Kuliner

6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Bogor yang Legendaris dan Pantang Dilewatkan

Berwisata kuliner di Bogor adalah salah satu pilihan menarik untuk menghabiskan akhir pekan, lho. Kota yang sering dikenal sebagai Kota Hujan ini memiliki segudang kuliner legendaris yang pantang kamu lewatkan ketika berkunjung.

Oleh karena itu, tidak heran jika kota ini seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan bagi wisatawan. Lokasinya yang mudah dijangkau, membuat kota ini semakin popular dikalangan masyarakat terutama buat mereka yang tinggal di area Jabodetabek. 

Harganya yang murah dan menunya yang beragam membuat berwisata kuliner di kota Bogor patut kamu coba untuk menghabiskan akhir pekanmu, girls. Hm, penasaran apa saja rekomendasi kuliner legendaris yang ada di kota Bogor?

Rekomendasi Kuliner Legendaris Kota Bogor yang Wajib Kamu Coba

  1. Martabak Encek 
    Kamu salah satu  penggemar martabak manis? Martabak Encek yang ada di Jalan Suryakencana ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berwisata kuliner di kota Bogor, girls. 

    Bukan sembarang martabak, makanan manis yang satu ini masih dimasak dengan menggunakan arang, lho. Jadi, cita rasanya pun sudah dipastikan lebih istimewa dibanding martabak manis lainnya.

    Berlokasi di dekat perempatan Gang Aut, martabak yang hanya tersedia dalam rasa cokelat, kacang dan keju ini tidak pernah sepi pembeli. Martabak yang dijual dengan harga Rp. 40.000 – 55.000 ini buka mulai dari jam 14.00 sampai habis. 

    Bahkan, kamu harus sabar mengantri jika ingin menikmatinya.
  1. Lumpia Basah 
    Masih berada di Jalan Suryakencana, kamu akan menemukan jajanan khas Kota Bogor yang selalu bikin ngiler. Yups! Lumpia Basah Suryakencana ini memang tidak pernah gagal memikat lidah penikmatnya.

    Konon, lumpia basah yang berada di Gang Aut ini sudah ada sejak tahun 70-an, lho. Wah, sudah lama sekali, ya girls. 

    Nah, kamu bisa menikmati jajanan khas ini hanya dengan merogoh koceng mulai dari Rp. 13.000. Murah banget kan? 
  1. Es Bir Kotjok si Abah
    Saat berwisata ke Kota Bogor, kamu kepengin yang seger-seger? Bir Kotjok si Abah ini bisa menjadi tujuan wisata kuliner kamu, lho. 

    Eits, meskipun namanya bir tapi minuman ini tidak memabukkan girls. Pasalnya, minuman segar yang satu ini terbuat dari jahe, kayu manis dan gula aren. So, udah pasti 100% halal yah!

    Satu gelas Bir Kotjok yang berada di Suryakencana ini dijual dengan harga Rp. 5.000 saja. Murah meriah dan pastinya cocok untuk pelepas dahaga. 
  1. Cungkring Pak Jumat
    Dalam bahasa Sunda, cungkring berarti kikil sapi. Nah, makanan tradisional khas Kota Bogor yang satu ini sudah hampir punah girls. So, nggak heran kalo kamu bakalan jarang menemui penjual cungkring ketika berwisata kuliner di Kota Hujan ini.

    Sajian ini terdiri dari kikil yang dimasak dengan bumbu kuning, kemudian dicampur dengan lontong, serta ditambahkan tempe dan rempeyek dengan siraman bumbu kacang di atasnya. Yummy!

    Kamu dapat menikmati satu porsi Cungkring Pak Jumat hanya dengan Rp. 3.000 per lontong dan Rp. 6.000 per lauknya. Jika kamu ingin menikmati Cungkring Pak Jumat, kamu bisa datang ke Jalan Suryakencana dari jam 07.00 pagi ya girls. 
  1. Soto Kuning Pak Yusuf
    Berdiri sejak tahun 1977, Soto Kuning Pak Yusuf ini wajib masuk ke dalam daftar wisata kuliner kamu ya, girls. Dijajakan dengan konsep kaki lima, Soto Kuning Pak Yusuf selalu ramai pembeli. Bahkan tidak jarang dari mereka yang rela mengantri. 

    Dagingnya yang empuk serta kuahnya yang gurih dan lezat akan sangat memanjakan lidah kamu, lho. Pak Yusuf biasa menjajakan Soto Kuningnya di Gang Aut, Suryakencana.

    Buka dari jam 09.00 WIB pagi, Pak Yusuf mematok harga sebesar Rp. 30.000 untuk satu porsi soto kuning tanpa nasi. 
  1. Roti Unyil Venus
    Nah, puas berjalan-jalan sambil berwisata kuliner di jalan Suryakencana, kamu wajib membeli Roti Unyil Venus sebagai alternatif oleh-oleh. Roti Unyil Venus yang telah berdiri sejak tahun 1992 ini  cukup digemari masyarakat, lho.

    Selain cita rasanya yang khas, ukuran roti yang mini membuat anak-anak hingga orang dewasa menyukai roti ini. Hingga saat ini, Roti Unyil ini telah tersedia dalam 25 rasa dan dibandrol dengan harga Rp. 2.500 untuk satu rotinya. 

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Bogor yang wajib kamu coba ya, girls. Selain cita rasanya yang khas dan legendaris, kuliner di atas juga memiliki harga yang ramah di dompet, lho.

BACA JUGA:  7 Kue Kering Lebaran yang Selalu Ada di Setiap Rumah Keluarga Indonesia

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: