Begini Cara Merawat Miss V yang Tepat Agar Selalu Sehat

BICARAPEREMPUAN.COM – Salah satu kewajiban kita sebagai perempuan adalah menjaga kesehatan organ kewanitaan kita agar senantiasa sehat dan bersih. Tapi, bagaimana sih cara merawat Miss V yang benar? Selama ini kita sudah melakukannya dengan benar atau belum ya?

Nah, ini nih yang akan kita bahas sekarang, girls.

Merawat organ kewanitaan ini harus kita akui bahwa sedikit ribet. Salah sedikit bisa memengaruhi banyak hal, terutama kesehatan. Bakteri-bakteri jahat bisa berkumpul di sana, lantaran areanya yang lembap biasanya memang menjadi favorit bakteri untuk menetap. Hal ini mengakibatkan berbagai penyakit bisa menghantui kita.

Ya, makanya, memang wajib diperhatikan banget nih, girls. Tapi kalau dipikir-pikir cara merawat Miss V ini sebenarnya nggak terlalu rumit kok. Karena sebenarnya si Miss V ini sendiri sudah memiliki mekanisme pembersihan diri sendiri dari sononya. Ia akan mengeluarkan benda asing dan kotor yang masuk, dengan bantuan bakteri baik yang hidup di dalamnya. Benda asing dan kotor ini akan keluar bersama cairan yang diproduksinya dalam jumlah kecil.

Makanya, sebenarnya untuk urusan bagian dalam Miss V, kita tak perlu banyak ribet deh. Nggak perlu juga menggunakan semua sabun khusus daerah kewanitaan itu, apalagi sampai memasukkannya ke bagian dalam. Nanti yang terjadi justru bisa memengaruhi hidup si bakteri baik yang memang sudah tinggal di sana.

BACA JUGA:  Menstruasi Bukan Hal yang Memalukan - Ingat Akan 5 Hal Ini Supaya Tetap Sehat!

Nah, tapi, pastinya kita juga harus menjaga daerah luar dari Miss V. Coba saja ikuti beberapa langkah berikut.

 

5 Cara merawat Miss V agar selalu sehat dan bersih

 

Begini cara merawat Miss V yang tepat, supaya selalu bersih dan sehat.
Begini cara merawat Miss V yang tepat, supaya selalu bersih dan sehat. Image via Luhhsetty YouTube.

1. Bersihkan area miss V dengan cara yang tepat

Nah, biasanya nih, kita hanya membersihkannya secara sekilas saja sembari mandi. Betul? Padahal langkah pertama ini adalah yang terpenting lo.

Bagaimana cara membersihkan area Miss V dengan tepat?

Begini caranya:

  • Dengan air mengalir, gosoklah Miss V dengan lembut dari arah depan ke belakang, sampai ke seluruh bagian luarnya, terutama lipatan-lipatan kulitnya.
  • Take your time, girls, nggak usah buru-buru hingga melewatkan beberapa bagian. Inilah sebagian kesalahan kita. Karena melakukannya tergesa-gesa, kita jadi hanya mencuci sebagian area saja.

2. Keringkan sampai kering benar

Nah, kesalahan yang lain lagi adalah sama seperti saat mencucinya, kita tergesa-gesa saat mengeringkannya–atau malah sama sekali tak dikeringkan.

Jangan sampai hal ini terjadi ya, girls. Tahap pengeringan ini penting! Karena akan mencegah kondisi lembap pada area Miss V, yang bisa memungkinkan berkembangnya bakteri jahat di sana.

Keringkanlah dengan handuk yang lembut kapan pun kamu selesai mencucinya. Lakukanlah ini tanpa tergesa-gesa, ke semua area, hingga benar-benar kering.

BACA JUGA:  Makan-Makan di Hari Lebaran Tetap Sehat, Lakukan 11 Hal Berikut!

Jangan lupa untuk selalu membawa tisu higienis yang lebih tebal ke mana pun kamu pergi, agar kamu bisa mengeringkan area Miss V dengan lebih baik.

 

3. Jangan mengenakan pakaian terlalu ketat atau berbahan panas

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkait dengan pakaian yang kamu pakai, jika ingin menjaga Miss V kamu supaya tetap sehat, di antaranya:

  • Jangan mengenakan celana yang terlalu ketat. Selain menghambar peredaran darah, celana yang ketat rentan lembap, sehingga memungkinkan tumbuh jamur dan bakteri jahat pada area kewanitaan kita.
  • Jangan mengenakan celana berbahan panas, lebih baik pilihlah celana dalam berbahan katun agar lebih mudah menyerap keringat, girls. Hati-hati juga jika memilih celana berenda. Renda-rendanya mungkin akan bisa menimbulkan gatal terutama jika kondisinya lembap.
  • Gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari, dan mandilah secara teratur.

 

4. Ganti pembalut atau pantyliner 4 jam sekali

Kadang kalau lagi haid, karena mager dan merasa nggak terlalu banyak darah yang keluar, kita pun malas mengganti pembalut yang kita pakai. Nah, ini juga salah, girls.

Pembalut dan pantyliner ini wajib kudu harus diganti minimal 4 jam sekali. Lebih sering lebih bagus. Semua ini tujuannya adalah menghindarkan dari kelembapan.

BACA JUGA:  11 Masalah Kesehatan yang Dapat Dilihat dari Kuku Kamu

 

5. Minum air rebusan daun sirih dan salam

Nah, kalau kamu mau, kamu juga bisa melakukan cara merawat Miss V yang terakhir ini juga, girls. Bermanfaat banget deh untuk menjaga kebersihan Miss V kamu dari dalam.

Ambil 6-7 lembar daun sirih dan 1 lembar daun salam. Rebus keduanya dalam air 200 ml sampai benar-benar mendidih. Lalu minum tanpa tambahan zat apa pun lagi.

Ini adalah resep kuno nenek moyang, girls. Tak hanya menjaga kesehatannya, ramuan ini juga bisa mengurangi bau tak sedap pada area Miss V.

 

Nah, demikian cara merawat Miss V yang benar, girls. Dengan menjaganya dengan baik, kesehatan reproduksi kamu pun pasti akan membaik.

Selamat mencoba, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.