Begini Cara Merawat Baju Sesuai Bahan Masing-Masing Agar Lebih Awet

BICARAPEREMPUAN.COM – Beda jenis, beda bahan, berbeda pula cara merawat baju. Tapi mau nggak mau ya harus kita lakukan ya, girls, karena pastinya kita pengin baju-baju kita awet kan? Makanya, coba deh ikuti beberapa langkah cara merawat baju yang akan BiPer bahas kali ini.

 

Berikut beberapa cara merawat baju serta tip mencuci beberapa jenis bahan dan materi baju agar tetap terlihat indah dan awet

 

Cara Mencuci dan Merawat Baju Itu Tergantung Jenis Kain - Jangan Sampai Salah ya, Girls!

1. Satin

Bahan satin adalah bahan yang lembut seperti sifon namun lebih mengilap, halus dan memantulkan cahaya. Sebaiknya, bahan ini dicuci menggunakan air dingin dan detergen lembut. Jangan memeras satin untuk menghindari kerusakan serat-serat halus yang dimilikinya.

Cara merawat baju dari bahan satin:

Sebelum dicuci, rendam dulu selama 5 menit untuk membantu detergen bekerja secara maksimal saat menghilangkan noda. Setelah selesai pencucian, bilas 3 – 4 kali untuk menghilangkan sisa-sisa detergen. Lalu jemur kemeja atau dress satin untuk mengeringkannya.

 

2. Katun

Mencuci baju dari bahan katun itu termasuk yang paling tidak sulit, karena katun adalah bahan yang kuat dan awet jika perawatannya benar.

BACA JUGA:  5 Selebgram Fashionista Timur Tengah yang Layak Difollow untuk Inspirasi Hijab Fashion Style Kamu!

Cara merawat baju dari bahan katun:

Sebelum mencuci baju berbahan katun, sebaiknya perhatikan dengan teliti noda yang menempel pada bahan katun.

Cara terbaik untuk menghilangkan noda pada baju katun adalah dengan menggunakan pembersih khusus noda pakaian. Biasanya pembersih khusus ini menyediakan aplikator berujung kecil untuk membersihkan noda pada bagian sulit.

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan noda yang tidak bisa dihapus dengan cara pencucian normal.

Selain mencuci bahan katun dengan tangan, kita juga bisa menggunakan sikat bulu lembut untuk membersihkan area yang kadang ditempeli bulu-bulu halus. Ini sering terjadi jika bahan katunnya berwarna gelap.

Untuk pakaian katun berwarna putih atau terang, gunakanlah air hangat. Sedangkan untuk busana katun yang berwarna lebih gelap selalu pilih air dingin karena air panas bisa menyebabkan warna pudar.

 

3. Beledu

Bahan ini tergolong mewah dan merupakan bahan yang memiliki daya pikat tersendiri. Dan, hal ini membuat baju-baju berbahan beledu perlu perhatian esktra dalam perawatannya.

Cara merawat baju dari bahan beledu:

BACA JUGA:  4 Bentuk Tubuh Wanita dan Cara Berpenampilan untuk Memaksimalkannya

Dengan kondisi bahan yang sangat lembut dan berbulu halus, gunakan sikat yang bersabut ekstra halus untuk membersihkan debu yang menempel. Menyikatnya harus searah dan pelan-pelan agar tidak merusak serat kain ya, girls.

Untuk mencucinya, cukup rendam sekitar 3 menit dengan detergen yang berkonsentrat halus (lebih baik lagi apabila memiliki kandungan pelembut), gosok perlahan dan saksama.

Setelah itu bilas bersih tanpa diperas. Jemur blazer beledu atau rok dengan cara dibalik tanpa terkena sinar matahari langsung.

 

4. Brokat

Bahan ini sering digunakan sebagai bahan kebaya tradisional. Kamu punya jenis baju berbahan brokat juga? Memang untuk urusan penampilan, brokat terkesan mewah sekali. Tapi saat dipakai kadang ya kurang nyaman, apalagi kalau kamu punya kulit yang cukup sensitif. Kadang ya bisa menimbulkan gatal-gatal gitu.

Cara merawat baju dari bahan brokat:

Untuk perawatan terbaiknya, lakukan pencucian dengan menggunakan tangan, bukan dengan mesin cuci. Penggunaan pemutih sebaiknya dihindari.

Untuk eksekusi pencuciannya, rendam dulu baju berbahan brokat selama 8 hingga 10 menit dan jangan digosok. Sebagian orang menggunakan sampo untuk mencuci baju berbahan brokat kaena sifatnya lebih lembut. So, kamu juga bisa coba cara ini, girls.

BACA JUGA:  Cara Mencuci dan Merawat Baju Itu Tergantung Jenis Kain - Jangan Sampai Salah ya, Girls!

Namun, jika masih ragu untuk mencuci sendiri baju brokat kita, maka lebih baik manfaatkan saja jasa penatu.

 

Nah, itu dia beberapa cara merawat baju sesuai dengan bahannya masing-masing. Semoga membantu ya, girls, dan semoga baju-baju kamu lebih awet jika kamu bisa merawatnya dengan baik begini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.