Kecantikan

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat Agar Wajahmu Tampil Bersinar Lagi!

cara merawat wajah berjerawat

Jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat membutuhkan perawatan ekstra. Cara merawat wajah berjerawat dengan tetap menjaga tingkat kelembapan kulit, dan melindunginya dari bakteri P.Acne. Pemilihan produk skincare juga sangat penting, karena jenis kulit berjerawat rentan mengalami reaksi terhadap beberapa formula tertentu.

Kamu sudah tahu, kalau kulit memiliki banyak jenis, dari mulai jenis kulit normal, berminyak, kombinasi, hingga jenis kulit berjerawat. Di tengah berbagai jenis kulit yang beragam, tentunya perawatannya pun berbeda-beda, terlebih jenis kulit yang bermasalah seperti kulit berjerawat. Cukup berbeda dengan jenis kulit lainnya, jenis kulit berjerawat yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti gen, hormon, bahkan makanan ini biasanya memiliki cara khusus dalam perawatannya. Jika salah merawat, bisa-bisa jerawat pada kulit menjadi lebih parah.

Ada beberapa orang menganggap jerawat adalah masalah besar. Penelitian dari Universitas Bath Washington Amerika Serikat. Mereka megatakan bahwa orang yang berjerawat enggan mengikuti berbagai aktivitas fisik.

Lalu, bagaimana cara merawat yang tepat? Ikuti 10 cara merawat kulit berjerawat berikut ini!

Selalu Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Bakteri P. Acne disebut sebagai penyebab jerawat. Jika bakteri tersebut berkembang biak secara cepat, maka terjadilah peradangan pada kulit wajah. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan termasuk kebersihan kulit wajah.

Sebagai cara merawat wajah berjerawat yang tepat, kamu harus lebih memperhatikan kebersihan wajah dengan lebih memperhatikan helm, sarung bantal, seprei, baju dan benda lainnya yang hendak dipakai sehari-hari. Cuci dan bersihkan secara berkala benda-benda yang bisa bersentuhan langsung dengan kulit wajahmu.

Gunakan Face Cleanser Sesuai Jenis Kulit

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Menggunakan face cleanser merupakan cara merawat wajah berjerawat. Tapi yang pertama kali harus kamu tahu, kamu harus kenali tingkat produksi minyak pada kulitmu. Pilihlah produk wajah berminyak dan berjerawatmu dengan pembersih wajah yang bersifat deep cleansing jika jenis kulitmu cukup berminyak, agar kotoran terangkat dengan optimal. Tapi, jika cenderung normal, gunakan produk gentle cleanser karena tidak berisiko membuat kulit semakin kering atau bahkan iritasi.

BACA JUGA:  Cara Merawat Bibir Kering Secara Alami dan Menjaganya Lembap Sepanjang Hari

Menjaga kebersihan kulit terasa tak cukup jika tidak dilengkapi dengan penggunaan pencuci wajah khusus untuk kulit berjerawat. Karena biasanya, produk pencuci wajah untuk kulit berjerawat memiliki kandungan aktif yang bekerja dalam mengatasi peradangan pada jerawat serta mengangkat sel kulit mati. Cara merawat wajah berjerawat yang tepat memang sangat membantu sebagai langkah awal dalam hal merawat kulit.

Toner dan Vitamin C

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Menggunakan toner merupakan cara merawat wajah berjerawat. Toner berfungsi mengembalikan keseimbangan pH dan menenangkan kulit, sekaligus mengoptimalkan proses cleansing.

Gunakan toner setelah kamu mencuci wajahmu dengan deep cleansing ya, girls. Toner bekerja untuk memastikan kulit wajah sudah bersih dan kotoran terangkat dengan sempurna sehingga mencegah timbulnya jerawat kembali.

Untuk mendapatkan perlindungan anti-acne, kamu juga membutuhkan vitamin c yang bekerja menyembuhkan peradangan serta mempercepat pembentukan jaringan kulit baru. Solusinya? Pilih toner yang memiliki kandungan vitamin c.

Menggunakan Produk yang Dapat Mengeksfoliating

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Proses eksfoliasi atau yang biasa dikenal sebagai proses pengangkatan sel kulit mati ini memang cara merawat wajah berjerawat dan sangat diperlukan untuk kulit berjerawat. Oleh karena itu, lakukanlah cara merawat wajah berjerawat yang tepat dengan menggunakan berbagai produk yang dapat mengeksfoliasi seperti yang memiliki kandungan aktif, biasa disebut chemical peeling dan juga produk scrub yang juga dapat mengangkat sel kulit mati secara physical.

Kulit wajah berminyak dan berjerawat perlu perawatan eksfoliasi. Namun, melakukannya terlalu sering berisiko menyebabkan iritasi. Cobalah produk yang mengandung glycolic atau salycylic acid, yang punya manfaat mencerahan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Oiya girls, rutinitas ini juga dapat membantumu menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat, lo!

Clay Mask

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Sebagai salah satu cara merawat wajah berjerawat, kamu bisa menggunakan clay mask setiap seminggu sekali. Clay mask memang diciptakan untuk kulit berminyak, berjerawat, maupun kulit yang memiliki tampilan pori-pori besar. Formula khusus yang terdapat pada clay mask dapat mengangkat kotoran, mengontrol minyak berlebih, serta merawat kulit wajah sehingga terhindar dari masalah jerawat.

BACA JUGA:  Tren Kecantikan Terbaru: Garden Brows - Mau Cobain?

Mengontrol Minyak dengan Memilih Pelembab yang Cocok

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Memiliki jenis kulit wajah berminyak atau cenderung berminyak, bukan berarti menyingkirkan produk moisturizer/pelembab dari rutinitas kecantikanmu. Jika kulit mengalami dehidrasi, maka kelenjar sebum akan memproduksi lebih banyak minyak yang akan memicu jerawat. Pilih produk moisturizer water-gel based yang baik untuk kulitmu, ya.

Gunakan Obat Anti Jerawat

Cara merawat wajah berjerawat dengan menggunakan obat jerawat dan ini enggak boleh kamu lupakan, girls. Cara merawat wajah berjerawat seperti ini sangatlah tepat. Tak perlu susah untuk mencarinya, obat jerawat sangat mudah untuk ditemukan. Sadar akan kebutuhan banyak orang, berbagai merek kecantikan pun mulai menawarkan jenis treatment praktis yang satu ini. Tak hanya dijual bebas, dokter kulit pun memiliki obat jerawat khusus yang juga fokus untuk mengatasi jerawat.

Oiya girls, sebanyak apa pun produk anti-acne yang kamu gunakan, tidak akan memberikan hasil terbaik tanpa kandungan yang tepat. Pastikan produk yang kamu pilih mengandung salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulfur, retinol, dan vitamin c, khususnya untuk produk serum, ya. Penggunaan serum juga ada caranya, seperti gambar yang ada di bawah ini:

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Jangan Pernah Memijit atau Memencet Jerawat

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Cara satu ini sangatlah benar adanya. Jerawat memang terkadang membuat gatal, apalagi kalau baru meradang merah, rasanya pengin menggaruknya.

Jangan pernah kamu untuk, menggaruk, memencet, ataupun memijit jerawat yang gatal ya. Jerawat bisa semakin meradang dan bisa bernanah kalau sampai terjadi infeksi. Kamu bisa mengurangi rasa gatal tersebut dengan meminum obat tradisonal yang dijual bebas. Pastikan terdaftar di BPOM, kamu bisa cek di web BPOM nya dengan mengetik nomor BPOM produk tersebut.

Kurangi Menggunakan Makeup

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Sebagai seorang perempuan, makeup menjadi kebutuhan primer yang sulit ditinggalkan. Sayangnya, makeup bisa membuat jerawat pada wajahmu menjadi semakin parah.

BACA JUGA:  10 Resep Masker Wajah untuk Dicoba Saat #dirumahaja

Bukan berarti kamu harus tampil bare face tanpa makeup, tapi bijaklah saat menggunakan riasan wajah! Usahakan untuk memilih makeup yang natural dan hindari kosmetik yang bisa menyumbat pori-pori. Jika kamu sudah selesai beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkan wajahmu, girls. Kamu bisa menggunakan deep cleansing, lalu kamu cuci muka, setelah itu memakai micellar water agar semua kotoran dan makeup terangkat secara maksimal.

Mulailah dari sekarang untuk memilih produk kosmetik non-comedogenic. Kenapa? Karena kosmetik non-comedogenic tidak akan membuat pori-pori tersumbat dan semakin memperburuk kondisi jerawat.

Menghindari Makanan Pemicu Jerawat

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat, Agar Wajahmu Bersinar, Bye-Bye Acne!

Do you know, girls?

Salah satu cara merawat wajah berjerawat dengan menjaga dari dalam yaitu lebih memperhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi.

Selain itu, kamu juga harus menghindari berbagai makanan yang dikenal sebagai pemicu jerawat seperti makanan yang mengandung gula, makanan cepat saji, makanan berminyak, makanan dengan kandungan susu, makanan pedas, dan masih banyak jenis makanan pemicu jerawat lainnya.

Jadi, buat kamu yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat, lakukanlah beberapa cara merawat wajah berjerawat di atas ya. Kesepuluh cara merawat wajah berjerawat tersebut dapat benar-benar membantumu dalam mengontrol keluarnya jerawat pada kulit. Semoga artikel ini bisa membuatmu mengatasi wajahmu yang sedang berjerawat ya, girls.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: