Traveling

9 Aktivitas Liburan Seru yang Biasanya Menjadi Impian Banyak Orang

Bentar lagi liburan! Ada baiknya kamu mulai merencanakan mulai sekarang nih, tak hanya soal dana tapi juga aktivitas liburan apa yang akan kamu lakukan.

BICARAPEREMPUAN.COM – Liburan memang selalu ditunggu-tunggu. Mau ngapain ya, liburan mendatang? Tinggal 2 bulan lagi, ada liburan panjang! Aktivitas liburan apa yang seru yang bisa dilakuin?

Well, tahu nggak sih, girls, bahwa ada 9 aktivitas liburan seru yang selalu menjadi bagian dari bucket list dari para traveler. Mau tahu?

9 Bucket List Aktivitas Liburan Seru para Traveler

1. Nonton Aurora Borealis

Aktivitas liburan seru - nonton Aurora Borealis
Via TripSavvy

Menyaksikan fenomena alam tercantik ini sepertinya menjadi aktivitas liburan impian setiap orang. Dan, tak perlu jauh-jauh ke Iceland, kita bisa kok menyaksikan Aurora Borealis di beberapa Eropa terdekat, salah satunya di Abisko National Park di Swedia.

Aurora Borealis muncul saat musim dingin, akhir Maret atau awal April. Tapi kadang juga bisa terlihat di awal September, terutama di bagian utara Swedia. Supaya Aurora terlihat jelas, langit harus jernih dan tak ada penerangan apa pun. Puncak Aurora paling bagus adalah di antara pukul 22.00-23.00.

Abisko terletak di sebelah utara Swedia, salah satu most livable countries, antara Kiruna dan Narvik. Dari Indonesia, kita menuju Stockholm Airport, baru kemudian dari Kiruna lanjut perjalanan ke Abisko dengan minibus.

Menurut situs sofservers.com, Aurora Borealis sangat tidak bisa diprediksikan kemunculannya. Di saat-saat tertentu, Aurora bisa saja tak muncul karena beberapa faktor di luar perkiraan. Yang penting, kita harus sabar dan terus cek data dari badan astronomi. Waktu menunggunya memang bisa sangat lama, tapi hasilnya sangat memuaskan!

2. Main ski atau sekadar main salju

Buat kita yang tinggal di negara tropis, bisa melihat salju dan mencoba main ski pasti jadi aktivitas liburan yang masuk wishlist banget kan ya?

Satu tempat yang mesti dicoba adalah Meribel yang terletak di Tarentaise Valley, pegunungan Prancis.

Keindahan Meribel sampai dijuluki sebagai the most beautiful part of the three valleys ski resort in France lo. Keunggulan lainnya adalah tempat ini sangat private, jadi tak heran jadi favorit para A-lister sampai keluarga kerajaan untuk berlibur. Bahkan konon, Emma Watson saja sampai punya chalet—atau villa kecil ala pegunungan—di sini.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Handphone untuk Temani Kamu Traveling

Karena Meribel terletak di antara 3 lembah, ada beberapa cara dan pilihan transportasi untuk ke sana. Yang paling direkomendasikan karena merupakan cara paling cepat untuk sampai di sana adalah dengan naik pesawat.

3. Merayakan hari besar keagamaan di tempat paling istimewa

Rayakan Natal di New York

Menurut Lonely Planet, tak ada yang merayakan atau punya semangat Natal seperti di New York. Suasana perayaan dengan pohon Natal raksasa di Rockefeller Center Plaza itu tiada duanya, dan ada 45 ribu LED lights memenuhi kota sepanjang 5 mil.

Belum ditambah dengan banyaknya acara seru seperti tradisi pementasan balet Nutcracker atau konser musik dari musisi A-lister seperti Mariah Carey, semakin membuat New York wajib banget dikunjungi untuk merayakan Natal.

Kalau mau menikmati aktivitas liburan ini, usahakan untuk datang 2-3 hari sebelum Natal dan lebih baik perpanjang liburan sampai perayaan Tahun Baru, biar makin seru.

Rayakan Idulfitri di Makah

Biarpun Idulfitri adalah momen yang harus dihabiskan bersama keluarga, tapi setiap muslim pasti pengin banget merayakannya di rumah Allah SWT setidaknya sekali seumur hidup.

Yang paling menarik, pemandangan di sini bisa berubah dari biasanya. Toko-toko akan banting harga sampai lebih dari 50%, dan semua orang akan berdandan dengan baju berwarna-warni. Biarpun ramai, tapi tetap perayaannya dijalankan dengan khidmat lo.

4. Berlibur ke pantai terindah di dunia

Biarpun sudah terhitung lama, tapi Maldives masih menjadi tempat pilihan pertama buat kabur dari bisingnya kota. Dijamin banget kalau sudah ke sini, pasti deh susah pulang.

April, Mei, dan Juni adalah musim yang bagus untuk melakukan aktivitas liburan seru di sini, seperti diving atau snorkeling. Hindari datang saat musim hujan atau saat ombak tinggi, sekitar Juli-Agustus dan November-Maret.

5. Menelusur jejak sejarah Inca

Aktivitas liburan seru - berkunjung ke Machu Picchu
Via Lonely Planet

Machu Picchu dipercaya sebagai wilayah keraaan atau situs sakral keagamaan para pemimpin suku Inca, sebelum akhirnya mereka menghilang 100 tahun kemudian.

Karena letaknya yang terpencil dan tersembunyi, dulu lokasinya cuma diketahui oleh orang lokal saja, hingga tahun 1911 diketemukan oleh arkeolog Amerika, Hijram Bingham.

Walaupun ada banyak tur yang menawarkan perjalanan ke Machu Picchu, tapi pemerintah lokal dan pihak UNESCO memutuskan untuk memberi pembatasan turis untuk berkunjung ke sana. Sehari turis yang diperbolehkan masuk maksimal hanya 2.500 orang, sedang untuk masuk lebih dalam atau ke Huayna Picchu dibatasi 400 orang turis saja setiap harinya.

BACA JUGA:  7 Tradisi Bulan Puasa yang Sangat Unik dari Berbagai Negara

Untuk bisa melakukan aktivitas liburan di sini, berkunjunglah di bulan Juli-Agustus, saat peak season. Hindarilah musim hujan di bulan Oktober – April, lantaran jalan akan sangat licin dan bakal semakin sulit untuk bisa menuju ke situs.

Naik penerbangan apa pun ke Lima, Peru. Dari situ, kita bisa pilih mau naik bus sebagai transportasi termudah atau pesawat yang lebih cepat ke Cuzco.

Di Cuzco, untuk mencapai Machu Picchu hanya bisa ditempuh dengan kereta atau hiking. Perhatikan jadwal setiap transportasinya ya, jangan sampai salah atau tertinggal.

6. Mengunjungi Frodo Baggins

Kesuksesan film trilogi The Lord of The Rings dan The Hobbit karya Peter Jackson tak bisa lepas dari setting middle earth-nya yang bagaikan dunia dongeng senyatanya.

Saat awal filmnya dirilis, tak banyak yang tahu kalau Jackson menggunakan negara kampung halamannya, New Zealand sebagai setting latar.

Dari lembah Matamata untuk rumah para Hobbit, gunung vulkanik Ruapehu, Canaan Downs, sampai Queenstown untuk menggambarkan Eregion Hills dan masih banyak lagi.

Biarpun filmnya sudah selesai dikerjakan dan menjadi box office, tapi semua settingnya tetap dibiarkan apa adanya seperti di film, supaya para turis bisa mengalami bagaimana rasanya hidup di dunia magical land itu.

Menurut frommers.com, tak ada waktu yang tak bagus untuk datang ke New Zealand. Semua musim bisa memberikan kita pengalaman aktivitas liburan seru yang berbeda.

7. Melakukan wisata kereta

Bosan dengan aktivitas liburan yang begitu-begitu saja, kenapa tak coba traveling dengan kereta? Dibanding pesawat, naik kereta memberi kita banyak waktu untuk menikmati pemandangan sambil santai.

Banyak tur wisata yang menawarkan pengalaman berkereta yang luar biasa, salah satunya adlaah Danube Express tujuan Budapest – Istanbul selama 4 hari. Kereta ini juga melewati pinggiran kota Transylvania dan berhenti untuk memberi kesempatan pada kita melihat-lihat kota Sighisoara, yang konon merupakan tempat lahirnya Dracula dan Bran Castle—yang merupakan kastel Dracula.

Seru kan?

8. Diving

Aktivitas liburan seru - diving di Raja Ampat
Via Girls that Scuba

Membicarakan soal diving tak mungkinlah kita tak menyebutkan nama Raja Ampat dan Wakatobi yang masuk dalam list World’s Greatest Diving Spot versi travelandleisure.com

BACA JUGA:  5 Destinasi Wisata untuk Pencinta Film Ini Mesti Masuk ke Bucket List Liburan Kamu!

Tergantung dari seperti apa aktivitas liburan yang kamu penginin, Raja Ampat dan Wakatobi memberikan kelebihan yang berbeda. Menurut scubaboards.com, coral, reef, dan underwater life di Raja Ampat jauh lebih beragam karena lokasinya pun lebih luas dibanding Wakatobi.

Tapi, kalau kita masih pemula dan mau coba snorkeling, Wakatobi lebih baik karena arusnya lebih tenang.

9. Naik balon gas

Siapa sih yang tak mau mencoba aktivitas liburan seru dengan naik balon udara sembari menyaksikan matahari terbit dengan pemandangan kota terunik di dunia?

Sungguh pengalaman luar biasa yang tak boleh dilewatkan jika ingin berkunjung ke Turki!

Pagi hari—sekitar pukul 05.00—adalah waktu yang paling tepat untuk mulai terbang dengan balon gas ini. Biasanya satu jam sebelum terbang, ballonist akan memeriksa kondisi cuaca dan angin. Ini penting untuk memastikan apakah balon udara bisa terbang atau tidak.

Untuk bisa menikmati aktivitas liburan seru ini, kamu harus merogoh kantong dengan harga yang bervariasi, tergantung pada perusahaan mana yang kamu pilih. Tapi untuk standar flight sekitar kurang lebih 120 Euro, yang bisa dinikmati selama 1 jam.

Kalau bisa sih, jangan booking online, lebih baik langsung saja booking dari agen perjalanan atau hotel tempat kamu menginap, girls. Mereka akan kasil rekomendasi perusahaan ballon ride apa saja yang bagus.

Nah, sudah banyak pilihan aktivitas liburan seru yang pantas masuk bucket list kamu nih. Tinggal susun saja, mau yang mana dulu dan rencanakan pula dananya ya!

Selamat liburan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: