Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

BICARAPEREMPUAN.COM – Hei, Ladies! Apakah ada di antara kamu yang sering mengeluh salah pilih program studi? Ataukah mungkin sekarang kamu benar-benar sedang struggle, gara-gara sudah yakin kalau salah jurusan?

Keluhan tersebut timbul mungkin karena kamu tak mempertimbangkan hal-hal berikut ini, saat menentukan pilihan program studi.

 

Jangan sampai salah pilih program studi
Jangan sampai salah pilih program studi
  1. Kemampuan akademik

Seseorang harus tahu lebih dahulu mengenai kemampuan akademiknya sebelum menentukan pilihan jurusan di Perguruan Tinggi. Sesuaikan pilihan dengan kemampuan, agar terhindar dari stres karena ketinggalan materi, sehingga proses perkuliahan berjalan lancar.

 

  1. Minat dan passion

Juga penting untuk mengetahui minat dan passion kamu sebelum memutuskan ingin kuliah di jurusan apa di Perguruan Tinggi. Bagaimanapun nantinya, kamu seharusnya akan bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikanmu, bukan? Karena itu, alangkah baiknya jika sesuai dengan minat dan passion kamu, girls.

Bukankah Confucius mengatakan, choose a job you love, and you will never have to work a day in your life?

Tanyakan pada dirimu sendiri sebelum menentukan pilihan jurusan, mengapa memilih program studi tersebut? Apa yang sebenarnya menjadi cita-citamu?

BACA JUGA:  Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuatmu Menunda Melanjutkan Pendidikan Padahal Kamu Perempuan Cerdas

 

  1. Tidak melakukan riset mengenai profesi yang sesuai dengan program studi di masa depan

Kamu memilih jurusan Arsitektur, karena kamu ingin menjadi seorang arsitek. Apakah kamu benar-benar sudah tahu seluk beluk, suka duka seorang arsitek?

Ada baiknya, kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai profesi di masa depan, jika kamu memilih jurusan tersebut. Tak hanya kesuksesannya yang harus kamu perhatikan, namun juga termasuk kisah tidak suksesnya, girls.

 

  1. Adakah alasan lain yang ‘memaksa’ kamu memilih program studi tertentu?

Beberapa mahasiswa mengaku, kuliah di Perguruan Tinggi tertentu karena lebih besar kemungkinan diterima, terutama program studi yang sepi peminat. Ada pula yang kuliah karena permintaan orang tua, padahal kurang minat.

Alasan-alasan ini dapat menimbulkan perasaan tertekan dan terpaksa, sehingga dapat mengakibatkan kamu jadi nggak fokus dalam kuliah. Semangat belajar pun turun.

Terus, siapa yang rugi juga? Kamu, tentu saja, girls, dan orang tua yang telah membiayaimu. Sebaiknya, kurangi alasan-alasan semacam ini agar kamu bisa benar-benar kegiatan perkuliahan dengan baik.

BACA JUGA:  Pengin Meraih Beasiswa Impianmu? Kamu Harus Punya dan Lakukan 7 "C" Ini!

 

5. Cari informasi Perguruan Tinggi

Beberapa informasi yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan pilihan jurusan biaya, status akreditasi dan reputasi perguruan tinggi, fasilitas pendidikannya, dan juga kualitas dosen pengajarnya.

Lakukan survei online, atau kamu juga bisa mencari informasi dari kenalan-kenalan mengenai perguruan tinggi yang bersangkutan.

Hati-hati terhadap Perguruan Tinggi  yang mengadakan kelas kuliah ilegal tanpa izin dari Kementerian Pendidikan. Kunjungi situs untuk mengecek apakah program studi tersebut legal, yaitu ke www.evaluasi.dikti.go.id  atau bisa juga ke www.pdpt.dikti.go.id. Sementara untuk melihat akreditasi, kamu bisa mengecek ke www.ban-pt.kemdiknas.go.id ya, girls.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semoga tak ada lagi di antara kamu yang mengeluh mengenai salah pilih jurusan atau program studi ya!

Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.