Bisnis & Karier

Akur dengan Atasan di Kantor yang Suka Sentimen dalam 5 Langkah

Punya atasan di kantor yang suka sentimen sama kamu, girls? Hmmm, bisa jadi tantangan untuk ditaklukkan tuh!

BICARAPEREMPUAN.COM – Nggak ada yang lebih menyebalkan daripada memiliki atasan di kantor yang suka sentimen dengan kita.

Kenapa ya? Bisa bermacam-macam sih penyebabnya. Mungkin tanpa kita sadari, kita pernah membuat kesalahan yang membuatnya jadi kesal berkepanjangan. Atau, kinerja kita di kantor begitu bagusnya sehingga dia jadi merasa insecure, takut tersaingi atau tergantikan? Hmmm, who knows?

Bennett Tepper, seorang profesor dari Fischer College of Business, Ohio State, AS, mengatakan bahwa memiliki masalah dengan bos di kantor akan berdampak buruk pada karier kita lo, girls. Salah satunya, akan kecil peluangnya bagi kita untuk dipromosikan.

Ouch! Jadi, gimana dong?

Tenang, jangan buru-buru mempertimbangkan untuk resign. Karena resign merupakan opsi paling akhir yang bisa ditempuh. Sebelum itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil, terkait sentimen atasan di kantor terhadap kita ini. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA:  Berani Negosiasi Gaji? Inilah 3 Langkah yang Bisa Kamu Ambil

3 Langkah untuk Berdamai dengan Atasan di Kantor yang Sentimen dengan Kita

Akur dengan Atasan di Kantor yang Suka Sentimen dalam 5 Langkah

1. Pacu diri

Lihatlah masalah ini sebagai tantangan kariermu untuk menyesuaikan diri dengan atasan di kantor. Coba kenali cara bekerjanya, dan carilah apa yang sebenarnya diinginkan oleh atasanmu itu.

Daripada kita berpikir, mengapa dia begitu sentimen terhadap kita, lebih baik berpikir dan mencari akal, apa yang bisa kita lakukan untuk membuatnya kagum dengan hasil kerja kita.

2. Minta penilaian

Mumpung masih di awal tahun, mintalah atasan di kantor melakukan penilaian terhadap kinerja kita tahun lalu.

Saat atasan memanggil kita untuk berbicara berdua, sampaikan rencana kerja kamu setahun ke depan, dan sekaligus ungkapkan juga target yang ingin kamu capai.

Hal ini berguna untuk membangun respek dan rasa percaya dari atasan di kantor.

Bos di Kantor Sayang Sama Kamu - Ini 5 Tandanya!

3. Jangan terintimidasi

Berpikirlah secara positif, anggap atasan di kantor bersikap sentimen karena tengah menghadapi masalah lainnya, yang lebih berat.

Tetaplah menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tunjukkan kalau kamu mampu bersinar di bawah tekanan yang diberikan oleh atasanmu itu.

BACA JUGA:  Sehari 24 Jam Terasa Kurang? Barangkali Kerjamu Belum Cukup Efektif

4. Jangan lepas kontrol

Untuk menunjukkan citra positif, meski mendapatkan tekanan dari atasan di kantor, tetaplah untuk tetap mengendalikan emosimu, girls.

Penelitian dari Arizona State University, AS, mengungkapkan bahwa perempuan yang mudah marah cenderung akan dipandang rendah dan kurang mendapat respek, baik dari atasannya maupun rekan kerjanya. Bahkan, meski penyebab kemarahan itu masih berhubungan dengan pekerjaan, seperti akibat klien yang mendadak membatalkan kerja sama.

Perempuan pemarah dinilai nggak profesional dan menunjukkan emosi yang kurang stabil. Siapa pun akan males bekerja sama, maka tak heran atasan di kantor juga jadi sentimen dengan kita.

4 Teror di Kantor yang Bisa Banget Ganggu Kinerja Kamu

5. Keep in touch

Meski merasa bahwa atasan di kantor tidak suka pada kita, tapi bagaimanapun dia adalah bos kita, bukan? Kita bertanggung jawab padanya. So, jangan menghindarinya, justru kamu harus selalu menjaga komunikasi dengannya.

Cari tahu kapan waktu dan mood yang pas, jika ingin menemuinya. Dan, pastikan pekerjaanmu sudah benar-benar beres ketika akan berhadapan dengannya.

Nah, semangat ya, girls! Tentunya kamu enggak akan menyerah begitu saja, meski atasan di kantor sedikit menyulitkanmu. Tunjukkan kemampuanmu, dan kemauanmu untuk maju dalam karier.

BACA JUGA:  Penuaan Dini Ternyata Akan Paling Sering Terjadi di 4 Ruangan di Rumah Ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: