Cara Merawat Rambut Rusak Semanjur Apa Pun Tak Akan Berefek Kalau Kamu Masih Melakukan 5 Hal Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kamu mau tahu cara merawat rambut rusak? Sebelum kamu melakukan berbagai ritualnya, lebih baik kamu kenali penyebab-penyebab rambut rusak ini terlebih dahulu deh.

Ya, girls. Tanpa disadari, bisa jadi selama ini kita telah menganiaya rambut kita lo. Kita sering banget menyiksanya hingga kemudian mahkota kita yang indah itu lambat laun menjadi rusak.

Karena semua ritual merawat rambut itu tidak akan ada gunanya, kalau kamu masih melakukan berbagai penganiayaan terhadap rambut seperti di bawah ini.

Coba yuk, kita lihat.

 

Mau tahu cara merawat rambut rusak? Hindari beberapa hal berikut lebih dulu!

Cara merawat rambut rusak terbaik adalah dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab rusak.
Cara merawat rambut rusak terbaik adalah dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab rusak. Image via My Simple Remedies.

1.Panas matahari

Seperti pada kulit, paparan sinar matahari yang terlalu lama dan terlalu panas dapat merusak rambut karena rambut mengandung salah satu unsur asam amino, yaitu tryptophan.

Saat rambut terkena sinar matahari, tingkat tryptophan akan berkurang dan menyebabkan rambut rusak. Risiko ini semakin besar jika rambutmu pernah mengalami proses pewarnaan, atau pelurusan, maupun pengeritingan.

Hal ini disebabkan karena rambut yang telah terkena paparan bahan kimia lebih sensitif dari rambut hitam alami, sehingga saat terkena paparan sinar matahari akan semakin merapuhkan helaiannya.

BACA JUGA:  Ini Dia Trik Atasi Mata Sembab dan Kantung Mata dengan Concealer!

 

2. Stres

Sedang patah hati atau pusing masalah kerjaan kantor? Hati-hati, girls, kondisi mental yang sedang stres bisa membuat rambut ikut menjadi korban lo.

Setiap helai rambut mengalami masa tumbuh selama 2 tahun, dan beristirahat selam 3 bulan sebelum akhirnya jatuh atau rontok.

Saat tubuh kita stres, 70% dari rambut kita memasuki masa istirahat yang prematur, yang disebut fase telogen, dan kemudian berakhir dengan rontok.

Jadi, semakin stres kamu, semakin prematurlah rambut kamu.

 

3. Hairdryer atau catokan

Hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan lebih dulu adalah menghindari penggunaan hairdryer atau catokan rambut setiap hari, karena panas yang berasal dari kedua alat tersebut cukup panas untuk menghilangkan kadar air pada helai rambut dan merusak rambutmu.

Cara merawat rambut rusak akibat hairdryer atau catokan ini adalah dengan penggunaan kondisioner yang tepat. Jadi, coba carilah kondisioner yang cocok dengan jenis rambutmu, dan pakailah sesuai aturannya.

 

4. Bahan kimia

Dari baunya dan rasa panas pada kepala saat diaplikasikan, kita semua tahu bahwa kandungan bahan kimia yang kita gunakan saat proses pewarnaan, pelurusan maupun pengeritingan itu sangat keras, karena mengandung hidrogen peroksida.

BACA JUGA:  Mau Perawatan Kulit yang Alami? Sediakan Saja 5 Bahan Berikut!

Kerusakan yang dapat ditimbulkannya antara lain iritasi pada kulit kepala, rambut rontok atau patah, dan berbagai reaksi alergi (gatal-gatal pada kulit kepala hingga wajah).

Jadi, coba deh pikirkan masak-masak sebelum kamu mewarnai rambutmu ya.

 

5. Makanan

Asupan gizi yang kurang juga dapat menjadi penyebab rambut rusak yang parah, girls. Hal ini sering terjadi pada mereka yang melakukan diet ketat.

Kekurangan protein atau asam lemak serta asam folat yang terdapat pada daging dan kacang-kacangan mendorong terjadinya kerontokan pada rambut.

Karena itu, pastikan gizimu terpenuhi ya.

 

Nah, girls. Jadi, cara merawat rambut rusak semanjur apa pun tidak akan memberikan efek kalau kamu tak memperbaiki dulu beberapa hal di atas, seperti yang BiPer jelaskan.

So, mau rambut kamu sehat? Setop menganiaya rambutmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.