Cara Belajar Bahasa Asing Secara Efektif, Mudah dan Cepat

BICARAPEREMPUAN.COM – Jadi, gimana, girls? Sudah memutuskan mau belajar bahasa ketiga, untuk mendukung karier kamu dan juga untuk mempersiapkan diri menghadapi globalisasi? Alright then! Kalau sudah memilih bahasa ketiga mana yang ingin kamu pelajari, sekarang yang kamu perlukan adalah cara belajar bahasa asing yang lebih mudah.

Ya, kamu perlu cara belajar bahasa asing yang efektif, girls, supaya kamu bisa lebih cepat lancar dalam penggunaannya.

 

Cara belajar bahasa asing bagaimana yang efektif ya? Coba kita lihat saran BiPer

 

Cara belajar bahasa asing berikut ini efektif dan mudah.
Cara belajar bahasa asing berikut ini efektif dan mudah. Image via Active Family Magazine.

1. Ikut kursus

Memang sih, semangat akan terasa begitu menggebu saat pertama kalinya kamu mulai belajar, tapi biasanya sih, kemudian padam di tengah jalan. Bisa karena bosan, atau lama-lama kamu merasa sibuk dengan urusan lain, atau ya nggak semangat aja gitu lantaran nggak ada teman buat belajar.

Nah, kalau sudah begini, cara belajar bahasa asing yang paling efektif ya dengan ikut kursus.

Lembaga kursus bahasa asing akan membantu kamu untuk tetap belajar karena jadwal yang mengikat dan biaya yang telah dikeluarkan. Selain itu, kehadiran pengajar dan teman kursus akan membuat kamu lebih aktif praktik berbahasa.

BACA JUGA:  Ini Dia 3 Ketakutan yang Membuatmu Menunda Melanjutkan Pendidikan Padahal Kamu Perempuan Cerdas

Soal tempat, tak masalah. BiPer punya beberapa rekomendasi nih. Beberapa lembaga berikut ini punya banyak cabang sehingga bisa disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal.

  • Kursus bahasa Mandarin
    International Language Programe (ILP)
    Jl. Raya Ps. Minggu 39A Jakarta
    Telp. 021 – 7985210 website: www.ilpworld.com
  • Kursus bahasa Jepang
    Gakushudo (Program Pendidikan Bahasa Jepang & Manga)
    Grand Wijaya Center Blok F No.60 Kebayoran Baru Jakarta
    Telp 021 – 7206641 website: www.gakushudo.com
  • Kursus bahasa Jerman
    Goethe Institute (Pusat Kebudayaan Jerman)
    Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta
    Telp 021 – 23550208 website www.goethe.de/ind/id/jak/idindex.htm

2. Dengarkan lagu

Menguasai bahasa ketiga memang nggak mudah, tapi salah satu cara belajar bahasa asing dengan efektif adalah dengan membuatnya familiar di telinga. So, kamu bisa mulai banyak mendengarkan lagu-lagu berbahasa asing yang ingin kamu pelajari tersebut, girls.

Melakukannya selama perjalanan ke kampus atau ke kantor bisa membuat kamu terbiasa dengan logat dan lafalnya. Sesekali sempatkan untuk membaca lirik dan cari tahu apa artinya.

BACA JUGA:  Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Percayalah, girls, ini akan sangat membantu.

 

3. Nonton film

Film akan sangat membantu untuk lebih memahami bahasa asing dalam percakapan sehari-hari. Saat mendengarkan percakapan, kamu bisa mengetahui artinya dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia.

Gunakan kamus atau buku panduan bahasa untuk mengetahui cara penulisan dan lafalnya.

Ya belajar, ya nonton film buat relaksasi. Kurang asyik gimana tuh?

 

4. Baca buku

Untuk cara belajar bahasa Mandarin yang paling efektif sebaiknya kamu mengikuti kursus terlebih dahulu karena abjadnya berbeda.

Terus, supaya semakin membiasakanmu dengan bahasa ketiga ini, kalau biasanya googling kamu menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris, coba deh menggunakan bahasa ketiga yang sedang ingin kamu pelajari.

Kebiasaan kecil ini akan sangat membantu untuk lebih mengenal bahasa tersebut lo!

 

5. Praktik

Seperti kata orang bijak, practice makes perfect. Jadi, banyak-banyaklah berlatih di setiap kesempatan. Semakin terbiasa kamu berbicara dan mendengar bahasa ketiga yang kamu pelajari ini, semakin cepat pula kamu menguasainya.

BACA JUGA:  Mencari Beasiswa? Yuk, Coba Berburu di 8 Lembaga Penyedia Berikut Ini!

 

Selamat belajar, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.