Bisnis & Karier

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

Cara membuat lamaran kerja merupakan langkah penting. Anda bisa mengisi atau mengirimkan formulir lamaran kerja untuk mendapatkan wawancara kerja. Panduan ini menjelaskan cara untuk memberikan informasi kepada pemberi kerja untuk memasukkan Anda ke dalam daftar mereka.

Bukan hanya CV atau riwayat hidup, surat lamaran kerja pun menjadi faktor utama kamu lolos ke tahap selanjutnya loh girls.

Masih sedikit orang yang memahami bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik. Tak sedikit yang hanya menuliskan ulang informasi pribadinya seperti yang tercantum dalam riwayat hidup. Berdalih ingin menarik staf HRD untuk memilih lamaran kerjamu, tetapi kenyataannya mereka akan langsung menolak lamaran kerja yang kamu kirim.

Agar kejadian seperti ini tidak terjadi, berikut 7 tip bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan bisa kamu jadikan referensi!

Memastikan Persyaratan Lowongan Pekerjaan

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

Cara menulis surat lamaran kerja yang pertama kali harus kamu lakukan adalan membaca dengan detail dan memastikan persyaratan perusahaan sesuai dengan yang kamu miliki. Ingat girls, jangan asal mengirim lamaran ya, sebab ini hanya akan menyulitkan diri kamu sendiri.

Selain itu, dengan kamu mengetahui persyaratan lowongan kerja perusahaan dengan sangat jelas, isi surat lamaranmu akan lebih jelas tujuannya.

Tujuan Surat yang Jelas

Surat yang kamu buat harus jelas tujuannya, kemana, dan kepada siapa. Bukan hanya nama perusahaan yang harus kamu tulis, kamu pun sebaiknya menuliskan alamatnya juga. Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa kamu memang tidak asal mengirim surat dan sudah melakukan riset perusahaan dan lowongan kerja terlebih dahulu.

Sertakan pula alasanmu melamar posisi tersebut dan dari mana mendapatkan informasi lowongan pada paragraf awal ya, girls.

Tata Bahasa yang Benar

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

Cara membuat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa baku untuk surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik. Bahasa baku merupakan tata bahasa yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

BACA JUGA:  5 Tip Agar Kerja Lembur Kamu Lebih Efisien

Hindari juga menggunakan singkatan kata dan yang berasal percakapan sehari-hari. Pastikan kamu menulisnya dengan singkat, padat dan jelas ya. Bukan malah bertele-tele atau basa-basi. It’s wasting time babe!

Jika kamu menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, staf HRD akan memberikan nilai lebih untuk kamu loh girls.

Jangan Terlalu Banyak Kata Ulang

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

Cara membuat lamaran kerja dengan menghindari pengulangan kata. Pengulangan kata seperti kata “saya” yang merujuk pada diri sendiri dan terkesan individualis.

Ubah fokus kalimat menjadi apa yang akan diperoleh perusahaan jika mempekerjakanmu di sana.

Hindari Pengulangan Informasi

Cara membuat lamaran kerja dengan mencantukan informasi dirimu agar perusahaan tahu potensial yang ada di dirimu, girls. Perusahaan akan mengetahuinya dari CV (Curriculum Vitae) yang isinya merupakan daftar riwayat hidupmu. Informasi tersebut bisa dengan mudah dicek kebenarannya dengan melakukan verifikasi di lapangan, seperti staf HRD bisa mengecek interaksi sosial di media sosialmu, kamu interest dengan apa saja, sampai prestasimu bisa dicari oleh mereka lewat internet.

Sementara itu, surat lamaran kerja merupakan bentuk komunikasimu dengan staf HRD. Pada surat ini yang perlu kamu sampaikan adalah alasan ingin bergabung, karakter diri, dan apa yang bisa kamu berikan pada perusahaan, informasi lowongan kerja kamu dapat dari mana.

Bisa dibilang, ini merupakan bentuk soft marketing dalam mencari pekerjaan. Jadi, jangan tulis ulang informasi dasar yang sudah ada dalam CV, ya! Catet girls! Gunakan kata-kata baru agar lamaranmu lebih menarik untuk HRD.

BACA JUGA:  Apakah Atasan di Kantor Kamu Termasuk Salah Satu dari 5 Tipe Ini? Begini Cara Menghadapi Mereka

Memperbaiki Gaya Penulisan

Memperbaiki gaya penulisan merupakan salah satu cara membuat lamaran kerja. Cara membuat lamaran kerja ini akan meningkatkan kualitas lamaranmu. Staf HRD mencari pelamar yang percaya diri yang dapat meyakinkan mereka tentang kemampuan yang dimiliki. Tunjukkan kesesuaianmu dengan memberikan jawaban yang singkat, to the point, dan positif. Beberapa cara membuat lamaran kerja yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Gunakan kata kerja kuat seperti diubah, disampaikan, dicapai, dan diilhami.
  • Pilih kata-kata deskriptif seperti efektif, konsisten, ditentukan dan mudah beradaptasi.
  • Fokus pada menjawab pertanyaan dan menghindari kebingungan atau terlalu kabur.
  • Pilih contoh yang sesuai tentang pencapaian Anda dari pengalaman sebelumnya.
  • Menunjukkan antusiasme untuk peran tersebut.
  • Pastikan ejaan dan tata bahasa Anda benar.
  • Mintalah orang lain, seperti penasihat karier, orang tua atau teman, untuk membaca surat lamaran kerjamu, agar kalau ada kesalahan bisa kamu perbaiki.

Buatlah CV Kreatif yang Sesuai dengan Perusahaan

7 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Wajib Kamu Lakukan! Check This Out, Girls!

Cara membuat lamaran kerja yang kreatif seperti membuat CV yang menarik bisa kamu lakukan loh. Sekarang ini banyak referensi atau contoh membuat surat lamaran pekerjaan dan CV yang bagus dan pastinya baik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Pinterest untuk search sample CV yang menarik. Jika kamu sudah tahu perusahaan yang ingin kamu kirimi surat lamaran kerja, cobalah buat beberapa CV dengan tema berbeda sesuai dengan perusahaan yang kamu incar.

Kamu bisa membuat CV kreatif menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini akan membantumu dalam membuat CV yang menarik karena terdapat banyak template yang manarik.

BACA JUGA:  5 Sikap Penghalang Sukses yang Seharusnya Kamu Minimalkan

Mungkin kamu juga seringkali kebingungan dan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan lamaran pekerjaan maupun CV milikmu, karena tidak ada panggilan interview . Padahal semua dirasa sudah lengkap dan memenuhi syarat, namun panggilan tersebut tidak kunjung datang. Kalau sudah begitu, sudahkah kamu mengecek surat lamaran kerjamu apakah cara membuat lamaran kerja yang kamu buat sudah benar?

Memang sulit sih mendapatkan pekerjaan, apalagi sekarang ini banyak orang kena PHK karena perusahaan melakukan pengurangan karyawan selama pandemi ini.

Maka dari itu semoga ke 7 cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan bisa kamu lakukan di atas dapat membuat kamu tahu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk ke depannya, ya. Walaupun umumnya perusahaan memperhatikan isi CV mu, jangan sampai lupa bahwa surat lamaran kerja juga menjadi komponen yang diperhatikan oleh mereka juga. Tetap semangat dan berikan yang terbaik saat mencari kerja ya!

Ganbatte!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: