Kecantikan

Jangan Asal Pencet Jerawat, Ikuti 9 Langkah Ini!

Kadang, susah banget buat menahan diri untuk nggak pencet jerawat supaya gundukan kecil menyebalkan itu hilang.

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa nih yang hobi pencet jerawat? Kebiasaan banget deh! Tapi, memang kayaknya nggak bisa tahan deh nunggu sampai jerawat hilang sendiri dari muka. Makanya, kita harus paham betul gimana cara pencet jerawat yang tepat, sehingga bisa mengeluarkan isinya dengan pas.

Yuk, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Pencet Jerawat yang Benar

Jangan Asal Pencet Jerawat, Ikuti 9 Langkah Ini!

1. Pastikan tanganmu bersih

Pastikan kamu mencuci tangan sampai benar-benar bersih ya, girls, sebelum kamu mulai pencet jerawat. Perhatikan bagian bawah kuku, terutama, karena di situlah biasanya kuman suka bersembunyi.

Usahakan untuk tidak melakukan kontak langsung antara jari dengan wajah, tapi jika terkena pun maka jari tangan kita harus dipastikan sudah bersih dari bakteri dan kuman yang bisa membuat jerawat semakin meradang.

2. Gunakan pembersih

Sebelum pencet jerawat, usapkan cleanser dengan kapas wajah untuk mengangkat semua minyak, kotoran, dan sisa makeup yang masih menempel di wajah.

Hal ini penting karena saat nanti kita pencet jerawat, kulit akan terbuka dan membuka kesempatan bagi bakteri untuk masuk.

Untuk meminimalkan risikonya, kulit di sekitar jerawat harus benar-benar bersih dan higienis.

3. Exfoliate

Gunakan acne treatment yang mengandung salicyl acid dan kain yang halus. Secara perlahan, usapkan tepat di sekitar jerawat. Jangan menggunakan foam yang permukaannya kasar karena jerawat bisa pecah secara nggak sengaja.

BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi Ketombe Membandel yang Jitu dan Nggak Bakalan Balik Lagi

Exfoliation berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melonggarkan permukaan kulit yang berjerawat sehingga mempermudah keluarnya jerawat itu sendiri.

Lakukan exfoliation ini selama 1-2 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Merawat Wajah Kusam dengan 3 Bahan Alami

4. Gunakan sarung tangan

Pakai sarung tangan sebelum kamu pencet jerawat di wajah. Selain untuk mencegah terkontaminasinya jerawat oleh kuman di kuku dan tangan kita, sarung tangan juga bisa melindungi jerawat dari cakaran yang nggak sengaja oleh kuku.

Jadi bisa agak berkurang deh sakitnya nanti.

5. Pastikan sudah siap

Supaya nggak membekas nanti, bedakan mana jerawat yang bisa dipencet dan mana yang belum ya, girls. Biasanya terlihat dari warna.

Jerawat yang sudah ‘matang’ warnanya lebih gelap, bukan merah muda atau merah. Jika disentuh, enggak terasa ngilu atau senut-senut lagi.

Kalau jerawatmu belum siap dipencet, sebaiknya tunda dulu keinginanmu untuk pencet jerawat–karena bisa menimbulkan bekas jerawat yang jadi luka.

6. Temukan puncaknya

Temukan bagian tengah atau bagian puncaknya dari jerawat di wajah, lalu letakkan kedua jari di sisi-sisinya.

Jangan langsung menekan ke arah tengah. Coba untuk menarik dulu sisi-sisi ini ke arah luar, karena kulit yang sudah terkelupas akan lebih mudah menjadi jalan bagi jerawat untuk keluar.

BACA JUGA:  4 Jenis Produk untuk Mewarnai Rambut dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

Setelah isinya keluar, tekan ke arah dalam untuk mengeluarkan sisa-sisanya.

Jangan Asal Pencet Jerawat, Ikuti 9 Langkah Ini!

7. Aplikasikan antiseptic gel

Setelah berhasil pencet jerawat dan isinya keluar, yang perlu kita siapkan berikutnya adalah antiseptik yang mengandung salicyl acid.

Usapkan perlahan di bagian kulit yang merekah. Gel ini berfungsi untuk mempercepat pengeringan dan pemulihan kulit yang terbuka. Jadi, wajah kita bersih dari bekas pencetan jerawat. Selain itu, juga supaya semua kuman dan bakteri yang ada di sekitar jerawat bisa terangkat.

8. Kalau telanjur luka

Jika kamu telanjur pencet jerawat terlalu keras sampai kulitmu luka, segera ambil aspirin, dan hancurkan. Teteskan air putih, campur hingga agak kental seperti pasta, lalu oleskan pada kulit yang luka. Tutuplah dengan plester.

Dengan begini, luka tersebut lebih cepat kering.

9. Perhatikan:

  • Jangan keterusan pencet jerawat dengan sembarangan ya, girls. Saran, kalau jerawat biasa sih lebih baik didiamkan saja karena memang bakalan hilang sendiri walaupun agak lama. Hindarkan mengutak-atik jerawat dengan kuku, apalagi dengan tangan yang kotor. Big no!
  • Jangan pencet jerawat dengan keadaan wajah masih bermakeup, atau sedang memakai moisturizer. Cuci muka dulu sampai bersih betul, baru mulai langkah-langkah pencet jerawat seperti di atas.
  • Kalau memang pengin pencet jerawat yang belum matang, lebih baik gunakan jarum tipis. Sterilkan dulu jarumnya dengan membakar ujung jarum dengan api selama 10 – 15 detik. Biarkan sebentar untuk mendinginkannya, dan mulai menusukkan sedikit ke jerawat bagian pinggir. Dengan begini, kita meminimalkan terjadinya luka besar saat memencetnya.
BACA JUGA:  Merawat Kulit Putih Langsat Tanpa Makeup, Kamu Hanya Perlu Memperhatikan 1 Hal Ini Saja!

Nah, gimana, girls? Sudah tahu cara pencet jerawat yang bener, sekarang kamu mau beneran menghilangkan jerawat mengganggu itu di wajah kamu? Selamat mencoba ya!

Yang penting, selanjutnya jaga pola makan dan rajin-rajin bersihin muka, supaya jerawat enggak hobi menyambangi lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: