9 Strategi Sukses Presentasi Buat Kamu, Perempuan Kreatif!

BICARAPEREMPUAN.COM – Maunya bisa berbicara penuh percaya diri dan lugas saat presentasi atau di depan umum, tapi yang terjadi, baru dipanggil nama saja, kaki sudah gemetar dan keringat dingin mengalir deras. Gimana bisa sukses presentasi kamu, girls?

Memang nggak sedikit orang merasa nervous atau grogi saat harus tampil presentasi. Bahkan, seseorang yang telah memiliki pengalaman public speaking pun masih tetap berkeringat dingin saat harus berbicara di depan umum kok.

Menurut sebuah penelitian, perasaan grogi ini muncul karena melemahnya percaya diri pada seseorang. Nggak cuma itu, tanpa sadar keinginan untuk tampil sempurna juga menjadi penyebab demam panggung.

Dengan persiapan tepat, setidaknya bisa membuat pembawaan kamu menjadi lebih tenang saat tampil presentasi. Gimana caranya? Simak terus artikel ini sampai selesai ya!

 

Strategi sukses presentasi untuk perempuan kreatif

 

Strategi sukses presentasi
Strategi sukses presentasi
  1. Kuasai materi

Usahakan untuk menyelesaikan materi presentasi setidaknya 3 hari sebelum kamu menyajikannya. Ini akan memberimu waktu untuk mempelajari kembali materi presentasi yang telah dibuat.

Nggak cuma itu, kamu pun punya kesempatan untuk berlatih mempresentasikannya di depan cermin, sebelum berhadapan langsung dengan audience.

Semakin sering berlatih, biasanya pede kita makin tinggi. Selain itu, bila kita menguasai materi dengan baik, kita lebih bisa mengendalikan kegugupan. Bila perlu, buatlah catatan kecil untuk mendukung presentasi.

 

  1. Bayangkan kesuksesan

Membayangkan kesuksesan  adalah metode lain yang efektif untuk membangun rasa percaya diri.

BACA JUGA:  Menemukan Peluang Usaha, 7 Hal Berikut Sering Terlewatkan oleh Pebisnis Pemula

Coba deh, kamu bayangkan kerumunan orang yang bertepuk tangan saat kamu selesai menyampaikan presentasi. Gambaran positif tentang keberhasilan seperti ini diyakini bakal membangkitkan rasa percaya diri dengan cepat lo, girls!

Jangan lupa, saat kamu berjalan menuju podium atau panggung untuk menyampaikan presentasi, pejamkan mata terlebih dahulu dan bayangkan penonton yang bertepuk tangan.

Yah, anggap saja kita seleb dadakan!

 

  1. Alihkan pikiran

Ketika sedang grogi atau stres, dengan cepat syaraf otak akan menyampaikan pesan pada seluruh bagian tubuh.

Inilah yang membuat kita makin nggak nyaman. Triknya, jangan paksakan dirimu untuk mengingat setiap kata yang ada dalam modul presentasi atau sontekan.

Percaya saja, bahwa kamu sudah hafal semuanya. Kalau lupa gimana? Improvisasi saja!

Lebih baik, alihkan pikiran dengan melakukan hal-hal menyenangkan sebelum acara presentasi tiba. Main games, misalnya. Atau baca buku novel dari penulis kesayanganmu. Atau, mendengarkan musik favorit.

 

  1. It’s not about you

Saat rasa nervous atau grogi mulai melanda, coba deh yakinkan diri bahwa presentasi ini bukan tentang diri Mama sendiri, melainkan tentang topik yang sedang kamubicarakan.

So, sebisa mungkin, buatlah audience fokus pada topik, dan bukan pada dirimu sendiri ya. Santai aja, mereka bisa memaklumi kok kalau pembicaranya nervous. Semua orang pasti pernah merasakan dan tahu rasanya gimana.

BACA JUGA:  5 Tipe Rekan Kerja Toxic yang Berbahaya di Kantor - Mendingan Jauh-Jauh Deh!

Jangan pernah berpikir, bahwa audience adalah musuh yang siap mencela hasil karyamu. Anggap saja mereka teman yang sedang ingin mendengarmu bercerita.

 

Strategi sukses presentasi
Strategi sukses presentasi
  1. Rileks

Sambil menanti giliran beraksi, atur napasmu. Tarik napas dalam dan keluarkan perlahan. Keluarkan energi yang meluap-luap dalam dada melalui embusan napas yang teratur.

Tenangkan pikiran dan emosi, bila perlu pejamkan mata. Ini akan banyak membantu membuatmu merasa lebih tenang menghadapi audience.

 

  1. Mulailah dengan perlahan

Awali presentasi dengan salam bersemangat dan penuh percaya diri. Saat masuk kalimat pertama, bicaralah lebih lambat dari biasanya.

Ini supaya kamu dapat mengidentifikasi suasana. Jika keadaan sudah bisa dikuasai, mulailah menyampaikan materi dengan tajam dan lantang. Jangan lupa usahakan untuk berinteraksi dengan audience juga ya, girls, supaya mereka nggak bosan.

 

  1. Pegang sesuatu

Percaya atau enggak, tapi menggenggam sesuatu saat presentasi akan bisa mengurangi rasa grogi lo. Coba perhatikan para public speaker, seperti presenter yang selalu memegang Q card, news reporter dengan mikrofonnya, atau dosen dengan laser pointernya.

Selain sebagai alat bantu, memegang sesuatu menjadi cara alami untuk mengurangi grogi.

 

  1. Selipkan humor

Cairkan suasana dengan melemparkan humor yang tak berlebihan. Jika perlu, siapkan bberapa humor sebelum kamu mulai menyajikan presentasi, tapi usahakan supaya tetap terlihat spontan ya, girls.

BACA JUGA:  4 Tipe Pekerja yang Selalu Ada di Setiap Kantor - Kamu Termasuk yang Mana?

Presentasi yang terlalu kaku akan membuat audience merasa bosan dan cepat kehilangan fokus.

Namun, ingat, humor yang baik adalah yang tak menyinggung fisik siapa pun, melukai perasaan siapa pun, mencela siapa pun, bahkan termasuk mereka yang tak hadir dalam ruang presentasi.

 

  1. Nothing to lose

Keinginan yang besar untuk tampil sempurna justru akan mendorong munculnya perasaan grogi. Akibatnya, kita jadi takut salah, khawatir gagal, dan berbagai bayangan negatif lainnya.

Maka, sebelum melakukan presentasi ada baiknya kamu menetralisir dulu emosi-emosi negatif yang ada dalam dirimu. Katakan bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

Kalaupun kali ini belum berhasil, masih banyak kesempatan lain yang menanti. Jadikan ini sebagai pelajaran baru untuk meraih sukses mendatang.

 

Nah, sudah siap presentasi sekarang, girls?

Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.