Kecantikan

5 Ritual Perawatan Wajah untuk Menjaga Kecantikan di Setiap Tahapan Usia

Tetap cantik di segala usia, siapa yang enggak mau? Kalau gitu, coba lakukan ritual perawatan wajah berikut ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Setiap perempuan pasti mau tampil cantik alami selamanya, sampai tua. Dan, kabar baiknya, hal ini mungkin saja didapatkan kok, kalau kita secara rutin melakukan beberapa ritual perawatan wajah yang benar.

Iklim, jenis aktivitas, dan usia adalah tolok ukur dalam memilih produk dan ritual perawatan kecantikan.

Nah, berikut adalah saran ahli untuk pemeliharaan wajah sesuai rentang umur, demi kulit yang prima lebih lama.

Ritual perawatan wajah untuk usia 20-an

Tip Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Paling Jitu

Permasalahan umum kecantikan di usia ini adalah jerawat dan kulit kusam. Pada rentang ini, kondisi kulit umumnya masih prima dan tidak banyak keluhan.

Inilah saat paling ideal untuk jaga vitalitasnya dengan perawatan wajah yang tepat.

  1. Pastikan membersihkan wajah 2 kali sehari, terutama di malam hari. Tujuannya agar wajah terbebas dari residu riasan sebelum terlelap dan mencegah perkembangan bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat dan kulit kusam.
  2. Gunakan scrub wajah minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati agar produk perawatan dapat bekerja lebih efektif di permukaan kulit yang bersih.
  3. Kulit wajah berminyak harus menggunakan pelembap wajah khusus untuk asupan nutrisi secara maksimal.
  4. Masih sedikit yang sadar bahwa pada usia ini, penuaan kulit mulai berlangsung perlahan. Gunakan perawatan wajah harian secara rutin dan mulailah menggunakan krim antipenuaan ketika memasuki usia 25 tahun.
  5. Pada fase ini, tubuh masih kuat dan tergolong prima. Jaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari. Rutinitas ini akan membantu peredaran darah ke area wajah menjadi lebih lancar dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.
BACA JUGA:  Kenali 8 Bentuk Sikat Maskara Karena Beda Bentuk Beda Fungsi

Ritual perawatan wajah untuk usia 30-an

perawatan kulit wajah perempuan korea

Kulit kering dan dehidrasi adalah tanda awal berkurangnya vitalitas kulit ketika memasuki rentang usia ini. Kerut halus pun mulai nampak. Karena itu, pemeliharaannya harus lebih intensif.

Lakukan beberapa ritual perawatan wajah berikut secara rutin:

  1. Area mata cenderung tipis dan mudah kehilangan kelembapan. Jadi, kamu butuh produk khusus dengan nutrisi tambahan untuk diaplikasikan pada pagi hari dan sebelum tidur.
  2. Kegiatan multimasking mampu memberikan tambahan nutrisi untuk kulit. Kamu bisa tentukan sendiri jenis masker sesuai manfaat yang diinginkan untuk tiap area wajah yang punya kebutuhan berbeda.
  3. Aplikasikan tabir surya saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Sinar matahari dan radikal bebas bisa merusak sel kulit yang pengaruhi produksi kolagen serta kurangi elastisitasnya.
  4. Umumnya, kerutan halus dan garis senyum mulai samar terlihat di wajah dan makin lama makin signifikan. Gunakan krim yang dapat meningkatkan progres regenerasi sel agar pembentukan kerut bisa diperlambat atau disamarkan.
  5. Kemampuan jantung memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk wajah, akan menurun. Mulailah terapkan pola hidup sehat, seperti olahraga kardio, konsumsi makanan sehat, serta perbanyak minum air putih.
BACA JUGA:  6 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Dalam

Ritual perawatan wajah untuk usia 40-an

5 Ritual Perawatan Wajah untuk Menjaga Kecantikan di Setiap Tahapan Usia

Tanda-tanda penuaan sperti kerut dan flek semakin jelas. Hal tersebut sulit untuk dihindari karena proses regenerasi sel dan produksi kolagen yang menurun.

Terapkan rutinitas perawatan wajah berikut.

  1. Flek hitam mulai tampak jelas bahkan bisa menebal. Gunakan produk yang mampu memecah zat melanin dalam kulit untuk bantu menyamarkan. Bila dirasa perlu, perawatan laser dapat dilakukan sesuai dengan petunjuk ahli.
  2. Kolagen dan hyaluronic acid punya peran penting dalam menyokong vitalitas kulit wajah. Pilih produk perawatan yang mampu merangsang produksi kolagen dan mencukupi kebutuhan hyaluronic acid.
  3. Pijat wajah menggunakan face oil sebelum tidur. Kandungan antioksidan yang tinggi pada produk tersebut mampu meresap ke dalam lapisan kulit dan menangkal radikal bebas. Aplikasikan dengan metode antigravitasi atau pijatan ke arah atas.
  4. Produksi kolagen dan elastin yang lambat membuat ‘ruangan’ dalam sel kulit kosong sehingga kulit terlihat kendur. Injeksi filler dapat menjadi salah satu solusi, jika kamu mau. Konsultasikan kepada dokter kulit atau kecantikan terlebih dulu agar lebih aman ya.
  5. Metabolisme tubuh yang menurun membuat sistem pencernaan mudah terganggu. Kurangi asupan gula, garam, dan makanan berminyak. Perbanyak makanan kaya serat untuk mendukung metabolisme tubuh.
BACA JUGA:  10 Rahasia Cantik Kate Middleton yang Ternyata Effortless Banget

Lakukanlah setiap ritual perawatan wajah secara teratur dan saksama, girls, agar kamu tak menyesal ke depannya.

Stay pretty!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: