Ini Dia 7 Artis Transgender yang Prestasinya Luar Biasa dan Harus Diapresiasi

BICARAPEREMPUAN.COM – Akhir-akhir ini, nama Lucinta Luna benar-benar sedang wira-wiri dibicarakan di akun-akun hosip yang ada di media sosial ya, girls. Bukan karena ia berprestasi sebagai artis, menerima penghargaan atau semacamnya. Tapi karena, konon, artis ini adalah artis transgender.

Hmmm. Lepas dari segala macam pro dan kontra mengenai fenomena LBGTQ yang semakin luas merebak belakangan ini, hal ini justru menggelitik rasa kekepoan BiPer nih.

Seandainya seseorang memang benar transgender, tak bisakah ia berprestasi? Tak bolehkah ia sukses? Tak pantaskah ia dibicarakan, tentunya berfokus pada prestasinya bukan pada perilakunya?

BiPer kira jawabannya adalah bisa, boleh, dan pantas. Ada contohnya kok. Para transgender menjadi selebriti, dan berprestasi. Mau tahu nggak, girls?

 

Ini lo 7 artis transgender luar biasa yang bikin kita standing applause atas prestasinya!

1. Caitlyn Jenner

 

Artis transgender: Caitlyn Jenner
Artis transgender: Caitlyn Jenner. Image via Deadline.

Caitlyn Jenner bernama asli Bruce Jenner. Ia adalah mantan atlet pemegang medali emas Olimpiade cabang decathlon. Ia lantas merintis karier juga menjadi bintang televisi, film, bahkan juga menulis. Ia juga sempat menjadi cover untuk majalah Playgirl lo, girls.

Dan, tada! Bruce Jenner adalah ayah dari Kendall dan Kylie Jenner, dari ibu mereka Kris Kardashian.

Bruce secara resmi mengumumkan perubahannya pada tahun 2015 di majalah Vanity Fair. Dan sejak saat itu, ia pun dikenal sebagai “The Most Openly Transgender Woman in the World”.

 

2. Laverne Cox

Artis transgender: Laverne Cox.
Artis transgender: Laverne Cox. Image via STLtoday.com.

Laverne Cox adalah seorang penulis buku, aktris, aktivis, sekaligus pengacara khusus LGBT. Ia adalah pemegang beberapa Piala Emmy untuk acara-acaranya di televisi.

Meski sudah sukses, jangan dikira Laverne bisa melupakan “masa-masa suram” saat ia selalu menerima perlakuan buruk, alias bullying, dari teman-temannya karena ia “tidak berperilaku sebagaimana laki-laki seharusnya”. Karena itulah, ia aktif sekali dalam gerakan kesetaraan transgender, dan bahkan menjadi pengacara khusus masalah LGBT.

BACA JUGA:  5 Artis Penyanyi Ini Pernah (Dituduh) Melakukan Lip Sync

Laverne adalah lulusan Alabama School of Fine Arts di bidang studi creative writing. Selain itu, ia juga belajar classic ballet lo, girls. Ckckck.

 

3. Carmen Carrera

Artis transgender: Carmen Carrera.
Artis transgender: Carmen Carrera. Image via minmaxbeauty.com.

Ahhh, model yang satu ini cantik banget ya, girls! Dan ternyata, Carmen Carrera adalah seorang transgender. Tak hanya sebagai model, ia juga terlibat dalam banyak program televisi terutama yang melibatkan para drag queens.

Carmen Carrera pernah marah-marah di Facebook, karena ia disebut sebagai “a man” dalam sebuah acara di televisi. Statusnya cukup tajam, dan sangat mewakili para transgender secara umum. Begini ia tulis.

“By calling me a ‘MAN’ promotes ignorance and makes it ok to call transgender women, men. PEOPLE GET BULLIED, BEAT UP, AND KILLED FOR BEING TRANS BECAUSE OF THIS IGNORANCE! … I made it VERY clear to the producers on how to use the correct wording before agreeing to filming this but instead they chose to poke fun and be disrespectful. That’s not what Im about! … I may not have been born a woman, but im NOT a man. I told them I wouldn’t mind if they said ‘born male’ or ‘was a male’. After taking this journey it’s not fair at all to be lied to by the producers.”

Wow. Applause!

 

4. Lana Wachowski

Artis transgender: Lana Wachowski.
Artis transgender: Lana Wachowski. Image via Hollywood Reporter.

Lana Wachowski, bersama saudaranya yang juga transgender–Lilly Wachowski–adalah sepasang sutradara film yang mumpuni.

Kamu pasti sudah nonton paling tidak salah satu karyanya. The Matrix. Yes, itu dia film yang dibintangi oleh Babang Keanu Reeves, yang sukses menjadi box office di seluruh dunia. Dari film ini, pasangan sutradara transgender ini meraih penghargaan Saturn Award for Best Director di tahun 1999. Luar biasa!

BACA JUGA:  5 Bintang Hollywood Cilik Ini Telah Dewasa dan Punya Kemampuan Akting Mumpuni

Lana dan Lilly jugalah yang menggarap dua sekuel The Matrix; Matrix Reloaded dan The Matrix Revolution. Mengikuti sukses The Matrix, Lana dan Lilly juga menyutradarai V for Vendetta. Lana dan Lilly juga sebelumnya sempat menulis skenario untuk film Assassins, yang dibintangi oleh Sylvester Stallone dan Antonio Banderas.

Ckckck. Sungguh bikin berdecak kagum ya?

 

5. Chaz Bono

Artis transgender: Chaz Bono.
Artis transgender: Chaz Bono. Image via Georgia Voice.

Nah, sedari tadi kita ngomongin artis transgender yang dari laki-laki “berubah wujud” menjadi perempuan. Sekarang kita membicarakan yang sebaliknya, girls.

Adalah Chaz Bono, anak satu-satunya Cher dan Sonny Bono, yang mengubah jati dirinya dari seorang perempuan menjadi laki-laki pada tahun 1995.

Chaz banyak tampil di acara televisi, termasuk dalam opera sabun The Bold and The Beautiful yang diremake tahun 2016. Selain sebagai bintang televisi, Chaz juga seorang pengacara, penulis dan musisi.

 

6. Andreja Pejic

Artis transgender: Andreja Pejic.
Artis transgender: Andreja Pejic. Image via Today.

Cantik ya, girls? Yes, ia adalah Andreja Pejic, seorang model berkebangsaan Australia kelahiran Bosnia. Ia sudah menjadi model sejak masih berusia 17 tahun.

Spesialisasinya adalah sebagai model androgyni, yaitu model yang bisa memeragakan baik clothing line untuk wanita maupun untuk pria. Setelah beberapa lama menjadi model androgyni, Andreja akhirnya benar-benar “berpindah” jenis kelamin menjadi seorang perempuan di tahun 2013.

Di tahun 2011, Andreja merupakan salah satu dari Top 50 Model List yang dirilis oleh situs bergengsi model.com. Ia berada di peringkat 18 lo. Selain itu, di tahun yang sama, ia juga merupakan salah satu perempuan terseksi versi majalah FHM. Wow. Amazing, huh?

Tahun 2016 kemarin, ia mendapat predikat sebagai The Best International Female Model dari majalah GQ Portugal.

 

7. Dorce Gamalama

Artis transgender: Dorce Gamalama.
Artis transgender: Dorce Gamalama. Image via Pos Kupang – Tribunnews.com.

Dari Indonesia juga ada, girls, artis transgender berprestasi yang bikin kita mengacungkan jempol atas semua yang dicapainya.

BACA JUGA:  7 Selebgram Body Positive Pendobrak Standar Kecantikan Ini Wajib Difollow untuk Memberimu Rasa Pede!

Dorce Gamalama, berganti nama dari Dedi Yuliardi Ashadi, menjadi seorang perempuan sejak operasi kelamin yang dilakukannya di Surabaya. Banyak pro dan kontra harus dituai saat ia mengumumkan dirinya berganti kelamin.

Namun, Dorce bisa membuktikan diri, bahwa ia adalah entertainer sejati. Ia bahkan pernah masuk MURI setelah merilis 9 album rekaman dalam waktu 5 bulan. Ia juga telah berhasil menyatakan diri sebagai presenter papan atas. Dulu kayaknya hampir semua acara di-host oleh Dorce deh. Kayak Raffi Ahmad sekarang gitu. Hahaha.

Tak hanya sukses karier di industri hiburan, Dorce juga terkenal akan jiwa sosialnya. Ia punya banyak sekali anak asuh lo, girls.

 

Nah, setelah membaca cerita-cerita para artis transgender baik yang dari luar maupun dalam negeri di atas, pastinya kita bisa yakin ya, sekarang. Bahwa prestasi seseorang tidak ada hubungannya dengan orientasi seksualnya.

Ada baiknya bagi kita untuk bisa melihat setiap sisi baik dari pribadi manusia yang ada di sekitar kita, girls. Nggak hanya bisa mencari-cari kekurangannya saja.

Yuk, tetap cerdas dalam kehidupan sosial dengan tidak menghakimi sesama kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.