Kuliner

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dihangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

Ada beberapa bahan makanan yang jika dihangatkan, selain rasanya kurang lezat, ternyata bisa membahayakan tubuh kita lo! Waspada!

BICARAPEREMPUAN.COM – Memanaskan makanan adalah kegiatan yang biasa dilakukan ya, girls? Biasanya sih ini terjadi jika kamu tidak menghabiskan makanan tetapi tidak pula mau membuangnya, maka pasti deh kamu akan memasukan sisa bahan makanan ke kulkas untuk dipanaskan keesokan hari.

Selain sayang buang-buang makanan, juga karena ngirit!

Ya, ini enggak salah sih. Namun, penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa memanaskan ulang beberapa bahan makanan ternyata membuat makanan menjadi tidak sehat. Terutama jika makanan tersebut disimpan dengan sembarangan sebelumnya.

Waduh!

Iya! 6 bahan makanan di bawah ini contohnya, bisa membuat kamu keracunan apabila dipanaskan atau disimpan dengan tidak baik lo! Ouch.

6 Bahan makanan yang jangan dihangatkan lagi untuk dimakan

Resep praktis salad bayam

1. Seledri, bayam, dan bit

Tahu nggak sih, girls, bahwa pemanasan ulang akan mengubah nitrat dalam tiga jenis sayuran di atas menjadi racun, dan melepaskan zat karsinogenik, atau penyebab kanker. Duh, seram sekali ya!

Terus gimana dong? Ya, cara pencegahan terbaik tentu saja dengan menghabiskan ketiga sayuran di atas segera setelah dimasak.

Namun jika kamy terpaksa harus menghangatkan sup yang berseledri, sebaiknya kamu singkirkan dulu deh seledrinya, baru dipanasi lagi. Sedangkan untuk bayam … hmmm, sebaiknya kamu nggak perlu memakannya lagi sih jika sudah lewat dari 5 jam.

BACA JUGA:  Menu Sarapan Pagi Berkualitas? Cobain 5 Menu Olahan Telur yang Super-yummy Ini!

2. Jamur

Jika jamur sudah terlalu lama didiamkan, atau dihangatkan ulang, zat protein dalam jamur akan memburuk. Hasilnya, tentu saja akan sangat tidak baik untuk organ pencernaan, terutama perut.

Jadi, selalu segera habiskan hidangan jamur sesaat setelah dimasak ya, girls. Ingat, peraturan ini berlaku untuk seluruh jenis jamur.

Mau Sarapan Pagi Berkualitas? Cobain 5 Menu Olahan Telur yang Super-yummy Ini!

3. Telur

Sama seperti jamur, telur pun mengandung banyak protein. Telur rebus atau telur goreng yang dihangatkan ulang akan berubah menjadi racun yang membawa malapetaka pada pencernaan kamu.

So, masaklah telur untuk sekali makan, jangan menyisakan untuk dimakan nanti-nanti atau malah besok.

4. Kentang

Pengolahan kentang memang susah-susah gampang. Kentang, yang telah dimasak, apabila ditiriskan di suhu ruangan dan bukannya dimasukkan ke dalam kulkas, kemungkinan besar kentang akan ditumbuhi botulism, bakteri langka yang dapat menyerang sistem saraf dan kelumpuhan otot.

Namun, kentang yang didinginkan di dalam kulkas tentu saja kurang nikmat untuk disantap.

Tapi, tenang saja, girls, bakteri ini dapat segera dimatikan dengan sengatan panas dan cepat dari microwave.

BACA JUGA:  4 Kandungan Zat dalam Minuman Teh Ini Ternyata Merupakan Peredam Berbagai Penyakit!

Jadi sebaiknya, setelah dimasak, kentang harus segera dimasukkan ke dalam kulkas sesegera mungkin. Jika hendak dihidangkan, barulah kamu hangatkan kentang dengan microwave.

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dihangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

5. Nasi

Menurut keterangan dari Food Standards Agency, beras sangat mungkin membawa bakteri yang akan membuat pemakannya keracunan makanan.

Sayangnya, proses pemasakan tidak akan menghilangkan bakteri tersebut sepenuhnya. Oleh sebab itu, nasi harus disimpan dengan benar agar tidak ditumbuhi jamur.

So, sebaiknya hindari penyimpanan nasi di suhu ruangan agar bakteri tidak dapat berkembang biak . Jika bakteri berkembang biak, kemungkinan besar mereka akan memproduksi racun yang dapat mengakibatkan muntaber.

Lagi-lagi, proses pemanasan ulang nasi yang sudah didiamkan di suhu ruang tidak akan menghilangkan racun penyebab muntaber tersebut.

Jadi pastikan nasi tidak berada di suhu ruangan ya, girls. Trik terbaiknya adalah segera menghabiskan nasi sesaat setelah dimasak.

6. Ayam

Komposisi protein di dalam makanan dalam ayam akan berubah saat dingin, dan didinginkan-kemudian-dipanaskan untuk kedua kalinya.

Penghangatan ulang ayam dapat membuat kamu terkena masalah pencernaan. Jika kamu suka, atau terpaksa harus memanaskan daging ayam kembali, pastikan daging ayam matang secara keseluruhan dan bagian dalam harus benar-benar panas!

Nah, itu dia 6 bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, atau tidak segera dihabiskan setelah dimasak.

BACA JUGA:  Mengatasi Insomnia, Mulailah dengan Mengonsumsi 5 Jenis Bahan Makanan Ini!

Ada yang menjadi kesukaanmu, girls?

Well, trik paling sederhana agar kamu tidak perlu menghangatkan bahan makanan di atas adalah segera menghabiskan hidangan-hidangan tersebut setelah dimasak. Enggak usah disimpan, atau karena pengin praktis, sekali masak untuk 3 hari. Hmmm, ngirit boleh, tapi jangan sampai membahayakan kesehatan diri sendiri deh ya.

So, akan lebih baik jika kamu repot sedikit, memasak setiap kali hendak makan untuk sekali makan saja. Yuk, lindungi dirimu sendiri dari masalah pencernaan, dan hindari membuang-buang makanan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: