Rekomendasi

6 Hal yang Essential Supaya Biaya Pernikahan Kamu Sederhana

Pernikahan yang berkesan dapat diwujudkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Kamu juga bisa merencanakan pernikahan dengan bujet terbatas.

Beberapa hal di bawah inilah yang harus kamu pertimbangkan untuk mengadakan resepsi dengan biaya pernikahan sederhana.

5 Langkah Simpel Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Batasi Tamu Undangan

Semakin banyak tamu undangan, semakin banyak pula biaya yang diperlukan untuk menjamu, memberikan souvenir, dan menyediakan tempat diadakannya resepsi. Biasanya, tamu undangan pun tidak datang sendiri, melainkan bersama pasangan atau keluarga. Sehingga konsumsi pun membengkak.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengurangi jumlah tamu undangan hingga 20% dari daftar undangan awal. Kemudian kurangi lagi hingga hanya mereka yang benar-benar penting yang ada dalam daftar. Cara ini efektif untuk mengurangi pengeluaran di pos katering dan cenderamata.

2. Minta Bantuan Teman

Mempunyai teman yang bisa menyanyi atau bermain musik, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk tampil di acara resepsi. Begitu pun jika ada temanmu yang ahli dalam hal memotret atau membuat video, kamu juga bisa menggunakan jasanya.

BACA JUGA:  Standar Gaji UMR Jabodetabek 2019 yang Perlu Diketahui oleh Para First Jobber

Alih-alih menerima sumbangan berupa kado atau uang, kamu bisa meminta bantuan mereka sebagai hadiah pernikahan.

6 Hal yang Essential Supaya Biaya Pernikahan Kamu Sederhana

3. Dekorasi Minimalis

Dekorasi bunga asli memang terlihat lebih mewah, tetapi akan cepat layu. Sebaiknya kamu memilih dekorasi dari elemen bunga plastik yang lebih awet dan harganya lebih murah daripada bunga asli.

Meski minimalis dan tidak mahal, hasilnya tidak kalah menarik dengan dekorasi yang mewah.

4. Bulan Madu yang Sederhana

Bulan madu yang berkesan tidak harus jalan-jalan ke luar negeri atau menginap di resort mewah.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih tempat wisata lokal yang menarik. Bisa juga dengan melakukan penjelajahan ala backpacker untuk mempererat kehangatan dengan pasangan.

5 Fakta Cinta Zaman Now yang Mesti Kamu Sadari Kalau Kamu Serius dengan Pacar Kamu

5. Kartu Undangan dan Souvenir

Membuat kartu undangan dan suvenir, kamu tidak harus memesan desain mewah yang berharga mahal. Solusinya, kamu bisa mendesain kartu undangan sendiri, dengan desain kartu undangan di internet yang dapat dimodifikasi sendiri.

Untuk suvenir, kamu pun bisa berburu souvenir murah seperti mangkuk kecil, lilin aromaterapi, saputangan, atau magnet kulkas.

BACA JUGA:  Mau Jual Apartemen atau Rumahmu? Saatnya Maksimalkan Iklan di 99.co Indonesia

Jika memesan jauh-jauh hari tentu kamu akan mendapatkan harga souvenir lebih murah. Kalau punya waktu luang, tak ada salahnya juga membuat pernak pernik sendiri untuk souvenir.

6. Busana dan Biaya Makeup

Jasa rias pengantin tidak harus mencari yang terkenal dan mahal, sebaiknya kamu cari yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal untuk menekan biaya. Bisa juga menggunakan jasa teman atau kenalan dari kerabat, karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah jika sudah saling mengenal.

Selain makeup, biasanya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk busana. Tak hanya pakaian pengantin, ada juga jatah seragam untuk orang tua dan pengiring agar terlihat kompak dalam foto bersama.

Menghindari bengkaknya anggaran, kamu cukup menyewa pakaian saja, tanpa harus memesan dengan desain khusus. Sedangkan untuk pengiring, tidak perlu dibuatkan baju khusus, berikan saja dress code dan aksesori yang dikenakan supaya tampak kompak dan mudah dikenali.

Sukses menggelar pesta pernikahan tidak dilihat dari banyaknya biaya yang dikeluarkan. Melainkan khidmatnya acara dan kepuasan pasangan pengantin dan keluarga terdekat.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

Siapkan biaya pernikahan sederhana jauh-jauh hari dengan menabung dan berinvestasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: