Hobi

Main HP, Pastikan Kamu Selalu Melakukan 4 Hal Berikut Agar Tetap Sehat

Pernah menghitung enggak, total berapa jam dalam sehari kamu main HP, girls? 4 jam? 7 jam? 15 jam? Atau nonstop?

BICARAPEREMPUAN.COM – Rata-rata setiap remaja-dewasa memeriksa smartphonenya atau main HP hingga lebih dari 80x sehari. Ini juga termasuk kamu kan? Well, ini kenyataan yang nggak bisa dimungkiri bahwa smartphone atau telepon genggam kini termasuk kategori kebutuhan primer bagi orang pada umumnya ya?

Rasa-rasanya hidup di zaman sekarang itu nggak mungkin banget deh kalau tanpa HP atau smartphone ini. Hampir seluruh hidup kita itu ada dalam HP yang setiap hari selalu kita pakai, mulai sejak bangun pagi sampai tidur malam. Bahkan ada pasti di antara kamu yang mempergunakan aplikasi terapi tidur yang ada di HP. Iya enggak?

Dengan 24 jam terus menerus terpapar medan elektromagnetik, nggak heran deh, akhirnya banyak efek buruk juga yang datang. Karena, seperti yang kamu tahu, terlalu banyak akan sesuatu itu tak pernah akan baik dampaknya. Begitu juga kalau kita kebanyakan main HP, tanpa jeda sama sekali.

Karena itulah, kamu mesti tahu cara penggunaan smartphone yang tepat.

Berbagai aksesori unik seperti casing, i-ring, bahkan ‘gurita’ digunakan untuk mempermudah kamu dalam menggunakan dan main HP. Tapi, ternyata tidak hanya sampai di situ lo. Mudah itu belum tentu tepat, girls. Jika kamu merasa dimudahkan dengan penggunaan aksesori tersebut, kali ini kamu harus sadar bahwa cara penggunaan dan aturan main HP yang tepat juga akan sangat memudahkan dirimu sendiri untuk jangka panjang.

BACA JUGA:  Tempat Membaca Buku Favorit Para Kutu Buku - Di Mana Favoritmu?

Berikut 4 cara penggunaan dan aturan main HP yang tepat, terutama bagi kamu yang selalu standby gadget.

Hobi Belanja Online? Nggak Masalah Asal Perhatikan 11 Hal Ini!

1. Tegakkan kepala

Posisi yang tepat yakni leher tidak ditekuk saat kamu sedang main HP, membalas berbagai pesan masuk di grup Whatsapp kamu, ataupun saat kamu harus memeriksa dan membalas email dari klien.

Jadi, lengan kamulah yang harus diangkat sehingga posisi smartphone yang mendekati wajah, bukan wajah yang tertunduk ke arah smartphone yang biasanya ada di pangkuan kamu.

Hal ini harus kamu ingat dan lakukan saat main HP, agar kamu nggak mengalami sakit kepala dan sakit leher,s erta merasakan pegal di bagian leher hingga punggung.

2. Atur jarak pandang

Yap, serupa juga saat kamu menggunakan laptop. Usahakan jarak pandang antara kamu dan layar smartphone minimal 30 sentimeter, saat kamu sedang main HP.

Angkat posisi telapak tangan kamu hingga sebawah dagu dan jaga agar siku tidak menempel di samping pinggang. Pertahankan selama kamu menatap smartphone dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:  7 Aplikasi Android Selain Tik Tok Buat Kamu yang Suka Musik

Hal ini perlu kamu lakukan untuk melindungi kesehatan mata kamu, girls.

Main HP, Pastikan Kamu Selalu Melakukan 4 Hal Berikut Agar Tetap Sehat

3. Gunakan dua jari

Meskipun sudah pakai i-ring di belakang body smartphone kamu agar tidak jatuh saat mengetik dengan satu ibu jari, ada baiknya kamu tetap menggunakan 2 ibu jari saat harus mengetikkan sesuatu ke dalam layar smartphone kamu, girls.

Hal ini agar kamu terhindar dari jari yang kaku atau kram, apalagi kalau kamu main HP dalam waktu yang cukup lama.

4. Gunakan anti-bakteri

Kamu punya kain berbahan khusus seperti kain pembersih kacamata, kan?

Nah, setidaknya satu hari sekali kamu juga harus membersihkan smartphone milikmu dengan cairan anti bakteri, lalu keringkan mengusapnya dengan kain khusus.

Hal ini perlu kamu lakukan secara teratur supaya layar tetap jernih dan nyaman saat kamu pakai.

So, girls. Coba terapkan 4 tip penggunaan dan aturan main HP ini. Tak berapa lama, kamu akan rasakan perbedaan signifikan dalam kesehatan dan kenyamananmu sendiri.

But, however, ada baiknya juga sih kamu agak mengurangi kecanduanmu akan gadget ini. Cobalah dalam sehari kamu lepas HP kamu, lalu cobalah untuk lebih aktif bergerak di luar sana. Kamu bisa jalan-jalan di car free day (tanpa harus wajib bikin Instagram Story), atau kongko bareng sahabat-sahabat kamu di kafe kesayangan sembari menikmati bubble tea.

BACA JUGA:  Begini Ternyata Cara Membuat Foto untuk Instagram Sekeren Para Selebgram

More active dan lebih terlibat dengan orang lain secara langsung akan membawa kesehatan yang lebih baik untuk dirimu sendiri lo, ketimbang hanya main HP sepanjang hari.

Semoga kamu enggak didera sakit leher, atau mata kering, karena terlalu banyak main HP lagi ya, girls.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: