Kesehatan

21 Cara Mengobati Flu Secara Alami dan Lengkap

Cuaca tak menentu, kamu akan butuh cara mengobati flu secara alami.

BICARAPEREMPUAN.COM – Cuaca ekstrem sedang melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Panas terik, lalu tiba-tiba hujan besar disertai angin, dan sejenak kemudian panas lagi.

Duh, badan rasanya jadi enggak keruan. Waspada, biasanya kalau cuaca lagi seperti ini, sejumlah penyakit ikut ngintip.

Bersin, pilek, batuk, gangguan flu sering kamu alami? Kalau iya, lalu apa yang kamu lakukan untuk mengobati flu di musim hujan begini? Bagaimana juga cara menghindarinya? Minum vitamin C pabrikan? Minum obat flu yang dijual bebas?

Hmmm. Tahu nggak sih, girls, berbagai cara mengobati flu dengan obat ini sebenarnya bisa diganti dengan beberapa cara alami lo. Pasti ada yang kamu belum tahu deh.

Yuk, kita lihat cara-cara alami untuk mengobati flu, bahkan menghindarinya, berikut ini!

21 Cara Mengobati Flu Secara Alami dan Lengkap
  1. Akupunktur bisa mengobati flu dan menjadi semacam ‘vaksin’ pencegah flu. Lakukan satu kali per minggu selama 5 minggu akan menguatkan tubuh Mama.
  2. Buah beri dengan warna gelap seperti blueberry, bisa mengobati flu dan menaikkan imunitas tubuh. Buah tersebut mengandung anthocyanins yang bisa meredakan inflamasi.
  3. Sup ayam dengan kaldu kental akan mempercepat kesembuhan. Buat sekaligus dan kaldunya disimpan untuk dikonsumsi selama 3 hari berturut-turut.
  4. Boleh saja menggunakan obat mengandung decongestan yang berbentuk spray atau tetes untuk mengobati flu, lantaran memang bisa meredakan hidung tersumbat. Namun, hentikan pemakaian setelah 3 hari.
  5. Defisiensi zat besi bisa membuat tubuh mudah terserang flu. Cek levelnya jika perlu.
  6. Konsumsi masakan dengan aneka jenis jamur. Bahkan jamur kancing saja bisa menaikkan imunitas tubuh lo, girls.
  7. Teh hijau mampu mengurangi gejala flu hingga 35%. Kalau kamu nggak suka rasanya, cobalah teh hijau yang beraroma jasmine.
  8. Jadwalkan hidup yang lebih sehat untuk dirimu sendiri. Mulailah dengan tidur on time dan bangun pagi. Imunitas tubuh akan naik dengan sendirinya. Karena kurang istirahat akan menurunkan imun tubuh. Sesekali istirahat di udara luar yang bersih juga bisa meningkatkan imunitas tubuh lo! Jadi, jangan berada di dalam ruangan terus sepanjang hari ya!
  9. Jabat tangan adalah salah satu jalan virus menyebar dengan mudahnya. Jalan lain adalah lewat bersin dan batuk. Siapkan cairan pembersih tangan selalu, girls, dan menjauhlah dari orang yang sedang terkena flu.
  10. Olahraga setiap hari atau seminggu 3 kali akan membuat aliran darah dan pernapasan dalam kondisi yang lebih baik sehingga menaikkan sistem imun tubuh.
  11. Berkumur 3 kali sehari akan membuat kamu dapat terhindar dari virus yang sempat masuk ke mulut.
  12. Minum cairan dalam jumlah yang cukup akan mengurang jamur di tubuh dan membersihkannya.
  13. Hindari membuang cairan dari hidung dengan keras karena bisa mengakibatkan infeksi bakteri.
  14. Probiotik cukup potensial untuk mengobati flu. Nikmati yoghurt secara teratur sampai sembuh.
  15. Melakukan meditasi secara rutin akan memicu naiknya imunitas tubuh. Jika perlu, pelajari teknik mindfullness-based stress reduction dari internet, girls. Kamu bisa mencarinya di Youtube.
  16. Atur jadwal rutinitasmu. Pekerjaan atau stres karena tugas sehari-hari bisa memicu kelelahan. Kelelahan dan stres merupakan 2 hal yang memicu turunnya imunitas tubuh. Kalau memang terlalu padat, coba pertimbangkan untuk mengurangi beberapa aktivitas yang enggak begitu penting atau bisa di-pending.
  17. Coba pahami gejala flu yang terjadi. Sebab untuk beberapa kasus, komplikasinya bisa bronkhitis atau infeksi telinga.
  18. Vaksin flu juga bisa dilakukan secara teratur untuk meningkatkan imunitas tubuh.
  19. Jika kamu sudah didera batuk, minum madu satu sendok penuh. Cara ini efektif banget untuk meredakan batuk dan mengobati flu yang menyertai.
  20. Yoga dengan gerakan pelan dan pernapasan yang terlatih akan membuat sistem imun tubuh meningkat.
  21. Gejala radang tenggorokan bisa diatasi dengan makanan yang mengandung zinc tinggi. Jika sudah terlanjur flu, zinc akan membuat penderitanya cepat membaik.
5 Obat Sakit Kepala Super Jitu, Aman, dan Alami

Nah, girls, cukup lengkap kan cara-cara mengobati flu di atas? Bahkan ada juga beberapa cara yang kalau kamu lakukan bisa menghindarkan dirimu sendiri dari gejala flu, dan bahkan meningkatkan imunitas tubuh.

BACA JUGA:  Diet Sehat Alami, Jangan Percaya 5 Hoaks Diet Ini!

So, sayangi dirimu sendiri, jauhkanlah dari penyakit ya. Jaga kesehatan, sehingga kegiatan kamu bisa senantiasa lancar.

Keep healthy!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: