Karakter

5 Aplikasi Handphone untuk Membantumu Mengurangi Kebiasaan Buruk

Mengubah kebiasaan buruk bukan jadi hal mudah. Kadang, sudah tahu efek negatifnya, eh tetap saja dilakukan. Coba minta bantuan pada 5 aplikasi handphone ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu punya kebiasaan buruk, yang sebenarnya pengin banget kamu hentikan tapi susah? Memang butuh niat yang kuat serta dukungan lingkungan sekitar, termasuk orang-orang terdekat, untuk bisa terbebas dari kebiasaan buruk ini.

Well, sekarang sih makin mudah seharusnya. Dengan kemajuan teknologi, aplikasi handphone pun bisa juga membantu, apalagi bisa dibawa ke mana-mana.

Berikut ini beberapa aplikasi handphone yang bisa diunduh dan menjadi sahabat kamu untuk mengingatkan agar bisa meninggalkan beberapa kebiasaan buruk.

1. Kebiasaan buruk: Susah bangun tidur. Aplikasi handphone: Puzzle Alarm Clock

Aplikasi handphone Puzzle Alarm Clock
Via N4BB

Nggak sedikit orang yang kalau alarm pagi bunyi, hanya bangun sebentar, matikan alarm, lalu tidur lagi. Jangan-jangan kamu juga ya?

Kalau begitu, aplikasi handphone satu ini wajib kamu unduh. Kamu akan dibangunkan dengan suara alarm yang nggak bisa dihentikan dengan mudah. Kamu harus menyelesaikan soal matematika, permainan memori, atau permainan puzzle agar alarm yang membangunkan itu mau berhenti.

Setelah dipaksa berpikir dalam keadaan setengah sadar, dijamin deh otakmu akan langsung siaga.

Untuk lebih memotivasi, kamu dapat mengatur aplikasi ini untuk terhubung dengan akun Facebook. Jadi, kalau masih tetap gagal bangun, maka aplikasi ini akan mempostingnya di akun Facebook-mu yang punya banyak teman itu! Ouch. Malu dong!

BACA JUGA:  7 Cara Memberi Kritik yang Baik, Tanpa Jadi Haters

Bahkan, kamu juga bisa mengatur aplikasi ini untuk mendendamu, kalau masih saja tetap susah bangun. Such a fun, huh?

2. Kebiasaan buruk: Nyetir sambil menggunakan HP. Aplikasi: Drive Mode

Aplikasi handphone Drive Mode
Via APKPure.com

Menurut penelitian University of South Caroline, berkendara sambil menelepon bisa membahayakan nyawa 4 kali lipat dibanding mengobrol dengan penumpang.

Saking bahayanya, penggunaan ponsel saat berkendara pun akhirnya dimasukkan sebagai salah satu pelanggaran dalam UU No. 22 tahun 2009.

Tapi, nggak mudah memang untuk mengurangi kebiasaan ini ya. Apalagi kalau kamu seorang yang sibuk dan punya kegiatan sosial yang tinggi.

Nah, supaya nggak tergoda untuk mengecek ponsel saat sedang menyetir mobil dan membahayakan jiwa, maka cobalah aplikasi handphone yang bernama DriveMode ini. Saat kecepatan mobilmu melebihi 40 km/jam, maka DriveMode akan otomatis menghilangkan semua dering notifikasi pada handphone kamu, mulai dari email, pesan, hingga telepon.

Dan, pintarnya lagi, supaya orang yang sedang menghubungi nggak merasa diabaikan, aplikasi handphone satu ini juga akan mengirimkan notif pada mereka, bahwa kamu sedang berkendara dan akan online kembali setelah selesai mengemudi. Hmmm. Useful banget ya.

3. Kebiasaan buruk: Boros. Aplikasi: Money Lover

Aplikasi handphone Money Lover
Via Modded APKs

Kalau kamu termasuk orang yang sulit mengatur keuangan—bahkan sampai nggak tahu ke mana saja larinya itu uang bulanan—maka Money Lover akan menjadi aplikasi handphone yang wajib diunduh.

Dibandingkan aplikasi handphone sejenis, aplikasi ini terbilang yang paling mudah digunakan. Cukup masukkan data pemasukan dan pengeluaran yang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu entertainment, family, food, friend, love, shopping, medical dan beberapa kategori yang lain.

BACA JUGA:  Menjadi Orang Pendiam Tak Berarti Tak Percaya Diri - Lakukan 7 Tip Berikut!

Setelah itu, berbagai kategori pengatur keuangan, mulai dari cash book, debt management, statistic, bujet plan, dan lain-lain, akan membantu memonitor keuanganmu.

Dengan fitur debt management, misalnya, kamu akan diingatkan kapan waktu membayar tagihan atau utang. Selain itu, tampilan pengeluaran secara pie chart akan membantu untuk menganalisis pengeluaranmu per bulan.

Kelebihan lainnya, aplikasi handphone ini menyediakan pilihan mata uang rupiah dan pengaturan bahasa Indonesia lo. Jadi makin mudah dipakai deh.

4. Kebiasaan buruk: Lupa minum. Aplikasi: Carbodroid

Kesibukan sering kali membuat kita lupa akan hal sederhana yang sangat penting bagi kesehatan kita sendiri. Minum air putih sebanyak 2-3 liter setiap hari, salah satunya.

Padahal, manfaat minum air putih sangat banyak, mulai dari meningkatkan kebugaran tubuh, kesehatan kulit, hingga membantu proses diet.

Makanya, untuk mengingatkan sekaligus memotivasi diri untuk minum air putih lebih banyak, aplikasi handphone Carbodroid ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain penggunaannya yang simpel dan mudah, tampilannya juga lucu. Kamu pasti akan senang diingatkan oleh aplikasi handphone ini setiap hari untuk minum deh.

5. Kebiasaan buruk: Menunda pekerjaan. Aplikasi Time Wise

Aplikasi handphone Time Wise
Via APKMonk

Aplikasi handphone ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang sering menunda-nunda pekerjaan. Dengan Time Wise, kamu akan diajak bekerja dengan lebih produktif.

BACA JUGA:  Lebih Pintar Mengelola Waktu, Coba Sontek 4 Cara Para Pria Ini!

Caranya, kamu akan diminta untuk memecah pekerjaan menjadi beberapa tugas spesifik. Tiap tugas tersebut akan dibatasi dengan waktu. Waktu standar yang diberikan adalah 25 menit dengan jeda istirahat 5 menit. Waktu istirahatnya bisa diatur, sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain sebagai timer, Time Wise juga bisa menyimpan histori tugas yang sudah diselesaikan. Jadi, kalau kamu mengerjakan hal yang sama setiap hari, data akan tersimpan dan mama bisa melihat statistik durasi pengerjaan tugas tersebut.

Gimana, girls? Sekiranya aplikasi handhone di atas cukup membantu kan? Semoga kamu segera bebas dari kebiasaan buruk kamu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: