Kesehatan

7 Cara Praktis Hidup Sehat yang Simpel Sepanjang Tahun

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa nih yang punya resolusi untuk hidup sehat di tahun 2019 ini? Oh yes, semangat ya, girls! Kamu pasti bisa mengubah pola hidupmu yang lawas–yang kurang sehat–menjadi pola yang baru, yang lebih sehat.

Well, cara hidup sehat alami itu sebenarnya nggak sulit kok, malahan bisa sangat simpel, asalkan kamu mulai dari beberapa hal kecil saja.

Beberapa hal seperti yang berikut ini.

 

7 Cara Hidup Sehat Alami nan Simpel untuk tahun 2019 yang Lebih Oke

 

Mau Diet Sehat, Ketahui Dulu Beberapa Mitos Lemak yang Penting Ini!

1.  Investasi sepatu

Sudah merencanakan jadwal rutin untuk berolahraga, girls? Bagus! Tak perlu menunggu besok, kamu bisa memulainya hari ini juga.

So, sudah punya sepatu olahraga? Sudah berapa lama kamu memilikinya? Bertahun-tahun? Well, tahu nggak sih, sepatu olahraga juga ada waktu kedaluwarsanya lo. Sepatu yang lama dan sudah usang pastinya tak akan bisa mendukung niat kamu untuk hidup sehat tahun ini.

Tapi gimana caranya tahu kapan waktunya sepatu olahraga mesti diganti?

Begini cara menilai kapan sepatu olahraga sudah harus ganti. Letakkan telapak tangan kamu di dalam sepatu, lalu tekan dengan satu tangan yang lain.

Jika jemari kamu bisa merasakan tekanan di tangan paling bawah, maka berarti lapisan sepatu sudah berkurang kualitasnya. Nah, itu menjadi pertanda bahwa sudah saatnya menginvestasi sepatu baru.

BACA JUGA:  Kenali 21 Gejala PMS Agar Bisa Kamu Atasi Secara Tepat!

Dengan sepatu olahraga yang baru, pastinya kamu akan lebih semangat menjalankan rutinitas berolahraga kamu kan? Di samping tentu saja, sepatu olahraga yang baik akan menghindarkanmu dari risiko cedera.

 

2. Membatasi cokelat

Hayo, ada yang suka menyimpan cokelat di kulkas? Nggak salah kok. Karena cokelat itu bikin kita bahagia. Betul, girls?

Yah, asalkan kamu nggak mengonsumsinya secara berlebihan. Nggak cuma cokelat sih, apa pun yang kamu makan secara berlebihan pasti hasilnya enggak akan baik untuk tubuh.

Jadi, boleh saja kamu menyimpan cokelat di kulkas, siapa tahu kamu membutuhkannya. Hanya saja pastikan kamu membungkusnya (kembali) dengan rapi ya, bisa diikat atau dimasukkan lagi dalam wadah.

Mengapa harus begitu? Karena usaha untuk membuka cokelat akan membuat kamu makan setidaknya 30% lebih sedikit, atau bahkan malas melakukannya. Jadi, simpel aja kan, untuk hidup sehat?

 

3. Tidur cukup

Yang suka kerja lembur, mesti diperhatikan nih. Jika kamu kurang tidur di weekdays, maka membayar tidur cukup di akhir pekan merupakan keharusan, bukan lagi kemewahan.

Kurang tidur berbahaya bagi kesehatan jantung, girls. Namun, sebaiknya sih jangan sampai berutang tidur, apalagi kalau pekerjaan kamu di kantor adalah jenis pekerjaan yang butuh konsentrasi tinggi. Apalagi plus masih harus mengemudi saat berangkat dan pulang kantor.

BACA JUGA:  10 Resolusi Karier di Tahun Baru Agar Memuncak Tahun Ini

So, jangan dulu janji hangout dengan teman-teman kalau utang tidurmu belum lunas. Dan, jangan lupa. Atur lagi waktu kerjamu, jangan lembur berlebihan.

 

4. 75% napas segar

Nggak hanya fisik bugar yang menandakan kamu telah hidup sehat. Napas segar pun menjadi ciri tubuh yang sehat.

So, jangan pernah lupa untuk bersihkan lidah kamu dengan cara menyikatnya. Kebersihan lidah akan menghindari napas tak sedap hingga 75% lo.

 

5. Bekal jalan kaki

Siap untuk olahraga jalan kaki selama 2 jam besok pagi? Kamu nggak perlu repot dengan bekal. Cukup air mineral dan snack yang cepat diserap oleh tubuh. Misalnya pisang, buah kering (aprikot dan kismis), atau roti berlapis madu.

Makan sedikit-sedikit tapi sering akan membuat tubuh tetap kuat sampai tujuan.

Jangan bawa bekal gorengan ya.

 

6.  Masak sendiri

Saat memasak sendiri, kamu berarti bisa kreatif mengurangi kalori. Berikut beberapa cara masak sehat yang bisa kamu lakukan:

  • Saat menumis, ganti minyak dengan kuah kaldu hingga sayuran matang
  • Saat ingin membuat sandwich isi ayam, ganti mayones dengan yoghurt tanpa lemak
  • Saat membuat omelette, hindari 2 telur. Gunakan 1 butir saja, lalu tambahkan irisan bawang bombay atau sayuran favorit kamu lainnya
BACA JUGA:  Kecanduan Minum Kopi? Ini Dia 6 Cara untuk Menghilangkannya

Ada beberapa resep makanan rendah garam yang bisa kamu tiru juga, girls. Tetap enak kok, dan pastinya lebih baik untuk tubuh kamu.

 

7. Siap olahraga

Saat olahraga, perut tak nyaman? Mungkin karena porsi makan yang terlalu berat tuh, girls.

Idealnya setelah makan berat, tunggu 3-4 jam sebelum olahraga. Itulah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mengolah bahan makanan, terutama lemak dan protein.

 

Itu dia 7 cara hidup sehat yang simpel, yang bisa kamu mulai terapkan untuk tahun 2019 yang lebih oke. Semangat ya, girls! Kamu pasti bisa!

Ayo hidup sehat hari ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: