Karakter

Berhenti Merasa Rendah Diri dan Lakukan 7 Hal Ini Agar Hidup Lebih Bergairah!

Berhenti merasa rendah diri, dan yakin dengan apa yang kamu miliki adalah harta terbesar dalam hidup.

BICARAPEREMPUAN.COM – Pernahkah kamu merasa rendah diri, begitu tidak percaya akan diri sendiri dan tidak cukup baik menjadi manusia?

Banyak hal dalam hidup yang tidak kita jalani dengan baik. Kita sering berpikir bahwa tidak cukup baik dalam menyelesaikan tugas kantor, tugas kuliah, maupun tugas-tugas yang lain. Kita juga merasa tidak bisa merawat diri sendiri dengan baik, dan tidak menghasilkan karya apa pun. Hvft. It makes us insecure with ourself, doesn’t it?

Belum lagi media sosial yang selalu menjadi ajang pamer. Banyak tulisan tentang bagaimana seharusnya menjalani hidup, sebagai seorang perempuan yang harus begini begitu, enggak boleh begini begitu. Lagi-lagi, membuat kita merasa rendah diri.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa mereka begitu hebat sedangkan diri sendiri nggak bisa melakukan hal yang sama? Apa yang salah? Berbagai pertanyaan dan ketakutan yang kerap menghantui itu bikin kita merasa underestimate dengan diri sendiri.

But, girls. Kalau kamu sering berpikiran seperti itu dan merasa rendah diri, kamu harus segera menyadari bahwa jika perasaan dan ilusi ketakutan itu dipelihara, depresi akan menyambutmu dengan senyuman lebar. Pastinya kamu enggak mau kan? Karena itu, kamu harus bisa keluar dan bangkit dari ketakutan itu!

But, how?

Memang enggak mudah, tapi kamu bisa mulai dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Menggali lebih dalam apa kelebihan dan kekurangan.

Jika kamu pernah mengalami hal-hal seperti itu, jangan khawatir kamu bisa kok berhenti merasa rendah diri dengan melakukan 7 hal sederhana ini.

Menjadi Orang Pendiam Tak Berarti Tak Percaya Diri - Lakukan 7 Tip Berikut!

1. Mencari tahu alasan hilangnya rasa percaya diri

Ok, mari kita mulai dari mencari tahu dari mana asalnya hingga kamu sering merasa rendah diri seperti ini.

Apakah orang tua kita yang mengatakan sesuatu yang akhirnya berdampak demikian, baik verbal maupun nonverbal? Apakah kita pernah mengalami bullying dari orang terdekat ? Apakah pasangan sering mengintimidasi kita dengan sikapnya? Atau sebenarnya, kita sering merasa rendah diri yang bersumber hanya pada pikiran kita saja?

BACA JUGA:  Menjadi Sahabat Itu Susah-Susah Gampang

Ketika kamu sudah menemukan akar masalahnya, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya untuk membantu memperbaiki “perasaan” itu. Jika trauma yang kamu alami parah, kamu bahkan bisa segera mencari pertolongan.

2. Mencari pertolongan dari orang yang terpercaya

Apakah alasan merasa rendah diri kamu adalah karena trauma?

Jika iya, segeralah cari pertolongan dari orang yang paling dekat dan bisa kamu percaya. Biasanya, orang yang bisa diminta bantuan di saat seperti ini adalah orang tua, sahabat, tokoh agama, psikater dan tokoh bidang tertentu yang berhubungan dengan masa lalumu.

Jangan malu untuk bercerita, karena dengan cerita, beban yang ada di dalam diri ini akan banyak berkurang. Kita bisa melangkah lebih ringan, dan bisa saja mereka memberikan solusi akan masalah yang kamu hadapi.

Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

3. Temukan passionmu

Passion make stronger than we are.

Kadang nih, seseorang merasa rendah diri karena mereka belum menemukan apa yang menjadi tujuan hidupnya, bahkan untuk sesuatu yang disukai.

Percaya deh, tidak perlu menjadi seorang the next Oprah atau seorang presiden negara adidaya untuk mengubah dunia.

Temukan passionmu!

Apa sih yang ingin kamua lakukan di waktu luang? Apa ada hobi terpendam? Atau ingin mewujudkan mimpi masa kecil? Catat dan lakukan! Nggak usah tunggu minggu depan atau hari esok.

Jika kamu tekuni apa yang menjadi passion kamu, percaya deh hidup akan lebih bergairah!

4. Memaafkan diri sendiri

Tidak ada seseorang yang tidak pernah berbuat salah, meski ia orang yang sangat baik sekalipun. Dan kadang kala, kesalahan yang pernah dibuat membuat kita sangat menyesal dan ingin membalikan waktu, tapi itu tidak mungkin bisa dilakukan.

BACA JUGA:  Mau Tahu Tipe Kepribadian Kamu? Gampang, Lihat Saja Bagaimana Kamu Membawa Tas!

Tahukah kamu, memaafkan diri sendiri adalah cara berdamai yang paling tepat dengan apa yang telah dilakukan. Kita nggak bisa mengubah apa yang telah terjadi tapi kita bisa melakukan sesuatu agar kesalahan yang sama tidak terulang.

Terlalu menyalahkan diri sendiri pun nggak baik. Hidup terasa melegakan dengan memaafkan.

“When you know better, you do better.” –

Maya Angelou
5 Alasan Sempurna untuk Berhenti Menggunakan Sedotan Plastik

5. Berhentilah menjadi sempurna!

Aku perempuan sempurna. Aku harus bisa melakukan segala hal. Aku harus menjadi yang paling baik. Aku harus menjadi perempuan yang paling sempurna.

Jika kamu masih memiliki keinginan seperti ini, just stop it! Tidak ada manusia yang paling sempurna, karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata. Setiap keinginan untuk menjadi sempurna muncul hanya akan membuat kita tidak puas terhadap hidup yang dijalani.

Obsesi kita akan kesempurnaan hanya akan mengurangi rasa syukur kita, padahal rasa syukurlah yang membuat perasaan pikiran menjadi tentram sepanjang waktu.

6. Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Apakah kamu tipe perempuan yang mudah panas jika melihat orang lain melakukan sesuatu yang menurutmu keren? Kok dia bisa, sedangkan saya tidak? Si dia sudah sampai situ, sedangkan saya masih diam di tempat?

Kalau iya, stop it!

Perasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain kemudian akan memunculkan rasa terintimidasi sehingga kita merasa rendah diri, bahwa kita tidak apa-apanya dengan orang yang dibandingkan. Capek sendiri!

Kita tidak perlu membandingkan dengan orang lain, yang harus kita bandingkan adalah diri sendiri yang dulu dengan sekarang. Apakah kita menjadi orang yang lebih baik atau tetap sama? Atau bahkan menjadi orang yang lebih buruk?

Berhenti Merasa Rendah Diri dan Lakukan 7 Hal Ini Agar Hidup Lebih Bergairah!

7. Fokus pada kekuatan diri

Semua orang yang lahir ke dunia pasti memiliki keunikan masing-masing.

BACA JUGA:  7 Penyebab Baterai Boros pada Smartphone Kamu

Setiap perempuan pasti punya sesuatu yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Hanya saja, apakah kita menyadarinya atau tidak? Ada orang yang bisa dengan mudah mengelola apa yang ia punya sehingga mampu membawanya ke tangga kesuksesan. Sebaliknya, ada orang yang mengubur yang ia punya, sehingga kekuatan itu tidak akan pernah menjadikannya sebagai siapa-siapa.

Jika kamu suka bercerita dan merangkai kata, mungkin kekuatanmu adalah menjadi seorang penulis yang baik. Tapi kamu mungkin tidak bisa menjahit, kamu mungkin juga bukan seorang pemasak yang andal. Jika kamu terus saja mengeluhkan kelemahanmu, dan berusaha keras untuk bisa segala hal, maka kamu tetap tidak akan menjadi apa-apa.

Tapi jika kamu fokus pada hal yang disukai, maka mungkin saja kamu akan menjadi seorang penulis besar.

Fokuslah pada kekuatanmu mulai dari sekarang, jangan berusaha membuat dirimu terbebani dengan kelemahan.

Begitulah, girls. Jangan merasa rendah diri dan kamu harus bisa menyingkirkan segala pikiran yang berujung akan ketakutan.

Don’t worry, menghargai diri sendiri lebih penting karena dengan hal tersebut kamu akan lebih ringan menjalani hidup.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: