Kecantikan

7 Bahan Aktif Pelembap Wajah yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

Memakai pelembap wajah memang nggak bisa sembarangan. Kalau salah, kulit wajahmulah yang jadi taruhan!

BICARAPEREMPUAN.COM – Teknologi selalu menghadirkan penemuan baru, termasuk dalam industri kecantikan. Karenanya, kalau kamu perhatikan, sekarang ini makin banyak saja produk pelembap wajah yang ditawarkan, harga pun bervariasi. Manfaatnya? Jangan ditanya lagi.

Pelembap wajah merupakan salah satu produk kosmetik dengan berbagai manfaat vital demi mempertahankan keindahan dan kecantikan kulit. Memakainya dengan rutin bisa membuat wajah kamu terlihat sehat, nggak kering, dan ternutrisi.

Nah, maraknya iklan pelembap wajah entah itu di televisi, media massa, dan media sosial bisa bikin kamu bingung. Bener nggak tuh? So, ada baiknya, kamu memahami dulu bahan aktif di dalam berbagai produk pelembap wajah ini sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli!

Inilah 7 bahan aktif yang terkandung di dalam pelembap wajah yang perlu kamu tahu

Cara Memilih Masker Wajah yang Sesuai dengan 3 Jenis Kulit

1. Retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A ini, dan di dalamnya adalah retinol, retinyl palmitate dan tretinoin (dikenal dengan nama renova, retin-A dan avita).

Zat ini dapat meningkatkan aktivitas sel kulit, membuka pori-pori kulit, sehingga sebum dapat keluar dengan mudah.

Kandungan pelembap wajah ini cocok dipakai untuk kulit yang sangat berminyak atau kulit yang mudah berjerawat. Bila dikenakan rutin dalam jangka waktu tertentu, akan efektif memperbaiki tekstur kulit, mengatasi kerut, masalah pigmentasi, serta warna kulit memudar.

Zat ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan kolagen yang menyebabkan hilangnya elasitas kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

2. Alpha-Lipoic Acid

Alpha-lipoic acid dikenal sebagai antioksidan dan antiperadangan yang bisa larut dalam air maupun minyak, sehingga dapat melawan radikal bebas pada setiap bagian sel dan ruang antarsel.

BACA JUGA:  Begini Riasan Mata yang Benar Supaya Mata Kamu Lebih Tampak Berbinar!

Zat ini bermanfaat meningkatkan metabolisme sel kulit, merangsang produksi energi pada sel kulit serta memperbaiki sel-sel kulit rusak.

Selain itu, bahan aktif aplha-lipoic acid pada pelembap wajah juga efektif mengatasi edema, yaitu kondisi kulit yang mengendur dan membentuk kantong.

Karena itu, kandungan ini sangat baik digunakan di dalam krim khusus mata untuk mengobati masalah kantong mata.

3. Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

Yang termasuk dalam golongan AHA adalah glycolic acid (turunan dari gula tebu), lactic acid (turunan dari tomat dan susu asam), malic acid (turunan dari apel), tartaric acid (turunan dari anggur) dan citric acid (turunana dari buah-buahan jenis citrus).

Kandungan AHA dalam pelembap wajah akan menyerap ke lapisan terluar epidermis dan larut dalam protein yang menjadi pengikat sel-sel kulit (yang menjaga air di dalam kulit tidak menguap). Maka, pelembap wajah berkandungan AHA banyak digunakan untuk melancarkan proses regenerasi kulit.

Jika digunakan secara rutin, pelembap wajah berkandungan AHA manjur memperbaiki tekstur dan warna kulit, mengurangi noda hitam, melindung kulit dari iritasi dan menjaga kelembapan dan kekenalan kulit.

Tapi, AHA juga dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif. Karena itu, disarankan bagi kamu yang berkulit sensitif hati-hati dalam memilih pelembap wajah, terutama jika mengandung AHA.

6 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Dalam

4. Beta-Hydroxy Acid (BHA)

Disebut juga dengan nama organic carboxylic acid. Seperti AHA, BHA juga merupakan bahan aktif pada pelembap wajah untuk memperlancar proses regenerasi sel kulit.

BACA JUGA:  6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Perbedaan yang paling mendasar dari AHA adalah BHA lebih ringan dan rendah risikonya dalam menyebabkan iritasi.

Jenis BHA yang paling sering digunakan adalah salicylic acid. Pada pemakaian konsentrasi tinggi, yakni 30%, zat ini efektif mengurangi hiperpigmentasi, menghaluskan kulit serta mengurangi kerutan halus.

Jenis formulasi terbaru dari BHA adalah beta-lipohyrocy acid (beta-LHAs), yang berkhasiat meningkatkan ketebalan epidermis serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Pelembap berkandungan BHA cocok untuk kulit berjerawat. Namun, hati-hati, BHA dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif serta kulit yang sering terkena paparan sinar matahari.

5. Vitamin C (L-Ascorbic Acid)

Vitamin C adalah zat antioksidan yang sangat ampuh, karena itulah pelembap wajah berkandungan vitamin C efektif memperbaiki struktur kulit, meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari radikal bebas, serta menunda proses penuaan dan mengatasi kerutan.

Penelitian menemukan, bahwa pemakaian vitamin C dapat mengurangi efek negatif sinar matahari dan radiasi UVB, serta meningkatkan sistem kekebalan sel. Bahkan, bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit.

Pelembap wajah atau krim berkandungan bahan aktif ini sangat baik digunakan sebelum memakai tabir surya, karena mampu menetralisasi radikal bebas yang terdapat pada sinar UV.

6. Ceonzyme Q-10

Coenzyme Q-10 diyakini sebagai salah satu bahan esensial bagi sel tubuh dan kulit untuk mempertahankan kerja dan metabolisme sel, termasuk sel kulit, agar nggak mudah rusak oleh radikal bebas.

Sering bertambahnya usia, kemampuan kerja sel kulit berkurang, begitu pun kemampuan kerja di sel kulit.

BACA JUGA:  7 Selebgram Body Positive Pendobrak Standar Kecantikan Ini Wajib Difollow untuk Memberimu Rasa Pede!

Pelembap wajah jenis ini juga merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik dan bisa larut dalam minyak. Karena bahan ini sangat stabil, maka pelembap wajah berkandungan coenzyme Q-10 berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sel dan efektif radikal bebas, serta dapat mengurangi kerut halus dan hiperpigmentasi.

7 Bahan Aktif Pelembap Wajah yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membelinya

7. Kinerase atau Kinetin

Baik kinerase maupun kinetin mengandung N6-Furfuyladdenine (hormon pertumbuhan pada tanaman) yang berfungsi menjaga sekaligus mempertahankan tumbuhan tetap sehat, lembap dan memperlambat proses penuaan.

Pelembap wajah berkandungan N6-furfuryladenine bermanfaat mengurangi kerutan halus dan hiperpigmentasi, mengatasi kulit yang mudah dehidrasi dan memperbaiki tekstur sel kulit.

Nah, girls. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan untukmu saat hendak membeli pelembap wajah ya. Sesuaikan kandungan yang ada di dalamnya dengan kebutuhan kulit, pun dengan karakter kulitmu, untuk hasil yang terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: