4 Cara Cantik Alami dengan Perawatan Tradisional – Mau Coba, Girls?

BICARAPEREMPUAN.COM – Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, Indonesia juga kaya dengan berbagai macam cara cantik alami dengan ritual perawatan tubuh tradisionalnya yang menggunakan berbagai ramuan alami berkhasiat lo, girls!

Kamu mau coba juga?

Pada dasarnya, cara cantik alami dengan perawatan tubuh secara tradisional ini dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu perawatan harian kulit tubuh seperti mandi, perawatan mingguan seperti pijat dan lulur, serta perawatan khusus seperti perawatan payudara dan daerah kewanitaan.

Mandi adalah kegiatan mencuci tubuh dengan air. Fungsinya untuk menghilangkan keringat, debu, sel-sel kulit mati dan bau badan. Untuk relaksasi dan variasi dalam ritual mandi, kamu bisa mencampur air dengan berbagai bahan dan wewangian, seperti mandi susu, mandi cokelat, mandi bunga dan sebagainya.

Mandi dengan menggunakan air dingin akan membuat tubuh menjadi segar dan jika menggunakan air hangat, otot akan terasa lebih nyaman dan rileks. Penggunaan sabun mandi yang terbuat dari ramuan tradisional mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi kulit, seperti garam mandi yang memiliki kandungan minyak zaitun untuk melembapkan kulit, kopi untuk menghilangkan selulit dan buah-buahan untuk eksfoliasi.

Sedangkan perawatan kecantikan mingguan sangat penting untuk menyempurnakan perawatan kesehatan, kebersihan, dan kecantikan kulit tubuh yang tidak cukup dilakukan dengan hanya mandi. Bentuk perawatan mingguan adalah lulur atau scrubbing. Fungsinya untuk mengangkat kotoran di lapisan kulit yang lebih dalam atau tersembunyi dan mengikis sel-sel kulit mati supaya tumbuh sel kulit baru. Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kebutuhan.

Supaya hasilnya lebih maksimal, banyak perempuan yang melakukan perawatan ini di salon atau spa tradisional. Begitu juga dengan perawatan khusus yang biasanya dilakukan menjelang pernikahan atau sesudah melahirkan.

BACA JUGA:  Kembalikan Energi dengan 5 Ritual yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Nah, girls, buat kamu yang penasaran, apa saja cara cantik alami yang bisa kamu tempuh dengan perawatan tradisional, berikut adalah beberapa di antaranya yang biasanya paling diminati oleh perempuan.

 

4 Cara cantik alami dengan perawatan tradisional

Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

1. Kulit kuning langsat dengan lulur

Lulur adalah cara cantik alami dengan perawatan tradisional yang sama dengan scrub. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan membuatnya lebih cerah. Pemakaian lulur disarankan rutin supaya hasilnya bisa lebih optimal.

Lulur identik dengan kunyit karena fungsinya adalah untuk membuat kulit menjadi kuning langsat seperti yang digunakan sebagai cara cantik alami oleh para putri Keraton pada zaman dulu untuk memelihara kecantikan kulitnya.

Beberapa khasiat kunyit adalah membuat kulit lebih bersinar, cerah, dan harum. Selain itu, kunyit juga mengandung antiseptik dan antibiotik alami untuk melindungi kulit dan membunuh bakteri, girls.

Selain kunyit, bahan alami untuk lulur lainnya biasanya terbuat dari bahan-bahan kasar, seperti beras yang ditumbuk kasar dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti bengkuang, kencur, cokelat, susu, kopi dan masih banyak lagi.

Proses penggunaannya, lulur dioleskan pada seluruh tubuh dalam keadaan lembap atau setengah basah, lalu didiamkan sebentar sampai setengah mengering. Kemudian gosok perlahan dengan gerakan memutar sampai sisa-sisa lulur mengelupas, sambil mengangkat kotoran dan kulit mati yang terdapat pada tubuh.

Setelah itu, tubuh dibilas sampai benar-benar bersih. Setelah penggunaan lulur, kulit akan terasa halus, lembut, lembap, dan harum. Jika dilakukan dengan rutin, lulur bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya, girls.

 

2. Pengobatan alami dengan boreh

Cara cantik alami dengan lulur di Bali disebut dengan boreh. Karakternya mirip dengan lulur, tetapi fungsinya sedikit berbeda. Boreh berasal dari kata memboreh yang artinya melulurkan.

BACA JUGA:  7 Riasan Wajah Ini Akan Membuatmu Nampak Seperti Seorang Drag Queen!

Namun, boreh biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit, girls, misalnya flu, masuk angin, pegal linu dan lain sebagainya. Selain itu, boreh juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan detoksifikasi.

Bahan-bahan untuk membuat boreh bermacam-macam, seperti jahe, kencur, temulawak, cengkih, kayu manis, lengkuas, pala, cendana, beras hitam dan masih banyak lagi tanaman-tanaman berkhasiat lainnya yang bisa dibuat boreh.

Sebelum diboreh, tubuh dipijat terlebih dahulu dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak esensial lainnya untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot yang kaku. Seperti halnya lulur, bahan-bahan tersebut dihaluskan terlebih dahulu sebelum dibalurkan ke seluruh tubuh. Perbedaannya lagi dengan lulur, pada boreh, setelah kering boreh hanya dibersihkan dengan lap basah sehingga tubuh akan langsung terasa hangat dan nyaman.

 

3. Ratus untuk perawatan daerah sensitif

Ratus atau spa vagina adalah salah satu jenis perawatan khusus perempuan yang sudah menikah atau menjelang pernikahan. Fungsinya adalah untuk membersihkan dan membuat daerah kewanitaan menjadi wangi.

Bahan-bahannya berasal dari bahan alami. Konon ritual ini dilakukan oleh Ken Dedes, permaisuri Ken Arok untuk mengharumkan organ kewanitaannya.

Metode yang dilakukan adalah metode penguapan dengan menggunakan rempah alami yang merupakan campuran dari tanaman herbal yang terdiri dari cendana, kenanga dan bahan-bahan lain yang dikeringkan dan diletakkan ke dalam anglo yang berisi bara api untuk mengasapi daerah kewanitaan.

Selain mengharumkan, ratus juga bisa menyerap lendir keputihan sehingga area pribadi tersbeut menjadi lebih sehat. Juga, uap yang hangat tersebut juga akan melemaskan otot-otot kaku dan melancarkan pembuluh darah di area kewanitaan.

 

4. Batimung membuang racun tubuh

Batimung merupakan cara cantik alami dari Banjar, Kalimantan Selatan, yang biasanya menjadi ritual wajib bagi calon pengantin perempuan. Biasanya ritual ini dilakukan 3-7 hari menjelang pernikahan.

BACA JUGA:  6 Cara Membuat Riasan Mata Smokey Eyes yang Cantik

Batimung disebut juga sauna tradisional karena prosesnya dengan menggunakan uap yang berasal dari ramuan yang terdiri dari campuran minyak serai, temu giring, kenanga, pandan, akar wangi, daun jeruk purut, dan bunga melati.

Setelah dicampur, ramuan ini dikukus dan baru dibuka pada saat siap digunakan. Calon pengantin duduk di atas bangku kecil dengan tubuh yang sudah dibedaki dengan bedak dingin dan dibungkus dengan kain tebal. Ramuan yang sudah dikukus tadi diletakkan di bawah bangku tersebut.

Khasiatnya untuk membuat kulit lebih cerah, halus dan menghilangkan bau badan pada calon pengantin. Spa khas Banjar ini dipercaya bukan hanya berkhasiat untuk kecantikan tetapi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan detoksifikasi.

Uap panasnya bsia melancarkan peredaran darah dan membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat.

 

So, mau coba beberapa cara cantik alami dengan beberapa perawatan kecantikan tradisional di atas, girls? Boleh, boleh. Jangan lupa share sama BiPer di sini, bagaimana hasilnya setelah kamu melakukannya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.