Cecintaan

5 Cara Mengatasi Konflik dalam Hubungan Cinta

Dalam sebuah hubungan cinta, yang namanya konflik pasti tak bisa dielakkan. Begini cara mengatasi konflik dengan cerdas.

BICARAPEREMPUAN.COM – Dua orang yang saling mencintai sekalipun tetap memiliki pola pikir masing-masing, dengan pendapat dan penilaian yang berbeda.

Ketika perbedaan tersebut dipertemukan, maka pastilah timbul konflik, yang bisa berdampak buruk terhadap suatu hubungan, atau malah memperkuat kualitas hubungan tersebut.

Karena itu, girls, sangat penting bagi kamu untuk memahami seluk-beluk dan cara mengatasi konflik dalam hubungan cinta. Kemampuan apa saja yang perlu dimiliki dan hal-hal apa saja yang sebaiknya nggak kita lakukan.

Kalau kamu mau menyimak tip-tip berikut, dijamin deh, kamu akan menemukan cara mengatasi konflik secara smart, dan pacar kamu pun akan lebih menghargai, dan pasti akan tambah sayang deh sama kamu.

5 Cara mengatasi konflik dalam hubungan cinta

5 Fakta Cinta Zaman Now - cara mengatasi konflik

1. No counter attack

Coba bayangkan arena bela diri. Kalau salah seorang atlet melakukan serangan, secara otomatis lawannya akan menangkis serangannya. Lalu secepat mungkin ia melakukan serangan balik, atau yang biasa disebut counter attack.

Begitu seterusnya, hingga ada yang menang.

Kemenangkan seperti itu pasti dibarengi dengan rasa sakit, ataupun luka. Mungkin sampai KO dan harus dirawat paramedis.

Demikian halnya saat kita sedang dalam konflik dalam hubungan cinta. Ketika ia mulai mengungkapkan hal yang menurutnya nggak sesuai dengan persepsi atau prinsipnya, kita, tanpa mikir lagi, pasti akan segera menyangkal. Lalu bahkan menyerangnya balik.

BACA JUGA:  Bila Cinta Menipis, Jangan Buru-Buru Putus! Lakukan Dulu Beberapa Hal Berikut

Konflik pun semakin melebar, memanas dan tak akan pernah selesai, sampai salah satu KO.

Sebagai perempuan yang smart, cara mengatasi konflik yang pertama harus kita lakukan adalah dengarkan saja dulu keluhannya, atau pendapatnya. Meskipun bertentangan dengan pendapat, pemikiran atau prinsip kita. Atau bahkan menyakiti kita.

Mendengarkan tidak hanya memerlukan telinga, namun juga memerlukan hati yang terbuka, kontrol emosi, dan sedikit energi, agar bisa berpikir logis.

2. Take a deep breath

Sewaktu mendengarkan pasangan yang sedang mengungkapkan kekesalannya terhadap kita, ambillah napas sedalam-dalamnya dengan teratur.

Ini adalah cara mengatasi konflik kedua yang cukup efektif untuk mengendalikan diri.

Tarikan napas yang dalam sebanyak beberapa kali akan membuat denyut jantung lebih teratur, asupan oksigen lebih banyak, sehingga kita lebih bisa mengontrol emosi.

3. Low your tone

Setelah kita mendengarkan, tanggapilah dengan nada suara yang cenderung rendah. Jangan samakan nada bicara kita dengan pasangan yang mungkin meninggi, lalu lakukan konfirmasi.

Dalam cara mengatasi konflik ini, kita akan mendapatkan konfirmasi dengan mengulangi hal yang diutarakan oleh suami dengan singkat.

Misalnya, “Jadi menurut kamu, aku ini egois karena nggak nungguin kamu jemput, tapi pulang kantor sendiri?”

BACA JUGA:  Ini Dia 4 Tipe Karakter Pria yang Harus Kamu Waspadai

4. Find the right puzzle

Sering kali konflik dalam hubungan cinta terjadi karena ada kesalahpahaman, atau ada informasi yang tak tersampaikan dengan benar. Hal ini bisa diakibatkan oleh perbedaan sudut pandang yang cenderung subjektif, atau ada poin yang terlupakan.

Mungkin konflik yang kamu alami dengan pacar juga terjadi karena alasan yang sama, girls, yaitu terjadi ketidakpahaman pola pikir dari salah satuna dan langsung direspons berdasarkan apa yang cenderung terlihat oleh mata.

Ibaratnya radio, frekuensinya nggak sama. Seperti telepon yang putus-putus. Nggak tercerna oleh otak secara lengkap.

Maka dari itu, cara mengatasi konflik ini sebenarnya sederhana saja: temukan potongan puzzle yang hilang, dengarkan dengan baik, dengan hati dan pikiran yang terbuka. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah menemukan akar permasalahannya.

“Iya, aku nggak nungguin kamu jemput, karena aku nggak mau kamu ngebut di jalan, ngejar waktu jemput. Kamu kan masih meeting. Belum lagi kalau kejebak macet. Aku udah WhatsApp, tapi kayaknya nggak kamu baca karena mungkin kamu sudah di jalan ya?”

5. Deal dan kompromi

Akhir dari sebuah konflik yang baik itu ibarat dua pihak yang sedang melakukan transaksi bisnis. Setelah proses kompromi dan tawar menawar, akhirnya ketemulah kesepakatan.

Dalam sebuah kesepakatan, ada yang menurunkan dan menaikkan standar dari sesuatu sehingga ditemukan level yang bisa disepakati bersama, baik untuk semua.

BACA JUGA:  Kenali 5 Karakter Cowok dari Gaya Nyetir Mobil

Dalam hubungan cinta, pasangan yang bisa menemukan cara mengatasi konflik dengan baik adalah mereka yang berhasil menemukan kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Nah, kelima cara mengatasi konflik dalam hubungan cinta di atas memang sebaiknya didahului oleh kamu, girls, karena pada dasarnya kita, perempuan, diberi potensi untuk mendinginkan suasana. Karena kita sebenarnya dianugerahi kemampuan bersabar yang lebih besar daripada para cowok itu.

Berbekal kesabaran yang hampir tiada batas seperti itu, kita pasti bisa menjadi pihak yang pertama kali mengurai konflik yang terjadi dengan pasangan secara cerdas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: