang diiklankan di banyak tempat itu. Justru, minuman-minuman ini adalah minuman sederhana yang biasa saja, nampaknya.

 

4 Minuman yang bisa mengembalikan stamina kamu sehabis berolahraga

 

Minuman yang cocok sehabis olahraga: Jus Ceri.
Minuman yang cocok sehabis olahraga: Jus Ceri. Image via Healthline.

1. Jus Ceri

Olahraga teratur tentu akan memberikan keuntungan bagi tubuh. Namun, ada kalanya si penggila olahraga melakukan rutinitasnya terlalu berlebihan sehingga menyebabkan nyeri otot tertunda, atau yang dikenal dengan istilah DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness).

Tinggi akan antioksidan, kandungan fitonutrisi dalam buah ceri dipercaya berkhasiat mengurangi gejala DOMS ini.

Para atlet yang mengonsumsi jus ceri pasca berolahraga demi meredakan nyeri otot tertunda dan mempercepat perbaikan otot.

Minuman ini paling baik diminum sebelum olahraga berat, seperti maraton misalnya, dan beberapa saat setelah berolahraga.

BACA JUGA:  Diet Sehat Berdasarkan Zodiak Ini Bisa Kamu Coba Supaya Tubuhmu Lebih Nyaman!

 

2. Susu rendah lemak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh McMaster University di Kanada, perempuan yang rutin minum susu beberapa saat sebelum atau sesudah berolahraga angkat beban, mendapat lebih banyak tambahan massa otot dibandingkan mereka yang meminum berenergi dengan basis gula.

Selain itu, kalsium dan vitamin D di dalamnya bekerja memperkuat tulang dan sendi untuk melakukan gerakan.

Susu rendah lemak paling baik diminum secara rutin setiap pagi jika kamu sedang fokus dalam pelatihan angkat beban. Untuk energi ekstra, minumlah setelah kamu berolahraga.

 

3. Teh hijau

Teh hijau dapat dikatakan sebagai opsi sehat minuman pengganti kopi karena kandungan kafein di dalamnya dibutuhkan untuk meningkatkan stamina selama berolahraga.

Kafein memang dipercaya mampu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga lebih “berenergi”. Berbeda dengan kopi yang membuat jantung berdebar, berkat adanya zat polifenol teh hijau, tubuh akan tetap rileks selama berolahraga.

Polifenol ini juga dapat membantu merangsang pembakaran lemak lebih besar. Teh hijau paling baik diminum secangkir setiap hari, khususnya sebelum berolahraga.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

 

4. Madu

Madu merupakan salah satu “suplemen” terbaik untuk dikonsumsi untuk berolahraga. Mengonsumsi madu sebelum berolahraga dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh serta mengurangi kelelahan otot di saat yang bersamaan.

“Keajaiban” ini hadir berkat karbohidrat yang terdapat di dalamnya. Glukosa dalam madu juga dapat memberikan asupan energi instan, sedangkan fruktosa membantu menjaga cadangan energi.

Madu sebaiknya diminum sebelum dan sesudah olahraga untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Dapat dikonsumsi langsung sebanyak 1 sendok makan, atau dicampur dengan air.

 

Nah, siapkanlah 4 minuman tersebut kapan pun kamu berolahraga ya, supaya hidup sehat kamu semakin sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.