Kecantikan

5 Cara Mengatasi Ketombe Membandel yang Jitu dan Nggak Bakalan Balik Lagi

BICARAPEREMPUAN.COM – Jangan sepelekan ketombe, meski yang ada pada anak kecil sekalipun. Karena kalau tidak diobati bisa menimbulkan akibat yang berat, dan bisa menyebar ke muka dalam bentuk penyakit kulit. Ih! Sayangnya, nggak semua orang tahu cara mengatasi ketombe yang jitu.

Nah, sebelum mulai mencari cara menghilangkan ketombe membandel, kamu mesti tahu lebih dulu apa yang menyebabkannya muncul.

Perlu kamu tahu, girls, bahwa munculnya ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres, makanan, atau obat-obatan. Bisa juga karena gonta-ganti sampo yang nggak cocok, sehingga kurang bersih atau kurang mampu mengangkat minyak yang ada di kulit kepala.

Atau, bisa juga samponya bagus, tetapi karena digunakan setiap hari jadi malah bikin kulit kepala kering dan merekah. Lalu timbullah ketombe.

Membiarkan ketombe membandel tanpa pengobatan akan bisa membuat rambut rontok. Kok bisa? Iya, karena adanya ketombe sangat dekat sekali dengan akar rambut. Jika nggak segera diobati, jamurnya akan masuk ke akar rambut, sehingga membuat rambut patah atau rontok. Lantas rambut akan mengalami “waktu istirahat”, saat rambut patah atau rontok ini belum akan tumbuh lagi. Kalau nutrisinya sudah cukup, barulah rambut tumbuh pulih.

So, girls. Jangan sampai deh, waktu istirahat rambut lebih banyak ketimbang waktu tumbuhnya. Kalau itu terjadi, maka berarti rambut yang rontok lebih banyak daripada yang tumbuh. Inilah yang kemudian timbul kebotakan atau rambut jarang.

BACA JUGA:  Begini Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan 5 Bahan

Penggunaan obat yang salah dengan mengoleskan berbagai salep juga bisa membuat rambut tambah rontok.

Jadi, sebelum memberikan obat, ada baiknya kita ketahui dulu apa penyebab adanya ketombe. Apakah karena jamur, bakteri, dan sampo yang nggak pas, atau mungkin cara memakai sampo yang nggak benar. Bisa juga karena mengidap penyakit yang sudah lama tidak sembuh, misalnya kanker. Atau harus diradioterapi yang membuat rambut botak dan gundul.

Mengecat rambut untuk menutupi uban juga bisa menjadi penyebabnya lo!

So, selalu ingat ya, girls. Jangan mengobati kerontokannya dulu, karena kerontokan hanya akibat dari adanya ketombe. Cari dulu apa sumber infeksinya, bukan hanya akibatnya saja yang diobati. Kalau sudah ketahuan penyebabnya maka bisa menentukan obat seperti apa yang pas digunakan.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui dengan pasti apa penyebabnya, barulah kamu bisa melakukan berbagai cara untuk membersihkan ketombe hingga bisa hilang sama sekali, bahkan nggak balik lagi. Ikuti cara-caranya berikut ini ya.

 

Cara mengatasi ketombe membandel secara alami

 

Menarik Perhatian Gebetan, Mainkan 6 Bahasa Rambut Ini Untuknya!

1. Obati ketombe dengan cara tradisional

Misalnya dengan mengoleskan minyak kemiri di kulit kepala. Olesi terus secara disiplin, jangan cuma sekali oles saja.

Oleskan seminggu dua kali secara teratur. Manfaatnya banyak, girls. Antara lain rambut menjadi hitam, tidak kering, dan kulit kepala nggak terlalu berminyak lagi.

 

BACA JUGA:  Ini Dia 6 Tip Perawatan Kulit Wajah Flawless ala Perempuan Korea

2. Potong pendek

Yes, kalau rambut rontok, apalagi dengan ketombe yang parah, maka sebaiknya jangan dipanjangin, girls. Potong pendek saja dulu.

Rambut panjang akan membebani akar rambut sehingga nggak kuat. Potonglah rambut setiap 3 bulan sekali sehingga akar rambut menguat. Ketika akarnya sudah stabil, baru deh panjangin lagi.

 

3. Jangan terlalu sering diikat

Kalau lagi di rumah, lepaskan ikatan rambut kamu.

Jika kamu ingin rambut selalu bersih, siram saja rambut dengan air tanpa menggunakan sampo supaya segar. Karena sampo kan mengandung bahan kimia, sedangkan air enggak.

Keringkan dengan kipas angin saja, dan nggak perlu diberi apa-apa.

Baru deh keesokan harinya boleh keramas. Cukup dua hari sekali keramas dengan sampo, girls. Bagi yang berhijab, jangan langsung mengenakan kerudung saat rambut masih basah ya.

 

4. Periksa ke spesialis

Kalau masih belum ada perubahan setelah kamu melakukan beberapa cara mengatasi ketombe seperti di atas, maka mungkin ini saatnya kamu memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit.

Kalau dokter menemukan penyebabnya adalah jamur, maka akan ada obat antijamur. Demikian pula kalau penyebabnya bakteri, dokter akan memberikan obat yang sesuai.

 

5. Perhatikan pemakaian sampo

Sampo yang cocok adalah sampo yang mampu memperbaiki keadaan rambut, bukan hanya menghilangkan ketombe atau rasa gatal saja, girls. Misalnya, setelah memakai sampo tertentu kulit kepala tidak berminyak, rambut tidak kering, pakailah terus sampo tersebut. Jangan gonta-ganti lagi.

BACA JUGA:  Inilah 6 Gaya Rambut Kate Middleton yang Elegan dan Cantik namun Effortless

Lalu, lihatlah sebulan. Kalau bagus berarti cocok dengan sampo itu. Namun, kalau dalam sebulan nggak ada perbaikan, atau kondisi rambutmu malah makin memburuk, berarti sampo itu nggak cocok dan tidak sesuai.

Ingat, girls, nggak ada yang instan ya. Pakai hari ini lalu berharap besok langsung sembuh. Karena yang instan itu malah berbahaya.

 

Nah, girls, kamu perlu ingat. Salon bukanlah tempat yang tahu cara mengatasi ketombe membandel dengan jitu. Karena di salon hanya akan melakukan treatment pada permukaan saja. Untuk membersihkan ketombe dan mencegahnya datang kembali, kamu harus merawat rambutmu sendiri.

Waspadai juga obat-obatan yang nggak jelas dan dijual bebas karena belum tentu cocok. Karena penyebabnya bisa jadi berbeda.

Nah, semoga sedikit cara mengatasi ketombe di atas bisa menyelesaikan masalah rambutmu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: