Karier

Mau Eksis dan Sukses dalam Berkarier? 3 Tip Profesional Ini Harus Kamu Ikuti

Siapa yang enggak mau sukses dalam berkarier? Kalau kamu mau juga, kamu mesti tahu seni bergaul di kantor ini. Coba ikuti deh.

BICARAPEREMPUAN.COM – Sepintar apa pun kita, bila tidak cerdas dalam bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan rekan kerja, kesuksesan akan sulit diraih.

So, kamu mau sukses dalam berkarier? Selami seni bergaul di kantor berikut ini.

3 Seni Bergaul di Kantor yang Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Sukses dalam Berkarier

10 Resolusi Karier - sukses dalam berkarier

1. Perhatikan yang perlu diperhatikan

Penelitian Carnegie Foundation menunjukkan, bahwa 80 – 85% peluang sukses dalam berkarier ditentukan oleh interpersonal skill-nya.

Faktanya interpersonal relationship ini memang penting kalau kamu pengin sukses dalam berkarier, tapi tidak pula mudah karena membutuhkan komitmen untuk membuka diri dan berkomunikasi dengan orang lain. Membekali diri dengan etika pergaulan akan membantu setiap orang tidak hanya untuk luwes bersikap, tetapi juga terampil berkomunikasi dan berafiliasi.

Prinsip yang menyatakan bahwa untuk selalu menghormati ruang pribadi rekan kerja kita, maka mereka pun akan menghormati ruang pribadi kita, itu banyak benarnya juga. Namun bukan berarti hal itu ditunjukkan dengan membuat pagar pembatas.

Biasakan untuk mingle dengan rekan-rekan dan lingkungan kerja. Menjalin komunikasi yang lancar bersama rekan kerja sangatlah diperlukan jika kamu ingin sukses dalam berkarier, girls. Dengan demikian, kita dapat memiliki kualitas hubungan yang baik.

Jika ada rekan kerja yang percaya untuk curhat, beri kesempatan padanya untuk berbicara, dengarkan dengan antusias namun jaga rasa ingin tahu untuk mengorek cerita lebih dalam. Berikan tanggapan secara wajar, jangan menilai atau menasihatinya bila tidak diminta.

BACA JUGA:  9 Cara Mencintai Pekerjaan Agar Kamu Lebih Cepat Sukses

2. Berstrategi itu perlu

Dalam lingkungan kantor, kerap kita lihat seseorang yang bisa bergaul dengan siapa saja, dari kalangan atas sampai dengan OB.

Apa yang dimiliki orang tersebut sehingga begitu ‘dicintai’ oleh lingkungannya? Apakah orang-orang di lingkungannya benar-benar merasa nyaman berinteraksi dengannya, ataukah ada hal lain yang menyebabkan hubungan timbal balik yang begitu erat terjadi?

Dari pengamatan, orang-orang yang berpengaruh dan sukses dalam berkarier ini biasanya memang bukan hanya berstrategi, tapi mereka juga memoles dirinya.

Mereka tahu bagaimana berhubungan dengan atasan di kantor, mendekati rekan kerja, dan bersikap down to earth ke bawah.

Menurut Dr. Sharon Toker dari Tel Aviv University, selama hari kerja, kita tidak punya banyak waktu bertemu teman di luar kantor. Maka tempat kerja harus menjadi tempat yang bisa diandalkan untuk mendapatkan dukungan emosional.

Bayangkan apabila suasana pertemanan di kantor tidak menyenangkan, sikut-sikutan antar rekan kerja, perasaan takut pada atasan, dan OB yang selalu menunjukkan muka masam apabila kita mintai pertolongan?

Sebenarnya kitalah yang dapat menciptakan suasana itu. Untuk bisa sukses dalam berkarier, kita tak boleh hanya sibuk meminta dan menuntut orang lain agar mengerti kita, tapi tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, apakah saya sudah cukup mengerti orang lain? Apakah saya hadir bila dibutuhkan? Apakah saya cukup terbuka pada atasan?

BACA JUGA:  4 Tipe Pekerja yang Selalu Ada di Setiap Kantor - Kamu Termasuk yang Mana?

Bila semua hal itu sudah kita lakukan, berarti kita sudah membuka diri sepenuh hati. Lambat laun lingkungan akan merespons, kemudian kita akan merasakan betapa kita merasa beruntung, nyaman, dan happy berada di lingkungan yang sekarang ini.

3. Sadar posisi dan perasaan orang lain

Hampir di semua perusahaan menempatkan team work sebagai syarat teratas yang harus dimiliki oleh karyawannya. Saling peduli, respect dan trust adalah elemen yang tidak terpisahkan jika kita ingin sukses dalam berkarier.

Beri kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapat dan perasaannya, adalah salah satu sikap respek yang berkualitas. Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa kita menganggap mereka penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf jika salah, dan tepatilah janji.

Tempatkan diri kamu sebagai orang yang bisa diandalkan, namun sesekali tunjukkan bahwa kamu juga membutuhkan orang lain. Kalau kamu merasa tidak membutuhkan orang lain, maka rekan-rekan kerja juga tidak akan membutuhkanmu. Namun, apabila situasi saling butuh tercipta, trust akan muncul. Trust memang tidak bisa dilakukan secara instan.

Bagimana trust ditumbuhkan? Selalu berkata jujur, tekankan keterbukaan dan jangan ragu memberikan kontribusi optimal pada pekerjaan, tim dan perusahaan. Inilah yang menjadi kunci untuk sukses dalam berkarier. Tanggung jawab akan penyelesaian pekerjaan dan pengambilan keputusan akan meningkatkan kepercayaan orang lain padamu, girls.

Dalam perusahaan apa pun, kita akan bisa eksis dan sukses dalam berkarier kalau kita pandai bergaul namun tetap memiliki kontribusi signifikan terhadap perusahaan.

BACA JUGA:  Berani Negosiasi Gaji? Inilah 3 Langkah yang Bisa Kamu Ambil

Sukses seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain performance kerja prima, attitude yang baik, serta skills dan knowledge yang cukup. Orang yang pandai bergaul namun tidak menunjukkan kinerja yang baik tentunya lambat laun akan mendapatkan teguran. Kehebatan kita dalam bekerja, adalah merupakan modal agar kita diperhitungkan dalam lingkungan perusahaan.

Langkah selanjutnya untuk bisa sukses dalam berkarier tinggal mengasah cara meningkatkan interpersonal relationship, mendekati atasan, rekan kerja, dan orang-orang penting di sekitar perusahaan.

So, siap eksis di kantor dan sukses dalam berkarier now, girls?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: