Kesehatan

10 Cara Merilekskan Pikiran di Malam Hari

Memiliki rutinitas malam hari sangat penting agar kita tetap sehat. Ini dia beberapa cara merilekskan pikiran yang bisa kamu coba.

BICARAPEREMPUAN.COM – Melakukan rutinitas kecil yang dapat kamu lakukan setiap malam bisa menjadi salah satu cara merilekskan pikiran, dan siap untuk menjalani aktivitas di hari berikutnya.

Rutinitas malam setiap orang berbeda-beda, tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Yuk, intip apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai cara merilekskan pikiran di malam hari.

10 Cara Merilekskan Pikiran di Malam Hari

10 Cara Merilekskan Pikiran di Malam Hari

1. Minum decaf tea

Kalau kamu tidak bisa tidur di malam hari, kamu bisa mencoba minum teh tanpa kafein.

Minum teh sebelum tidur bisa jadi cara merilekskan pikiran, karena ada sesuatu yang sangat menenangkan dengan menyeruput minuman panas sebelum naik ke tempat tidur.

Untuk mempercepat prosesnya, kamu bisa memanaskan air dalam microwave selama sekitar satu menit 30 detik. Untuk rasa teh, pilihlah teh hijau tanpa kafein pilihanmu. Boleh tambahkan lemon, tetapi sebaiknya enggak menambahkan madu karena gula akan membuatmu lebih sulit untuk tidur.

Minum secangkir teh hangat sebelum tidur membantumu tidur lebih cepat dan membuatmu merasa sangat segar di pagi hari nanti.

2. Rapikan kamar

Tidak bisa tidur karena kamar berantakan? Yuk, coba rapikan kamarmu sebelum tidur. Meski tampak sepele, tapi ini ternyata juga merupakan salah satu cara untuk merilekskan pikiran yang sangat efektif lo. Sesuatu yang kacau itu menular, girls.

So, coba deh. Buang cucian kotor ke keranjang, gantung pakaian bersih, singkirkan sepatu, dan bersihkan sampah-sampah apa saja yang ada di kamarmu.

Dengan cara ini ketika kamu bangun di pagi hari, kamu akan terbangun di kamar yang segar dan bersih. If you do this every night before bed, there should be very little to take care of each night.

Merawat Kulit Putih Langsat Tanpa Makeup, Kamu Hanya Perlu Memperhatikan 1 Hal Ini Saja!

3. Mandi

Cara untuk merilekskan pikiran lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan mandi sebelum tidur,. Gosok tubuhmu, oleskan lotion, dan kenakan piama yang bersih.

BACA JUGA:  Menjaga Berat Badan, Perhatikan 9 Prinsip Diet Berikut!

Kamu akan merasa jauh lebih baik tidur dengan kondisi badan yang bersih. Membersihkan badan sebelum tidur setiap malam akan membuat tidurmu nyenyak dan segar keesokan harinya.

4. Lakukan ritual perawatan wajahmu

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting.Maka, lakukan rutinitas perawatan kulit sebelum tidur. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan kondisi kulitmu ya.

Setelah mandi, basuh wajahmu dengan air hangat dan pembersih lembut. Kamu juga dapat menggunakan scrub wajah. Tepuk-tepuk sampai kering, dan gunakan kapas untuk mengoleskan astringen. Akhiri dengan lotion dan serum.

Setelah kamu menyelesaikan bagian untuk kulit wajah, kamu bisa mengoleskan vaseline ke bibir. Sekitar dua sampai tiga kali seminggu, pakailah masker agar kulit terhidrasi.

Well, cara untuk merilekskan pikiran yang menyenangkan, bukan?

5. Rawat rambutmu

Sebelum tidur, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut dengan mencuci rambutmu. Mulai dengan keramas, lalu memakai kondisioner, setelah itu bilas lalu pakai serum rambut untuk menutrisi akar rambutmu agar tidak rontok.

Jika rambutmu basah, pasti kurang nyaman untuk dibawa tidur ya? Kalau begitu, luangkan waktu beberapa menit untuk mengeringkannya. Jangan tidur dalam keadaan rambut basah, karena akan membuatmu sakit kepala di pagi harinya.

6. Buat to do list untuk hari berikutnya

Ini juga merupakan cara merilekskan pikiran yang cukup efektif bagi sebagian orang; dengan mengetahui besok akan sesibuk apa.

BACA JUGA:  Setiap Pagi, Lakukan 9 Kebiasaan Ini Agar Harimu Selalu Indah

Kadang-kadang sebelum tidur, kamu memikirkan rencana aktivitas atau pekerjaan yang harus didahulukan bukan? Kalau tidak dicatat, cenderung membuatmu menjadi stres, dan stres membuat tidur jadi lebih sulit.

Jadi, buatlah to do list pekerjaan yang harus diselesaikan, tugas untuk dijalankan, atau pertemuan yang harus dihadiri, apa pun tugasmu esok hari.

Kamu bisa menggunakan buku agendamu atau aplikasi notes di ponselmu. Sekarang ada aplikasi bagus di ponsel untuk membuat list seperti ini, nama aplikasinya Notion. Cocokkan masing-masing tanggung jawab dengan rentang waktu yang diperkirakan, misalnya pekerjaan rumah pukul 11.00 pagi, 1 jam olahraga, jam berikutnya menekuni hobi, dan sebagainya.

Mengatasi Sakit Punggung, Lakukan 5 Latihan Peregangan Ini!

7. Meregangkan otot

Kamu enggak butuh terlalu banyak waktu untuk melakukan salah satu cara merilekskan pikiran satu ini. Lima sampai 10 menit juga cukup.

Regangkan otot-otot lengan, kaki, terutama untuk punggungmu, kamu bisa melakukan beberapa gerakan peregangan untuk mencegahnya kaku dan sakit.

Ketika kamu rutin melakukan cara merilekskan pikiran ini, tak hanya pikiran yang menjadi segar, badanmu juga akan jauh lebih nyaman dan tidurmu pun akan lebih nyenyak.

8. Nyalakan lilin aromaterapi

Nyalakan beberapa lilin di kamarmu saat bersiap-siap untuk tidur. Tak perlu khawatir, kamu bisa kok membuat lilin aromaterapimu sendiri. Caranya cukup mudah kok.

Meredupkan lampu dan menyalakan lilin bisa menjadi salah satu cara merilekskan pikiran yang cukup efektif karena akan dapat mengatur suasana hati.

Hobi Baca Buku? Ini Dia Beberapa Plus dan Minus E-Book untuk Menyalurkan Hobi Kamu

9. Membaca buku

Membaca buku sebelum tidur juga bisa jadi salah satu cara merilekskan pikiran yang menyenangkan. Selain itu, juga akan bermanfaat bagi pikiran dan tubuhmu. Membaca membuatmu lebih tenang dan santai, dan akan membuatmu tidur lebih cepat.

BACA JUGA:  Resolusi 2020: Lebih Langsing dengan Cara Alami

Jauhkan ponselmu sekitar satu jam sebelum tidur sangat penting, karena cahaya dari ponsel membuatmu lebih sulit tidur dan mengurangi kualitas tidurmu juga. Temukan buku yang kamu sukai, dan baca sambil rebahan.

Jangan sampai larut malam, karena terjebak dalam alur cerita ya. Cobalah membaca buku di waktu 30-45 menit sebelum tidur.

10. Jauhkan ponsel

Banyak orang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan ponsel mereka. Melihat berita di media sosial sangat membuat ketagihan, tetapi bikin pikiran tambah kusut.

Lebih baik kamu menjauhkan ponsel satu atau dua jam sebelum tidur, ini akan meningkatkan pola tidurmu menjadi lebih baik.

Nah, selamat mencoba cara merilekskan pikiran yang sudah diulas di atas ya. Percaya deh, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dalam hidupmu. Kualitas tidur yang baik akan membuat badan kita sehat dan bugar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: