Kesehatan

5 Jenis Olahraga di Rumah untuk Memastikan Kamu Sehat Sepanjang Hidup

BICARAPEREMPUAN.COM – Olahraga sangat penting bagi tubuh. Kamu pasti mengamininya ya, girls? Tapi kenapa ya, masih males-malesan melakukannya? Padahal nggak perlu ke mana-mana, olahraga di rumah pun bisa kita lakukan dengan mudah.

Padahal, olahraga itu salah satu prioritas hidup yang bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit dan meningkatkan daya tahan sekaligus stamina tubuh. Memang sih, hidup sebagai seorang perempuan aktif itu sibuknya luar biasa, tapi kalau meluangkan waktu 10 menit saja pasti bisa kan ya?

Menurut para peneliti Boston University, asal kita meluangkan waktu 150 menit saja setiap pekan, tak peduli durasi olahraganya, aktivitas itu akan memberi dampak kesehatan secara positif lo, girls! Bahkan terbukti bisa mengecilkan perut dan menekan kolesterol. Meskipun Mama hanya melakukan peregangan dan melatih bagian tubuh tertentu selama masing-masing 5 menit, itu tetap terhitung pada target 150 menit itu. Dan efeknya bisa setara dengan efek aerobik juga asal dilakukan dengan ritme cepat tiap sesinya. Apalagi kalau hal ini kita lakukan sebagai rutinitas olahraga di rumah 10 menit. Wah, hasilnya semakin cepat terasa!

Makanya, girls. Meski sibuk, coba deh cari keringat dan regangkan otot dengan olahraga 10 menit ini. Kalau kamu mau merasa lebih optimal lagi, bisa membeli dumbel untuk latihan beban.

BACA JUGA:  Begini Cara Merawat Miss V yang Tepat Agar Selalu Sehat

 

5 Jenis olahraga di rumah 10 menit yang bisa kamu lakukan setiap waktu

1. Jumping jacks


Seperti saat SD dulu, jumping jack adalah gerakan paling umum yang pernah dilakukan oleh siapa pun. Kita hanya perlu loncat dan menepuk kedua tangan di atas kepala sambil meregangkan kedua kaki.

Lakukan ini cukup selama 45 detik saja, girls.

 

2. Renegade push-up

 

 

Lakukan push-up secara biasa seperti melakukan plank, dan modifikasi dengan menarik salah satu tangan secara bergantian.

Pastikan telapak tangan berada tepat di bawah bahu dengan posisi punggung rata. Turunkan tubuh dan dorong kembali tubuh ke atas sebelum sepenuhnya menyentuh lantai. Fokuskan pada otot punggung saat menarik salah satu tangan secara bergantian.

Hal ini baik melatih otot sebab berat badan akan ditumpukan pada salah satu tangan dan otot punggung. Supaya latihan ini lebih menantang, kamu bisa melakukannya sambil mengangkat dumbell.

 

3. Skaters

 

 

Skaters akan memberikan dampak kardio secara simultan sebab melatih kekuatan dan ketahanan otot perut dan paha, baik bagian dalam maupun luar.

BACA JUGA:  Mau Memulai Hidup Sehat? Coba Beberapa Langkah Berikut!

Berdirilah di atas kedua kaki dengan posisi pinggul menjauh, tekuk lutut secara perlahan secara bergantian dan kembali ke posisi semula dengan gerakan agak melompat. Lakukan ini selama 45 detik juga dengan kecepatan setinggi yang mungkin.

Kalau melompat terlalu berat dilakukan dan tidak membuat nyaman, maka kurangi kecepatannya dan lakukan tanpa lompatan. Kalau sudah terbiasa dan mahir melakukannya dengan cepat, coba tahapan yang lebih sulit dengan merendahkan lutut hingga menyentuh lantai.

 

4. Squat to lunge combo

 

 

Gerakan ini dijamin akan memanaskan tubuh di hampir seluruhnya, entah itu bagian bawah tengah dan atas.

Mulailah dengan meregangkan kaki selebar bahu, tegakkan tubuh dan tekan pinggul agak kebelakang dan sedikit berlutut untuk melakukan squat biasa. Setelah itu kembali pada posisi berdiri disusul gerakan menumpukan berat tubuh di kaki kiri dan memundurkan kaki kanan ke belakang dan sebaliknya.

Pusatkan berat badan di lutut saat melakukan gerakan ini. Lakukan bergantian dengan gerakan squat terus menerus .

 

BACA JUGA:  7 Cara Makan Sehat saat Pesta Tahun Baru

5. Mountain climber

 

 

Latihan terakhir ini memberikan efek kardio yang tak terbendung deh, girls, membantu memperkuat stamina tubuh dan stabilitas bahu.

Mulailah dengan posisi high plank lalu pastikan posisi telapak tangan sejajar dengan bahu. Luruskan kaki dan pastikan tubuh membentuk garis lurus mulai dari kepala hingga kaki. Tarik kaki hingga menyentuh dada secara bergantian lakukan terus dengan cepat selama 45 detik.

Jika saat melompat tubuh terasa kewalahan, lakukan secara perlahan dengan kecepatan normal.

 

Nah itulah olahraga di rumah 10 menit yang bisa kita terapkan setiap hari dan membuat tubuh lebih sehat. Have fun, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: