Opini & Peristiwa

Anggun C Sasmi Pindah Warga Negara Prancis – Kamu Mau Ikutan?

BICARAPEREMPUAN.COM – Yah, hilang satu lagi deh, WNI alias Warga Negara Indonesia yang “berharga”. Beberapa waktu yang lalu ada Kristania Virginia Besouw yang pindah warga negara menjadi warga negara Amerika Serikat.Bahkan ia kemudian bilang, “I’m a proud American now.”

Why? Sebagai orang Indonesia, seharusnya sih miris. Tapi ya tak mengapa, mungkin Virginia juga akan lebih bahagia jadi warga negara Amerika.

 

Anggun pindah warga negara - Image via Job-like

Anggun pindah warga negara – Image via Job-like

Lalu yang paling heits, juri Asian Got Talent kebanggaan Indonesia, Miss Anggun Cipta Sasmi, akhirnya benar-benar pindah warga negara ke Prancis, dan meninggalkan Indonesia. Santer terdengar, bahwa Anggun merasa kecewa dengan pemerintah Indonesia karena masalah prosedur izin melalang buananya untuk mempromosikan diri (baca: Indonesia).

Ya sudah, Miss. Barangkali memang lebih cocok untuk jadi warga negara Prancis ketimbang Indonesia.

So, apakah ada di antara kamu yang juga pengin pindah warga negara, seperti halnya Anggun? Barangkali kamu juga termasuk dari mereka yang kecewa dengan suatu hal di Indonesia, hingga kemudian mempertimbangkan untuk pindah warga negara?

Bukannya BiPer mensupport kalian untuk pindah warga negara sih, tapi kalau memang mau, ada nih cara untuk pindah warga negara yang BiPer kumpulkan dari berbagai sumber.

Perlu kamu tahu ya, bahwa untuk bisa berganti kewarganegaraan, kamu mesti kehilangan dulu kewarganegaraan Indonesia kamu, baru kemudian kamu “melamar” untuk menjadi warga negara asing tersebut.

BACA JUGA:  5 Alasan Sempurna untuk Berhenti Menggunakan Sedotan Plastik

 

Gimana cara kita bisa kehilangan kewarganegaraan sehingga dapat pindah warga negara?

1. Kamu mesti tinggal di luar Indonesia dulu beberapa lama

Menurut Pasal 23 UU 12/2006 jo Pasal 31 ayat (1) PP 2/2007, kita bisa kehilangan kewarganegaraan jika kita tinggal sedikitnya 5 tahun di luar negeri, dan tanpa memperpanjang surat-surat kewarganegaraan meski sudah dikirimi peringatan tertulis dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Jadi, katakanlah yang mau jadi warga negara Malaysia, ya tinggallah di Malaysia selama 5 tahun tanpa pulang, dan tanpa memperpanjang surat pernyataan kewarganegaraan.

 

2. Masuk angkatan bersenjata negara lain

Seperti Kristania Virginia, sang Miss Indonesia 2006, ia sekarang bertugas di US Army, setelah ia menamatkan pendidikannya di bidang health care dan menikah dengan seorang dokter dari Filipina.

Berdua akhirnya memutuskan untuk pindah warga negara dan berkarier di Amerika sesuai bidangnya.

 

3. Mempunyai paspor negara asing

Padahal ia adalah seorang warga negara Indonesia, kok malah punya paspor dari negara Thailand–misalnya. Nah, kondisi ini akan otomatis membuatnya kehilangan kewarganegaraan.

Jadi, kalau kayak Simon Templar, alias The Saint, yang bisa punya banyak paspor itu gimana ya? Ya tapi paspornya paspor palsu.

BACA JUGA:  Mau Mengamati Super Blue Moon Malam Ini? Kamu Bisa Lihat Langsung di Sini!

 

4. Ikut pemilu negara lain

Nah, sebenarnya sih bukan secara eksplisit disebutkan pemilu, atau pemilihan umum juga sih, girls. Tapi, dalam Pasal 23 UU 12/2006 jo Pasal 31 ayat (1) PP 2/2007 tersebut disebutkan begini.

Tidak diwajibkan tetapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing.

Sudah jelas ya ini pastinya. Semisal kamu lagi di Amerika Serikat, dan tahu-tahu ikut nyoblos Donald Trump kemarin, maka otomatis kamu akan kehilangan kewarganegaraan Indonesia kamu.

 

5. Mengajukan permohonan

Nah, yang ini adalah cara kehilangan kewarganegaraan Indonesia yang secara “terhormat”. Semacam resign dari pekerjaan kantormu, kamu secara baik-baik minta pamit pada pemerintah Indonesia.

Untuk bisa mengajukan permohonan kehilangan kewarganegaraan Indonesia ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Kamu sudah berusia 18 tahun atau lebih, atau sudah menikah.
  • Membuat surat permohonan kehilangan kewarganegaraan Indonesia dalam bahasa Indonesia dan bermaterai cukup, berisi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan, jenis kelamin, status perkawinan dan alasan permohonan
  • Lampiri dengan fotokopi akta kelahiran, akta perkawinan atau perceraian, Surat Perjalanan Republik Indonesia atau Kartu Tanda Penduduk, surat keterangan dari perwakilan negara asing, dan pasfoto 4X6 cm sebanyak 6 lembar.
BACA JUGA:  Tetap Aman Naik Taksi Online, Lakukan 9 Hal Ini!

Surat permohonan ini–dan lampirannya–disampaikan ke Perwakilan Republik Indonesia di negara domisili si pemohon.

 

Nah, setelah kamu kehilangan kewarganegaraan Indonesia kamu, baru deh kamu bisa “melamar” menjadi warga negara asing.

Untuk bisa pindah warga negara, dengar-dengar juga butuh biaya yang banyak, girls. Setidaknya untuk beberapa negara, kamu diharuskan sudah punya pekerjaan tetap dengan gaji minimal yang tinggi dulu. Ada pula yang menetapkan, bahwa kamu harus berinvestasi sejumlah uang dulu di negara tersebut. Dan seterusnya.

Ya, jadi memang nggak mudah ya untuk pindah warga negara itu. Nggak segampang kita pindah kosan ke RT sebelah.

Jadi, tetap mau pindah warga negara nih? Yakin? Nanti nggak bisa lagi menikmati kolam susu lo!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: