Keuangan

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First Jobber di Rantau!

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First Jobber di Rantau!

Cara hidup hemat untuk masa depan yang lebih sejahtera, harus menjadi landasan dalam menerapkan gaya hidup. Hal ini memang tidak mudah, girls. Namun, dengan mengetahui cara menghemat uang, kamu bisa mulai mengambil langkah menuju kehidupan yang lebih baik.

Mendapatkan pekerjaan dan gaji untuk first jobber merupakan hal baik yang diharapkan oleh para fresh graduate. Tetapi enggak semua first jobber bisa mengelola gaji nya dengan baik, loh. Ada yang gajinya langsung ludes sebelum gajian bulan berikutnya tiba.

Kebanyakan para first jobber atau mahasiswa, sering mudah tergoda membelanjakan penghasilannya atau uang kiriman orang tuanya untuk hal-hal yang sebenarnya kurang diperlukan. Berbagai kemudahan dalam berbelanja justru mengarahkan mereka pada gaya hidup yang konsumtif bahkan cenderung boros. Jika gaya hidup seperti ini tidak segera diubah, sebanyak apapun penghasilan yang diperoleh dipastikan akan segera habis. Maka dari itulah, dibutuhkan komitmen kuat untuk memperbaiki diri dan disiplin menerapkan cara menghemat uang.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih menghemat uang. Nah, Ini dia 9 cara hidup hemat untuk mahasiswa dan first jobber di rantau!

Buatlah Catatan Pengeluaran

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Mengelola keuangan pengeluaran setelah kamu punya gaji dan sebelum tentu akan berbeda dong, sehingga kamu perlu menganalisa pengeluaranmu dalam sebulan dengan catatan pengeluaran. Cara hidup hemat dengan membuat catatan seperti ini juga bermanfaat untuk mengevaluasi pengeluaran apa yang paling banyak kamu lakukan padahal dirasa kurang bermanfaat sehingga di bulan berikutnya bisa kamu hindari.

Catatlah pengeluaran yang rutin kamu keluarkan, seperti biaya sewa kos, makan setiap hari, transportasi, kuota internet dan pulsa, hingga perlengkapan kerja atau ngampus.

Sesuaikan anggaran dengan bujet yang dimiliki. Kamu boleh saja mengalokasikan dana hiburan dari bujet tersebut, tapi pastikan kebutuhan utama telah terpenuhi, ya.

Sebaiknya kamu memilih tempat kos yang menyediakan fasilitas wifi, kulkas, dan dapur umum. Jika biaya sewa telah meliputi biaya listrik, air, gas, dan Internet itu jauh lebih bagus.

BACA JUGA:  Perempuan Lajang, Hindari 7 Hal Ini Supaya Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak!

Biasakan Menunda Pembelian

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Godaan untuk berbelanja hampir bisa ditemukan setiap hari. Mulai dari promo menarik hingga penawaran terbatas sering kali tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya belum atau bahkan kurang diperlukan. Agar terhindar dari kebiasaan ini, cara hidup hemar dengan memulai membiasakan diri menunda pembelian.

Cukup fokus pada pembelian yang bersifat impulsif saja. Jadi kamu bisa menekan pengeluaran keuangan pribadi yang pada dasarnya tidak begitu penting.

Lakukan Belanja Online dan Memanfaatkan Promo

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Bolak-balik ke minimarket bisa berbahaya bagi isi dompetmu loh girls. Alih-alih mau mengelola keuangan agar bisa menghemat uang, malah bikin bocor pengeluaran nih.

Cara hidup hemat bisa kamu lakukan dengan berbelanja secara online loh, girls! Era sekarang ini, sudah banyak supermarket yang menyediakan fasilitas pembelian online melalui aplikasi. Atau kamu juga bisa belanja kebutuhan di official store supermarket yang tersedia pada berbagai situs maupun aplikasi e-commerce.

Kalaupun Ada biaya pengiriman, itu sebagai pengganti biaya transportasi jika belanja secara langsung. Kamu juga bisa menghemat biaya seperti makan, waktu, dan energi juga kan?

Menerapkan cara hidup hemat bukan berarti kamu tidak bisa membeli barang yang kamu inginkan. Meski lebih fokus pada barang-barang yang dibutuhkan, kamu masih bisa berbelanja beberapa barang yang disukai.

Cara hidup hemat dengan manfaatkan promo yang ada sebaik mungkin. Setiap bulannya, ada banyak toko online yang menawarkan promo menarik, baik itu potongan harga maupun cashback. Kamu bisa memanfaatkan promo-promo seperti ini. Meski demikian, jangan sampai promo tersebut justru membuatmu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, ya.

Masak dan Bawa Bekal Sendiri

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Pengeluaran terbesar para first jobber dan mahasiswa biasanya ada pada makanan. Tidak jarang, pengeluaran untuk makanan bisa memangkas setengah dari penghasilan atau uang kiriman yang didapatkan.

BACA JUGA:  Keuangan Pribadi Kamu Bakalan Terus Kacau, Kalau Kamu Masih Saja Melakukan 7 Kebocoran Pengeluaran Ini!

Meski makanan itu penting, bukan berarti kamu harus selalu membeli makanan di warung makan. Mulailah untuk membeli bahan-bahan mentah dan masak sendiri. Ini jauh lebih hemat. Selain itu, kamu lebih bebas menentukan menu makanan sehat dengan menyiapkan sendiri bahan-bahan dalam makanan yang kamu konsumsi. Kamu juga bisa berhemat sekaligus melatih kemampuan memasakmu.

Selalu Membawa Tumbler

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Cara hidup hemat first jobber dan mahasiswa yang menjadi anak kosan dengan selalu membawa tumbler (tempat minum) kemanapun kamu pergi. Kenapa? Cara ini akan menghemat uang dan cara ini juga dapat mengurangi sampah plastik jika kamu beli minum di luar.

Kos Dekat Kantor

Bagi kamu yang merantau ke kota besar, sebaiknya cari tempat kos dekat dengan kantormu. Bahkan, meski kantomu terletak di pusat kota, utamakan untuk mencari kos yang lokasinya dekat.

Biaya sewa kamar kos dekat tempat strategis seperti ini memang cukup mahal. Tetapi dengan hal tersebut membuatmu lebih mudah menjangkau lokasi kantor dan menghemat biaya transportasi.

Sediakan Uang Pas di Dompet

Cara hidup hemat agar kamu dapat mengelola keuangan yaitu dengan menyediakan uang pas di dompet. Kalau kamu membawa uang seperlunya, secara otomatis kamu pun hanya akan membeli hal yang diperlukan. Cara ini bisa membantumu batasi pengeluaran secara efektif.

Buat Rekening Terpisah

Agar kamu lebih disiplin dalam mengelola keuangan, ada baiknya membuat dua rekening yang berbeda. Satu rekening untuk menerima gaji bulanan atau uang kiriman sekaligus untuk memenuhi kebutuhan bulanan, satu rekening lagi digunakan untuk menabung.

Setiap kali kamu menerima gaji atau uang kiriman dari orang tua, pastikan untuk langsung menyisihkan 15% dari uang tersebut ke rekening yang sengaja difungsikan untuk menabung. Namun, agar tidak ada biaya admin tambahan, sebaiknya pilih rekening bank yang tidak ada biaya bulanannya atau biaya bulanannya lebih rendah, ya.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

Cara hidup hemat dengan menyisihkan uang gaji untuk menabung sangat penting untuk masa depan. Jaid, kamu juga akan merasa aman karena selalu memiliki uang di tabungan. Lakukan dengan disiplin tiap bulan agar tabunganmu cepat terkumpul, girls.

Belajar Investasi

9 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dan First jobber di Rantau!

Berbeda halnya dengan tabungan yang nilai uangnya bisa turun karena inflasi, investasi menawarkan nilai uangmu bertambah seiring berjalannya waktu. Pilih investasi yang minim risiko bagi pemula seperti tabungan berjangka, reksadana, atau emas agar dari sisi investasi uangmu juga akan bertambah banyak di samping tabungan rutinmu.

Cara hidup hemat dalam mengelola keuangan pada dasarnya adalah cara untuk membentuk sebuah gaya hidup. Kamu harus menerapkannya secara rutin untuk bisa menikmati manfaatnya. Awalnya memang cukup sulit. Meski demikian, semua itu sepadan dengan hasil yang akan kamu dapatkan nanti.

Jika kamu merasa menghemat uang belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhanmu, segeralah untuk mencari penghasilan tambahan, girls.

Last but not least, bukan seberapa banyak uang yang didapatkan, tetapi seberapa cerdas kamu dapat mengelola keuangan yang kamu miliki.

Semoga cara hidup hemat di atas dapat membantu kamu agar berhasil dalam mengelola keuangan pribadimu ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: