Kecantikan Kesehatan

7 Manfaat Air Kelapa Hijau, Bukan Sekedar Minuman untuk Pelepas Dahaga

Girls, tahukah kamu bahwa terdapat segudang manfaat air kelapa hijau? Temukan manfaatnya dalam artikel ini, yuk!

Air kelapa hijau memang cukup popular sebagai minuman pelepas dahaga. Selain rasanya yang nyegerin, perpaduan rasa asam pada air dan manis pada daging buahnya membuat minuman ini digandrungi banyak kalangan.

Eits, ternyata air kelapa hijau tidak hanya bisa menjadi pelepas dahaga, lho girls. Ketika kamu mengkonsumsi air kelapa hijau, maka minuman menyegarkan yang satu ini akan memberikan segudang manfaat bagi tubuh kamu. 

Pasalnya, air kelapa hijau mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisinya pun cukup beragam, mulai dari vitamin C, antioksidan, hingga mineral. Kebayang kan girls, manfaatnya seperti apa?

Agar lebih jelas, berikut sejumlah manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh kamu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

8 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

  1. Menjaga Pencernaan Tetap Sehat
    Mengkonsumsi air kelapa hijau ternyata dapat menyehatkan pencernaanmu, girls. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa hijau mampu mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih serta mengatasi dehidrasi.

    Ketika kamu diare, air kelapa hijau berfungsi untuk menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Pasalnya air kelapa hijau mengandung asam amino, enzim, mineral dan asam lemak yang menjadikannya mempunyai osmolatiras yang tinggi. 
  1. Mengoptimalkan Sistem Imun
    Girls, mengkonsumsi air kelapa hijau ternyata bisa mengoptimalkan sistem imun, lho. Kandungan B6 dan kadar elektrolit yang cukup tinggi, membuat air kelapa hijau dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan imunitas tubuh.

    Kadar elektrolit pada air kelapa hijau ini mengandung kalium dan juga Magnesium yang memiliki manfaat sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan jantung. Nah, itulah sebabnya mengapa akhir-akhir ini  air kelapa hijau cukup populer di kalangan penderita COVID-19. 
  1. Sebagai Anti-inflamasi
    Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa hijau bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Sifat ini dapat membantu tubuh dalam melindungi diri dari virus, bakteri maupun jamur. Tidak terkecuali virus COVID-19 ya, girls.
  1. Menetralisir Racun
    Konon, air kelapa hijau adalah minuman yang cukup efektif untuk menetralisir racun dalam tubuh. Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau ini sangat bermanfaat untuk menetralisir racun. 

    Selain itu, kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa hijau seringkali digunakan sebagai asupan energy tambahan bagi olahragawan maupun orang yang rutin melakukan aktivitas ekstra lainnya. Luar biasa bukan?
  1. Menurunkan Berat Badan 
    Girls, kamu ingin menjaga atau mengontrol berat badan dengan berdiet? Ternyata, mengkonsumsi air kelapa dapat menjadi alternatif diet kamu, lho. 

    Kandungan kalori yang terdapat dalam air kelapa bernilai lebih rendah dari minuman lainnya. Konon, timing yang pas untuk meminum air kelapa dalam rangka menurunkan berat badan adalah di pagi hari saat perut kosong. 

    Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memberi metabolism awal sehingga mendorong penurunan berat badan. 
  1. Menjaga Kecantikan Kulit
    Air kelapa memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulitmu, girls. Mulai dari menjaga elastisitas kulit, memberikan energy untuk kulit, dan juga menghidrasi kulit. 

    Selain itu, mengkonsumsi air kelapa ternyata juga dapat melembabkan kulit dan bibir yang kering, lho. Jangan lupa gunakan juga Virgin Coconut Oil untuk melembabkan kulit kering sambil dipijat perlahan, ya. 

    Air kelapa juga bisa mengatasi kekusaman pada kulit kamu, girls. So, jangan sekali-kali meremehkan manfaat air kelapa untuk kulit kamu ya!
  1. Mempercepat Penyerapan Obat
    Air kelapa hijau ternyata juga dapat mempercepat penyerapan obat, girls. Hal ini diungkapkan oleh Manisha DebMAndal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shyamapada Mandal dari Department of Zoology, Gurudas College Kolkata India bahwa air kelapa dapat membantu mempercepat penyerapan obat.

    Tidak hanya itu, air kelapa juga dipercaya dapat mempermudah obat yang dikonsumsi mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah. Bukan tanpa alasan, hal ini juga merupakan efek dari kandungan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa. 
BACA JUGA:  Diet atau Olahraga? Mana yang Paling Efektif untuk Tubuh?

Itulah sejumlah manfaat dari air kelapa hijau yang perlu kamu ketahui, girls.

Eits, meskipun banyak manfaatnya namun mengkonsumsi air kelapa hijau tidak boleh secara berlebihan ya. Apalagi buat penderita gangguan pada ginjal. Kandungan kalium yang tinggi di dalamnya menjadi peringatan khusus bagi penderita gangguan pada ginjal. 

So, konsultasikan ke dokter apabila tubuh kamu merasa tidak nyaman setelah minum air kelapa hijau, ya girls. Stay safe, stay healthy and stay beautiful!

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: