Traveling

10 Cara Mengemudi Mobil untuk Road Trip yang Nyaman dan Aman

Kamu suka bepergian dengan mobil? Mengemudi mobil nggak boleh sembarangan lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Ada tipe perempuan yang suka jalan-jalan dengan transportasi umum. Ada yang suka bertualang dengan sepeda motor. Ada juga mereka yang suka road trip, dengan mengemudi mobil sendiri.

Yes, mau naik apa pun, yang namanya berkendara di jalan raya pastinya harus mengutamakan aspek keselamatan, ke mana pun tujuan kita. Termasuk saat kita mengemudi mobil.

Sudah terlalu lama, perempuan dianggap kurang terampil di jalan raya, baik saat menjadi pengendara motor hingga saat mengemudi mobil. Yuk, girls, tunjukkan bahwa kita pun bisa terampil berkendara dengan melakukan 10 cara mengemudi mobil yang paling aman berikut.

10 Cara Mengemudi Mobil yang Paling Aman

Tetap Aman Naik Taksi Online, Lakukan 9 Hal Ini!

1. Gunakan sabuk pengaman dengan benar

Sabuk keselamatan berfungsi sebagai penahan tubuh ketika terjadi benturan pada kendaraan. Posisi sabuk pengaman yang benar adalah menyilang pada tulang bahu dan tulang pinggul.

So, kalau kamu hendak mengemudi mobil–mau bepergian jarak jauh atau dekat sekalipun–jangan sepelekan fungsi seat belt ya, girls. Karena kita nggak pernah tahu apa yang bisa terjadi, meskipun semua tampak aman.

2. Optimalkan fungsi spion

Spion samping harus dapat menampilkan sedikit sisi samping kendaraan kita serta situasi jalanan yang ada di dekatnya. Atur supaya sudut-sudut mobil terlihat ya, girls.

BACA JUGA:  5 Destinasi Wisata untuk Pencinta Film Ini Mesti Masuk ke Bucket List Liburan Kamu!

Sedangkan spion tengah harus dapat menampilkan kendaraan di belakang kita dengan jarak yang memadai. Atur penempatan barang dalam kabin supaya nggak menutupi pandangan kita saat kita sedang mengemudi mobil.

3. Aware terhadap situasi lalu lintas

Perhatikan kepentingan orang lain yang juga sedang menggunakan jalanan bersama kamu ya, girls! Saat mengemudi mobil, kamu juga harus tenang dan waspada selalu.

Posisi duduk terbaik adalah bersandar hingga posisi pangkal tulang belakang menempel pada sandaran. Posisi tangan tempatkan pada posisi jam 9 dan jam 3. Posisi ibu jari lurus, bukan ditekuk ke dalam.

10 Cara Mengemudi Mobil untuk Road Trip yang Nyaman dan Aman

4. Selalu berkonsentrasi saat mengemudi

Jangan sekali-sekali mengemudi mobil sambil makan, atau main HP—entah itu berkirim pesan atau menelepon ya, girls!

Sebuah penelitian internasional menyebutkan bahwa satu dari 4 kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh penggunaan ponsel oleh pengemudi.

Duh, makanya nih, meski terdengar sudah klise banget lantaran sering disebut-sebut, tapi nyatanya masih saja banyak yang abai. Kamu, jangan! Kalau perlu, setiap kali kamu mulai mengemudi mobil, smartphone kamu di-silent. Atau kalau ada, on-kan mode pengemudi ya. Jangan sampai lupa.

5. Jaga jarak aman

Meski lalu lintas tampak lancar, tetaplah untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan kamu untuk mengantisipasi kejadian mendadak.

BACA JUGA:  Ini Dia 5 Destinasi Wisata Kekinian di Jabodetabek yang Mudah Dijangkau dengan Bujet Terbatas

Beri jarak ‘tiga detik’ yang dihitung berdasar lamanya waktu tempuh antara kendaraan di depan dengan kendaraan kita. Atau 10 meter deh, seenggaknya, girls.

Can you do that?

6. Perpindahan gigi yang ideal

Melajulah dengan kecepatan mesin di rentang 1500-2500 rpm secara konstan dengan menginjak gas secara lembut. Saat berpindah gigi, jika kamu mengemudi mobil manual, lakukan dengan lembut juga. Permainan tekanan kaki pada kopling akan sangat menentukan ya.

Dengan melaju secara konstan, maka kamu bisa lebih menghemat BBM dan mengurangi emisi lo! Yay for gas, yay for earth! Yay!

7. Gunakan momentum kendaraan secara tepat

Caranya? Kurangi tekanan pada pedal gas atau lepaskanlah saat akan menjelang berhenti di lampu lalu lintas, jalanan menurun, mengubah arah kendaraan, berada di lalu lintas yang padat, serta saat berhenti sejenak di persimpangan jalan.

8. Matikan mesin secara selektif

Matikan kendaraan jika kamu bermaksud untuk berhenti lebih dari 20 detik. Saat parkir, misalnya. Dengan kebiasaan ini, kamu akan menghemat konsumsi BBM lebih banyak. Tindakan ini juga tak akan merusak atau mengurangi umur mesin starter, girls.

9. Perhatikan tekanan angin pada ban

Periksa tekanan ban saat ban dalam keadaan dingin. Sesuaikan tekanan ban dengan rekomendasi dari pabrik. Mampirlah dulu untuk mengisi angin di pom bensin jika dirasa tekanan anginnya kurang. Jangan biarkan ban kekurangan angin karena bisa memengaruhi keawetannya.

BACA JUGA:  7 Kota Romantis Dunia yang Cocok Dikunjungi Bareng Pasangan

Pastikan pula lajur ban masih layak untuk digunakan,

10. Bawa barang seperlunya

Beban yang berlebihan bikin boros BBM lo, girls. Jadi, meski kamu mengemudi mobil sendiri bukan berarti lantas bawaanmu bisa tak terbatas. Sesuaikan beban dengan kemampuan mobil.

Dan, jika membawa barang dengan roof racks, gunakan kecepatan rendah saat mengemudi.

Nah, girls. Gimana? Sudah siap untuk road trip dengan mobil sekarang? Have a safe trip ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: