Kuliner

8 Kuliner Khas Nusantara yang Identik dengan Hari Kemerdekaan, Mana Favorit Kamu?

17 Agustus adalah tanggal yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, girls? Momen kemerdekaan ini selalu meriah dengan berbagai perayaan mulai dari lomba, upacara, dan berbagai sajian masakan khas nusantara. Tidak hanya itu, ornamen merah putih pun menghiasi wilayah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke ini. 

Tahun ini merupakan tahun kedua bagi bangsa Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19. Meskipun demikian, suasana hiruk pikuk perayaan kemerdekaan pun tetap dirasakan oleh masyarakat yang berbondong-bondong menghias sudut-sudut kampung dengan ornamen merah putih. 

Uniknya, terdapat sejumlah makanan khas Nusantara yang identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan, lho.  Lantas, apa saja kuliner khas Nusantara yang dapat kamu nikmati sembari merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi COVID-19?

8 Ragam Kuliner Nusantara yang Identik dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah ragam kuliner khas Nusantara yang identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia:

  1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah kuliner Nusantara pertama yang identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan. Menu wajib Hari Kemerdekaan ini terbuat dari nasi kuning dengan berbagai lauk, mulai dari perkedel kentang, telur dadar iris, ayam goreng, orek tempe dan masih banyak lagi. Nah, ada juga yang menikmati nasi tumpeng ini dengan kerupuk putih atau kerupuk udang dan sambal, lho. Nikmat bukan, girls?

  1. Kue Klepon
BACA JUGA:  5 Bahan Makanan Ini Bila Salah Pengolahan Bisa Membahayakan Kesehatan!

Kue klepon adalah kue yang umumnya berbentuk bulat dan berwarna hijau, girls. Namun, berbeda dengan kue klepon pada umumnya, kue klepon untuk perayaan Hari Kemerdekaan biasanya menggunakan kreasi atau perpaduan warna merah putih yang identic dengan warna bendera Indonesia, lho.

Kudapan tradisional ini terbuat dari tepung beras ketan yang didalamnya berisi gula merah cair. Nah, kudapan ini biasa dijadikan sebagai sajian saat ada perkumpulan, tidak terkecuali kumpul-kumpul saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Eits, karena penyebaran COVID-19 masih cukup masif, makan kue kleponnya di rumah aja ya, girls.

  1. Telok

Telok adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari telur ayam atau telur bebek, girls. Telur-telur ini diolah dengan cara direbus, lalu ditancapkan di suatu miniatur sehingga tampak menarik perhatian. Nah, makanan ini juga tidak pernah absen sebagai sajian yang dinikmati saat perayaan Hari Kemerdekaan, lho. Penasaran bagaimana rasanya? Cobain yuk, girls.

  1. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah makanan khas masyarakat Sunda yang biasanya disajikan di dalam kendil tanah liat. Nasi tutug oncom ini dapat kamu nikmati dengan berbagai lauk yang sudah disandingkan, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, bebek goreng dan lalapan. Bagi kamu yang doyan oncom, menu ini sangat menggugah selera, lho.

  1. Bandros
BACA JUGA:  Waspadai 3 Kontaminasi Bahan Makanan Mentah Berikut Ini!

Kuliner khas Nusantara yang wajib ada saat perayaan Hari Kemerdekaan adalah Bandros. Bandros merupakan kudapan yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kebayang gurihnya seperti apa kan, girls? Biasanya kudapan ini disajikan dengan taburan gula pasir dan sangat pas dinikmati bersama the atau kopi di pagi hari.  

  1. Ayam Tuturaga

Menyerupai opor, Ayam Tuturaga disajikan dengan kuah yang kental dan enak. Konon, Ayam  Tururaga ini paling nikmat dimasak dengan bumbu pedas, girls. Perpaduan rasa ayam yang pedas dan nasi putih hangat, bisa menjadi alternative sajian keluarga saat merayakan Hari Kemerdekaan, lho.

  1. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa adalah rujak yang berasal dari Indonesia Timur, tepatnya dari Ambon. Rujak ini memang tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya, girls. Namun, dalam penyajiannya bumbu rujak natsepa ini dihaluskan terlebih dahulu dalam cobek besar, barulah irian buah-buahan ditambahkan ke dalam cobek tersebut dan dicampur rata. Setelah itu, rujak dipindahkan ke piring untuk siap disantap.

Perpaduan rasa asam manis dengan bumbu yang kental ini bisa membantumu melepas dahaga di tengah perayaan Hari Kemerdekaan, lho. 

  1. Celorot
BACA JUGA:  Boros Pengeluaran di Pos Makan, 6 Cara Ini Dapat Mengatasinya

Celorot adalah sebuah kudapan tradisional Indonesia yang juga terkenal di negara tetangga seperti Brunei dan Malaysia. Celorot terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Kudapan khas Jawa Tengah yang bercita rasa manis dan gurih ini berbentuk kerucut panjang seperti sebuah terompet yang dibungkus dengan daun kelapa. 

Nah, itulah ragam kuliner khas nusantara yang dapat kamu coba sembari menyambut meriahnya perayaan Hari Kemerdekaan meskipun dirumah aja, ya girls. Adakah makanan khas nusantara favorit kalian dalam daftar diatas? Jika tidak, tulis makanan khas nusantara favorit kalian di kolom komentar, ya. 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: