Kecantikan

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

BICARAPEREMPUAN.COM – Berbagai khasiat bisa didapatkan dari buah kelapa. Ternyata, girls, ada banyak manfaat minyak kelapa yang bisa kita gunakan untuk perawatan kecantikan dan tubuh lo.

Minyak kelapa mampu memberikan kelembapan maksimal dengan formula alami antibacterial dan antifungal, dapat memperkuat jaringan sel pada lapisan kulit serta menyingkirkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit kasar dan bersisik.

Tahun 2013, Journal International Dermatology membuktikan bahwa manfaat minyak kelapa murni ini baik sekali untuk meningkatkan kekebalan fungsi sel kulit pada pasien atopic dermatitis (penyakit kulit seperti ruam dan peradangan akibat reaksi hipersensitivitas).

Manfaat minyak kelapa ini juga sudah digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India, untuk menyembuhkan bekas luka dan melembapkan rambut.

 

Nah, buat kamu, berikut beberapa manfaat minyak kelapa yang bisa kamu gunakan untuk merawat tubuh dan kecantikan kamu

1. Pelembap tubuh dan wajah

Apa yang membedakannya dengan pelembap pada umumnya?

Pelembap bisa mengandung kadar air yang tinggi dan dapat melembapkan kulit seketika. Namun, seperti air yang cepat kering, kulit pun akan terasa kering kembali dalam waktu cepat.

Minyak kelapa kaya akan fatty acid tinggi yang dapat mengunci kelembapan kulit. Sangat cocok untuk kulit yang sangat kering, terutama di bagian tangan, siku, dan lutut. Mudah menyerap ke kulit sehingga nggak lengket.

BACA JUGA:  Tren Kecantikan Terbaru: Garden Brows - Mau Cobain?

Cukup gunakan satu sendok minyak kelapa untuk seluruh tubuh. Kulit pun akan terasa lembap dan halus sepanjang hari.

 

2. Scrub tubuh

Tambahkan 2 sendok makan gula atau garam dapur ada setengah gelas minyak kelapa. Aduk hingga butirannya tercampur merata dengan minyak.

Lalu, teteskan minyak esensial favorit kamu, agar wanginya lebih menenangkan, atau berikan sedikit ekstrak vanilla untuk kombinasi yang lebih menyenangkan.

Selain alami dan bebas dari bahan kimia, formula ini mampu mengangkat kulit mati dan membuat kulit terasa sangat lembap.

 

3. Pengganti shaving cream

Sering bermasalah dengan krim pencukur yang menyebabkan kulit kemerahan atau iritasi? Coba deh, ganti dengan minyak kelapa.

Hampir 50% asam lemak pada minyak kelapa adalah karbon asam laurat. Kandungan asam laurat inilah yang berfungsi membunuh bakteri, virus dan jamur, serta membantu mencegah terjadinya infeksi.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, minyak kelapa bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada kulit.

 

4. Merawat rambut rusak

Studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science menjelaskan, bahwa struktur asam lemak pada minyak kelapa mampu menembus ke dalam batang rambut dan memperbaiki struktur rambut yang rusak.

BACA JUGA:  Ini Dia 6+6 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Kamu Tahu!

Sebelum tidur, oleskan minyak kelapa murni pada batang rambut. Ikat dan balut rambut dengan shower cap, diamkan sepanjang malam.

Keesokan paginya, cuci rambut dan gunakan kondisioner. Perawatan sederhana ini membantu mengatasi kerusakan rambut akibat proses pewarnaan dan penggunaan alat penata rambut secara rutin.

 

5. Membersihkan riasan

Kadar lemak di dalam minyak kelapa mampu meluruhkan dan membersihkan riasan, bahkan waterproof maskara sekalipun!

Kandungan antibakterinya mampu menghilangkan bakteri dan kotoran pada kulit wajah, sekaligus memberi kelembapan maksimal pada kulit.

Manfaat minyak kelapa juga bagus untuk merawat kulit di sekitar mata yang lebih rentan kering, mencegah timbulnya garis-garis halus akibat kekurangan kelembapan. Aplikasikan minyak kelapa menggunakan kapas ke seluruh wajah, lalu lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun pencuci muka sesuai jenis kulit kamu, girls.

 

6. Menghaluskan telapak kaki

Atasi kulit kering pecah-pecah pada tumit dan telapak kaki dengan minyak kelapa. Campur setengah gelas minyak kelapa dengan madu dan gula, lalu gosokkan pada bagian tumit dan seluruh telapak kaki. Basuh dengan air hangat, kemudian bersihkan tumit kaki menggunakan buffer.

Nggak hanya menghaluskan dan menghilangkan kulit mati, minyak kelapa juga mengandung antimicrobial dan antifungal yang membantu menghilangkan bau tak sedap akibat bercampurnya bakteri dengan keringat pada kaki.

BACA JUGA:  Punya Wajah dengan Pipi Chubby? Mungkin Karena Kamu Punya 3 Kebiasaan Ini!

 

Nah, berikut ini tip untuk kamu yang ingin memaksimalkan manfaat minyak kelapa untuk perawatan tubuh:

  • Pilih minyak kelapa extra virgin yang belum melewati proses kimia dan tidak memiliki warna dan pewangi buatan di dalamnya.
  • Untuk jenis kulit wajah mudah berjerawat atau acne prone, sebelum menggunakan minyak kelapa sebaiknya tes pemakaian terlebih dahulu selama 1-2 hari. Jika bereaksi dan muncul jerawat, hentikan penggunaan.
  • Simpan minyak kelapa pada suhu ruang. Suhu yang berlebihan membuat reaksi pada minyak kelapa, sehingga khasiatnya menjadi nggak maksimal.

Nah, semoga bermanfaat ya, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: