Kesehatan

Mengalami Masalah Bau Mulut? Coba 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini, Girls!

Mengalami Masalah Bau Mulut? Coba 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini, Girls!

Masalah bau mulut sering kali dialami banyak orang. Bau mulut dapat membuat kamu kehilangan kepercayaan diri, cemas dan resah, kamu pasti merasa begitu juga kan, girls? Cara menghilangkan bau mulut memang harus kamu lakukan girls untuk menjaga kesehatan mulut agar tetap sehat dan segar. Masalah ini bisa kamu coba atasi sendiri loh.

Istilah dalam kedokteran bau mulut adalah halitosis . Halitosis adalah bau yang timbul karena proses penumpukan bakteri di dalam mulut. Rangkaian utama bakteri penyebab bau mulut ini adalah hidrogen sulfida dan merkaptan. Beberapa penyebab bau mulut antara lain:

  • Adanya penyakit jaringan pendukung gigi
  • Aliran air ludahnya kurang
  • Tambalan yang tidak tepat
  • Kumpulan bakteri yang berlebihan di lidah
  • Gigi tiruan yang tidak bersih
  • Sisa makanan yang terdapat di saku gusi
  • Adanya penyakit sistemi
  • Konsumsi obat tertentu
  • Gangguan pencernaan

Cara menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan beberapa langkah dan harus secara rutin.

Berikut ini 7 cara menghilangkan bau mulut dengan cepat!

Cuci Mulut dengan Obat Kumur

Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur/mencuci mulut dengan obat kumur. Obat kumur yang kamu gunakan juga dapat menyegarkan napas dan memberikan perlindungan ekstra untuk membasmi bakteri dalam mulut. Kamu dapat menggunakannya setiap hari setelah menggosok gigi agar tidak terjadi bau mulut.

Obat kumur yang banyak dijual di pasaran mempunyai varian yang beraneka macam, jika menginginkan bau mulut yang segar maka kamu bisa memilih wangi mint segar. Ingat ya, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol, agar tidak memberikan efek samping jika kamu mempunyai mulut sensitif.

Membersihkan Lidah

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan membersihkan lidah. Kamu tahu tidak girls? Kalau lidah juga bisa menjadi sarang bakteri.

Untuk mencegah bakteri tersebut maka kamu dapat membersihkan lidah secara perlahan dengan sikat gigi. Kamu bisa menggunakan alat pembersih lidah yang dijual di pasaran. Sekarang juga sudah ada sikat gigi ada yang memiliki bagian belakang agak bergelombang atau bergerigi yang memang ditujukan untuk membersihkan lidah. Cara menghilangkan bau mulut ini dapat membantu mencegah timbulnya bakteri di mulutmu, girls.

Bersihkan lidahmu secara perlahan ketika sedang menggosok gigi. Jangan terlalu keras dalam membersihkan lidahmu karena akan membuatmu mual dan ingin muntah.

BACA JUGA:  10 Cara Merilekskan Pikiran di Malam Hari

Pentingnya Menggosok Gigi

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bisa Kamu Coba dan Lakukan Sendiri, Girls!

Menggosok gigi merupakan cara menghilangkan bau mulut. Bakteri penyebab bau mulut dapat dibersihkan dengan rajin menggosok gigi. Kotoran pada gigi seperti sisa makanan yang menyebabkan bau mulut akan menyebabkan plak dan pengumpulkan bakteri yang nantinya menjadi penyebab bau mulut. Rajin sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan jangan berlebihan, ya.

Usahakan kamu menggosok gigi paling sedikit dua kali setiap harinya. Oiya girls, membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi setidaknya satu kali sehari. Gosoklah gigimu dengan lembut, karena dengan menggosoknya terlalu keras, membuat gigimu rentan rusak.

Banyak Minum Air Putih

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bisa Kamu Coba dan Lakukan Sendiri, Girls!

Cara menghilangkan bau mulut dengan banyak minum air putih. Jika kamu tidak memproduksi cukup banyak kelenjar ludah dan mulutmu menjadi kering, itulah pemicu bau mulut.

Air putih dapat menjaga kelembapan mulut dan bakteri penyebab bau mulut. Minumlah air putih yang banyak setelah makan, hal ini bertujuan agar dapat membilas sisa-sisa makanan penyebab bau mulut yang masih tertinggal di mulut.

Minumlah air putih minimal dua liter setiap hari, ya girls. Cara menghilangkan bau mulut ini selain dapat membuat nafas menjadi lebih segar, tetapi membuat kamu sehat juga.

Tidak Merokok dan Kurangi atau Hindari Konsumsi Alkohol

Mengalami Masalah Bau Mulut? Coba 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini, Girls!

Cara menghilangkan bau mulut pemanen dengan menghindari rokok. Merokok mempunyai banyak efek yang buruk pada tubuh, sperti merusak gusi dan gigi. Sehingga dapat menyebabkan bau pada mulut.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Metabolisme Tubuh Agar Lebih Sehat Ternyata Sangat Sederhana!

Mengkonsumsi alkohol juga menjadi salah satu penyebab terjadinya bau mulut. Alkohol memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Efek minum alkohol yang buruk dapat membuat mulutmu menjadi kering dan bau.

Menggunakan Bahan Alami

Menggunakan bahan-bahan alami merupakan cara menghilangkan bau mulut yang sangat populer dan banyak digunakan.

Daun sirih mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri mempunyai kandungan zat allylpyrocatechol (APC) yang dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut.

Cara ini sangatlah efeektif dihunakan. Cucilah 2-4 lembar daun sirih lalu memasukkannya ke dalam gelas dan seduh menggunakan air panas. Setelah itu tutuplah dengan rapat. Setelah air sudah terasa hangat, pakailah untuk berkumur, ya. Maka dari banyak obat kumur menggunakan daun sirih sebagai kandungannya.

Girls, selain daun sirih kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut dan selamanya ini dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan minyak limonoids yang dapat menyebarkan bau aromatik, maka dari itu dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulutmu.

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis sangatlah mudah. Peraslah jeruk nipis dan mencampurkannya dengan setengah gelas air dan setengah sendok makan madu. Setelahnya minum campuran tersebut. Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis ini bisa dilakukan secara rutin sampai dua kali sehari, loh. Cara ini juga baik dilakukan pagi hari, girls.

Periksa Kesehatan Mulut, Gusi, dan Gigi

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Bisa Kamu Coba dan Lakukan Sendiri, Girls!

Memeriksakan kesehatan gigi dan gusi bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut. Gusi yang bermasalah dapat menyebabkan bau mulut loh girls. Caranya gimana? Kamu bisa pergi ke dokter gigi. Jika memang gusimu bermasalah, maka dokter akan menyarankan perawatan yang tepat untuk memperbaiki kondisi gusimu. Cara ini ampuh dan bisa membuat bagian mulutmu juga menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:  Mau Punya Perut Ramping? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Cara mencegah terjadinya bau mulut harus dengan rajin memeriksa kesehatan gigi. Bakteri tidak akan berkembang di dalam mulut yang gigi dan gusinya sehat.

Jika gigimu berlubang, cobalah untuk menambal atau mencabut gigi yang rusak. Bau mulut bisa timbul karena gigi berlubang. Cara menghilangkan bau mulut ini cukup ampuh loh. Selain itu pastinya mulutmu juga akan semakin sehat karena gigi berlubang sudah tidak ada lagi bukan?

Sampaikan keluhan Anda ke dokter gigi, jika dengan cara-cara di atas bau mulutmu tidak bisa teratasi, girls. Dokter gigi dapat mencari tahu penyebab bau mulut, memberikan saran, dan menentukan perawatan yang sesuai dengan kondisimu.

Lakukan juga kunjungan ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali, agar gigimu bisa diperiksa dan dibersihkan secara menyeluruh. Cara ini akan membantumu dalam mencegah terjadinya masalah mulut, seperti radang gusi, gigi berlubang, dan bau mulut.

Semoga 7 cara menghilangkan bau mulut di atas dapat membantumu ya, girls. Kamu tidak mau bukan kalau orang-orang sekelilingmu menjauhimu karena bau mulutmu. Atasi sedini mungkin permasalahan bau mulut ini, agar bau mulutmu tidak tambah parah, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: