Kesehatan

Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

BICARAPEREMPUAN.COM – Metabolisme tubuh kita ini tergantung pada komposisi tubuh kita sendiri, girls. Saat massa tubuh kita besar sedangkan lemak sedikit, saat itu pula metabolisme tubuh cepat. Kondisi ini sangat baik. Lalu, permasalahannya, bagaimana cara memperbaiki metabolisme tubuh yang kurang baik sehingga menjadi lebih sehat?

Tapi, sebelumnya nih, tahukah kamu apa ciri-ciri metabolisme tubuh yang baik?

Ada beberapa ciri-ciri metabolisme tubuh yang baik, di antaranya adalah lemak tak berlebihan, BAB lancar, tak gampang sakit, dan kelelahan.

Wah, siapa sih yang enggak mau tak gampang sakit dan kelelahan? Hari gini, aktivitas menumpuk dan selalu sibuk, mau nggak mau ya jangan sampai sakit deh. Betul nggak?

Lalu gimana ya cara memperbaiki metabolisme tubuh agar lebih baik ini?

Ternyata cukup sederhana, girls. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki metabolisme tubuh kita dari para ahli yang BiPer kumpulkan dari berbagai sumber.

 

Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat

 

Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

1. Hitung dulu Basal Metabolic Rate (BMR) kamu

Metabolisme tubuh itu bisa diibaratkan dengan mesin mobil yang selalu menyala. Berapa banyak ‘bahan bakar’ yang diperlukan, tergantung pada diri kita sendiri, girls.

BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga di Rumah untuk Memastikan Kamu Sehat Sepanjang Hidup

Jumlah kalori yang terbakar ketika kamu hanya bersantai sepanjang hari disebut Basal Metabolic Rate (BMR). Nah, angka BMR ini dapat berubah, tergantung usia, berat badan dan tingkat aktivitas kita sehari-hari.

Begini cara menghitung BMR.

BMR (perempuan) = 447,593 + (9,247 x berat badan dalam kg) + (3,098 x tinggi dalam cm) – (4,33 x umur dalam tahun)

So, berapa BMR kamu, girls? Kalau nilainya tinggi, maka kamu sudah mempunyai metabolisme yang baik. Jika belum, hayo, segera lakukan sesuatu agar metabolisme tubuh kamu bisa meningkat. Salah satunya dengan menyesuaikan jumlah kebutuhan kalori harian kamu.

Coba cek rumus-rumus berikut. Level aktivitas fisik:

  • Tidak aktif: BMR x 1,2
  • Cukup aktif (Olahraga 1-3/minggu): BMR x 1,375
  • Aktif (Olahraga 3-5 kali/minggu): BMR x 1,55
  • Sangat aktif (Olahraga 6-7 kali/minggu): BMR x 1,725

BMR dikalikan angka level aktivitas fisik akan menghasilkan jumlah kebutuhan kalori harian, sebagai bahan bakar tubuh kamu. Nah, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sesuai dengan jumlah kebutuhan kalori harian kamu ya.

 

2. Do what you love

Cara memperbaiki metabolisme tubuh yang lain yang bisa kamu lakukan adalah menemukan aktivitas fisik yang kamu sukai.

BACA JUGA:  Tip Sehat dan Bugar ala Atlet Olimpiade untuk Bantu Kamu Semangat Olahraga

Ingat ya, girls. Bergerak aktif itu penting banget jika kamu ingin meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Jadi, ayo segera cari tahu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menambah aktivitas fisikmu. Misalnya berlatih zumba, salsa, yoga atau olahraga lain yang bersifat menyenangkan.

 

3. Terus bergerak

Lakukan gerakan ringan berkala dalam keseharian kamu, girls. Misalnya saja, jalan berkeliling kantor, memilih tangga ketimbang naik lift, atau lakukan saja kegiatan harian di rumah seperti melipat pakaian, memasak, atau mengepel.

Para pakar menyebut aktivitas fisik ini sebagai NEAT (Non-Exercise Activity Thermogenesis), yaitu aktivitas yang membantu memproduksi panas tubuh, yang mengeluarkan banyak energi, dan meningkatkan BMR kamu.

Jadi, jangan males-malesan lagi ya!

 

4. Pastikan Nutrisi Terbaik

Mau Menurunkan Berat Badan tanpa Menyiksa Diri? Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Rutin!

Atur diet seimbang antara protein bebas lemak, karbohidrat baik (gandum yang mengandung banyak serat, buah, dan sayuran), dan lemak sehat di setiap porsi makanan kamu, girls.

Kombinasi ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan bisa menurunkan berat badan.

Selain itu, pastikan kamu juga minum air putih yang cukup ya, girls. Air putih meningkatkan metabolisme tubuh lo. Jadi, jangan pernah lupa ya, minum 8 gelas sehari atau 2 liter.

BACA JUGA:  Begini Cara Merawat Miss V yang Tepat Agar Selalu Sehat

 

5. Waspada tiroid

Kelenjar tiroid juga bisa memengaruhi metabolisme, girls. Faktor risiko (genetik, stres) memang tak terhindarkan, maka perhatikanlah pola diet kamu.

Hindari processed food dan konsumsi garam beryodium.

Jika berat badan kamu justru bertambah secara drastis padahal sudah diet dan melakukan berbagai cara memperbaiki metabolisme tubuh di atas, sering merasa kelelahan, dan mengalami gangguan BAB, maka segera periksakan diri ke dokter.

 

Nah, demikian beberapa cara memperbaiki metabolisme tubuh yang bisa kamu lakukan, girls. Kamu bisa memulainya hari ini juga, nggak perlu tarsok-tarsok. Alias bentar besok. Nggak bakalan kejadian deh.

Sehat selalu!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: