Kecantikan

7 Cara Merawat Kulit Secara Alami – Dijamin Glowing!

Kulit adalah organ tubuh yang terbesar, dan melindungi seluruh tubuhmu dari kotoran, kuman, dan bahaya sehari-hari lainnya dari dunia luar. Makanya, simak yuk, cara merawat kulit secara alami berikut!

BICARAPEREMPUAN.COM – Merawat kulit dengan baik adalah bagian utama untuk melindungi kesehatanmu secara keseluruhan. Rawat kulitmu dengan membersihkan dan melembapkannya setiap hari.

Tapi, sebenarnya, kuncinya bukan pada skincare yang berharga mahal, girls. Tetapi, lebih pada metode yang benar.

Biar lebih lengkap, yuk simak beberapa cara merawat kulit secara alami berikut ini agar kulit senantiasa sehat!

Cara Merawat Kulit Secara Alami dengan Cleansing, Exfoliating, and Moisturizing

7 Cara Merawat Kulit Secara Alami - Dijamin Glowing!

1. Bersihkan dan cuci dua kali sehari dan kapan pun jika berkeringat

Mencuci kulit akan menghilangkan minyak, kotoran, bakteri, dan hal-hal buruk lainnya yang menumpuk di kulit sepanjang hari. Cara merawat kulit secara alami ini memang yang paling jitu sejauh ini.

Cucilah wajahmu di pagi dan sore hari untuk mencegah pori-pori dan berjerawat. Lakukanlah setiap kali kamu berkeringat.

Well, berkeringat itu bagus untukmu, tetapi membiarkan keringat tetap ada di kulit dapat menyebabkan jerawat dan iritasi. So, setelah berolahraga, segera ganti pakaianmu, mandi, dan cuci muka. Cuci pakaian untuk menghilangkan sisa keringat.

Jika kamu memakai makeup, cucilah wajahmu setiap malam sebelum tidur dengan penghapus rias bebas minyak dan pembersih yang lembut.

2. Mandi air hangat

Menggunakan air panas saat kamu mandi atau mencuci wajah, bisa membuat kulit mengering dan iritasi. Alih-alih, gunakanlah air hangat yang nyaman. Ini juga bisa menjadi cara merawat kulit secara alami yang cukup efektif loh.

BACA JUGA:  Alergi Kulit Akibat Produk Kecantikan: Bagaimana Bisa Muncul?

Banyak ahli kesehatan kulit yang menyarankan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mandi atau berendam. Saran terbaik mereka, mandi itu paling lama tidak lebih dari 3-4 menit, dan berfokuslah pada area tubuh paling kotor, seperti ketiak dan area selangkangan.

Nah, jadi, sudah berapa menit kamu mandi hari ini, girls?

Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

3. Oleskan pembersih dengan ujung jari atau kapas yang lembut

Salah satu cara merawat kulit secara alami lainnya yang juga efektif adalah dengan melakukan eksfoliasi.

Meskipun pengelupasan kulit bisa membuat kulitmu terlihat glowing, tapi kamu harus melakukannya dengan benar, girls. Kalau kamu menggosok kulitmu terlalu keras, yang ada malahan pembersihan ini dapat menyebabkan iritasi.

Basuhlah wajahmu menggunakan spons atau waslap. Gunakan waslap lembut untuk menggosok kulitmu, jika ingin sedikit mengelupas kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit matimu.

Tapi ingat. Jika kamu punya gangguan kulit, seperti psoriasis, jangan gunakan waslap, loofah, spons, atau sikat gosok. Tetap bersihkan kulitmu dengan tangan ya.

4. Bersihkan sampai benar-benar bersih

Bahkan pembersih yang lembut dapat mengiritasi kulit jika kamu tidak membilasnya benar-benar.

Cara merawat kulit secara alami adalah bersihkan sisa-sisa pembersih yang masih menempel dengan menggunakan air hangat dan bilas dengan lembut.

Jika suka, kamu dapat membilas wajah dengan air dingin saat sudah selesai membersihkannya. Suhu dingin akan mengencangkan kulit untuk sementara waktu dan meminimalkan penampilan pori-pori.

Alergi Kulit Akibat Produk Kecantikan: Bagaimana Bisa Muncul?

5. Tepuk-tepuk kulitmu dengan handuk bersih dan kering

Ketika kamu sudah selesai membersihkan kulit, jangan gosok kulitmu dengan handuk, karena ini bisa menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:  Perawatan Rambut Dengan 3 Bahan Alami Ini Bisa Menyehatkan Rambutmu

Sebagai gantinya, cara merawat kulit secara alami terbaik adalah dengan menggunakan handuk lembut, tepuk-tepuk kulitmu untuk menghilangkan kelembapan yang berlebih. Jika kamu memiliki kulit kering, oleskan sedikit pelembap segera setelah menepuk-nepuk kulit.

Kenapa setelah itu harus dioleskan pelembap dengan segera? Karena dry skin itu tandanya kulit sedang dehidrasi. Agar kelembapan segera kembali, maka setelah membersihkan kulit lalu tepuk-tepuk kulitmu sebentar, lalu segera oleskan pelembap.

6. Exfoliate your skin gently 2-3 times a week

Jika kulitmu cenderung bersisik kering atau tidak rata, eksfoliasi merupakan salah satu cara merawat kulit secara alami yang cukup efektif. Namun, jangan lakukan setiap hari atau gunakan scrub yang keras, karena ini dapat merusak kulitmu dan bahkan menyebabkan jerawat.

Oleskan pembersih exfoliating yang lembut, seperti exfoliant berbasis oatmeal, dengan ujung jarimu. Gunakan gerakan kecil, lembut, dan melingkar. Bilas eksfoliasi dengan air hangat saat sudah selesai.

Jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, diskusikan apakah kamu perlu melakukan dermaplaning dengan ahli kecantikan kulit yang terpercaya. Prosedur ini melibatkan mencukur kulit secara lembut dengan pisau cukur untuk menghilangkan bulu-bulu halus dan sel-sel kulit mati.

Metode ini lebih lembut daripada kebanyakan cara pengelupasan kulit, termasuk scrub ataupun secara kimiawi.

Tip Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Paling Jitu

7. Lembapkan kulit setiap setelah mandi atau mencuci muka

Mandi atau cuci muka bisa mengeringkan kulitmu, girls. Agar kulitmu lembut dan terhidrasi, gunakan pelembap segera setelah kamu selesai mencuci, sementara kulit masih sedikit lembap.

BACA JUGA:  Nggak Suka Memakai Make Up? 5 Hal Baik Ini Akan Terjadi Padamu

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, kamu mungkin perlu melembapkannya beberapa kali sehari. Terutama tanganmu, yang sangat rentan terhadap kekeringan, karena tangan biasanya banyak terekspos–apalagi di masa-masa musim wabah penyakit seperti ini, sehingga sering dicuci. So, jangan sampai lupa untuk selalu melembapkan tangan setiap setelah kamu mandi, mencuci piring, atau menggunakan pembersih tangan.

Nah, girls, itu dia 7 cara merawat kulit secara alami, dari mulai wajah hingga ujung kaki. Cukup mudah kan?

Selamat mencoba!


metode agar kulit kita sehat dan terus terjaga. Kamu enggak mau kan sampai sakit karena mengenyampingkan hal-hal yang simpel tapi ternyata dapat membuat kulitmu sehat seperti mencuci muka. Yuk lakukan hal di atas agar kita tidak mengalami penyakit kulit yang parah ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: