Karakter

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

Cara mencintai diri sendiri itu justru lebih sederhana ketimbang mencintai orang lain.

BICARAPEREMPUAN.COM – Kadang kita terlalu fokus pada orang lain, hingga melupakan diri sendiri. Orang lain terus yang dipikirin, sama diri sendiri malah lupa.

Mencintai diri sendiri itu tak berarti sekadar narsis, banyak-banyakin selfie lalu unggah ke Instagram doang. Jauh lebih dalam daripada itu, karena berkaitan dengan feeling content.

Karena hanya jika kita telah mencintai diri sendiri, maka kemudian kita juga bisa mencintai sesama, sahabat, keluarga, dan pacar.

Coba deh, kalau cinta untuk diri sendiri saja kurang, apa ya masih cukup untuk diberikan pada orang lain? Nope. Nggak akan cukup, girls. Kamu akan merasakan banyak kekecewaan lantaran cinta yang kurang ini. Tapi kalau cinta untuk dirimu sendiri mencukupi, maka apa pun akan kamu hadapi dengan senyuman.

Nggak percaya? Well, kamu harus percaya, girls!

Menurut Larry Cappel, M.A, seorang psikoterapis asal Denver, Amerika, seorang perempuan perlu tahu cara mencintai diri sendiri terlebih dahulu tanpa syarat agar dapat terus membagi cinta kepada sekitarnya. Apalagi tugas perempuan itu sepanjang hidup sangat berat lo.

Lagi pula, memang setiap individu perlu merasa dicintai kan?

Cara mencintai diri sendiri ini pun nggak sulit, girls. Bahkan lebih mudah daripada jatuh cinta pada gebetan. Coba bayangkan dirimu sendiri sebagai seorang sahabat baik, dan lakukan apa yang kamua ingin berikan pada ‘sang sahabat’. Berikut beberapa cara mencintai diri sendiri sebagai sahabat.

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

1. Sempatkan Me Time

Me time adalah salah satu cara mencintai diri sendiri. Pastinya, si “sahabat” ini akan ngambek kan kalau jarang disapa dan ditegur?

BACA JUGA:  Setop Lakukan Pembunuhan Karakter Perempuan Lainnya Ini dan Dunia Akan Jadi Tempat yang Lebih Baik

Begitulah. Jadi, cobalah untuk sekadar menyapa dan bertanya apa kabarnya. Lalu tanyakan pada si “sahabat”, apa yang ingin dilakukannya?

Mungkin juga ia tak akan minta sesuatu yang rumit. Mungkin sekadar ekstra 10 menit di toilet untuk menghabiskan novel, atau tidur siang di hari libur dan lupakan semua pekerjaan sejenak.

Dengarkan dan turutilah maunya sekali waktu. Bahkan sesering yang kamu mampu.

2. Be gentle, be forgiving

Seperti halnya orang lain, si “sahabat” ini juga kasihan kalau terus menerus disalahkan.

Jadi, pada situasi yang tidak diinginkan, berhentilah menyalahkan diri sendiri. Maafkan “sahabat” kamu ini, girls, karena sesungguhnya tidak ada maksud buruk dalam setiap tindakannya.

Bukankah kamu juga sadar bahwa orang lain pun juga sering melakukan kesalahan? Begitu juga dirimu sendiri.

3. Berani berkata ‘tidak’

Kamu tak perlu sungkan untuk menolak tawaran atau permintaan jika memang nggak sanggup atau nggak ingin melakukannya

Bisa jadi hal itu kamu lakukan karena kamu tahu jika hal tersebut dilakukan justru bakalan menambah masalah dalam hidupmu.

BACA JUGA:  Teman Jadi Musuh? Oh, No! Begini Cara Menghadapinya!

Nggak ada sahabat baik yang mau menjerumuskan sahabatnya ke dalam masalah kan? Ya, begitulah dia. Jadi dengarkanlah dia, girls.

4. Beri pujian

Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan memberikan pujian.

Yes, pujian memberi rasa positif dan berarti, bahkan pada diri sendiri. Tak perlu merasa sombong saat bangga dengan pencapaian yang dilakukan. Itu hanya sebuah tanda sayang pada si “sahabat” yang kemudian akan mampu menciptakan rasa bahagia.

Kalau perlu buatlah perayaan meskipun sederhana dengan “sahabat” kamu ini, saat kamu berhasil mencapai sesuatu. Pasti nggak ada yang keberatan kok. Asal kamu juga tak berlebihan.

5. Biarkan ia nampak cantik

Siapa sih yang nggak suka melihat keindahan? Semua orang pastilah suka, termasuk dirimu sendiri.

So, ini juga salah satu cara mencintai diri sendiri yang paling mudah dilakukan. Pergilah ke salon, lakukan perawatan dirimu dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kalau perlu, mintalah makeover untuk membuat dirimu sendiri tampil beda dari biasanya.

BACA JUGA:  Menjadi Sahabat Itu Susah-Susah Gampang

Lalu pulang, temui pacar kamu atau keluarga kamu. Dan, terimalah pujian dari mereka. Biarkan dirimu sendiri merasa cantik selama sehari.


Sederhana bukan, cara mencintai diri sendiri ala BiPer di atas? Siapa pun pasti bisa melakukannya.

Lakukanlah ini sesering yang kamu mau, lalu rasakan saat hatimu feel content. Saat kamu merasa “penuh” maka cinta kamu pun berlimpah ruah dan siap untuk dibagikan pada siapa saja yang ada di sekitarmu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: