Cari Kerja? Jangan Lupakan 4 Hal Terpenting untuk Menjadi Job Seeker Berkualitas Ini!

BICARAPEREMPUAN.COM – Hai, girls! Kamu sudah lulus kuliah, dan sekarang lagi cari kerja? Sudah melamar pekerjaan ke mana saja? Banyak ya, dan semua belum ada yang memberikan kabar baik untukmu?

Hmmm. Kalau begitu, mulai sekarang ubahlah pola pikirmu, girls. Kalau mau cari kerja, gimana kalau perusahaan saja yang mengincar kamu, bukan sebaliknya.

 

Berikut 4 hal penting yang tak boleh kamu lewatkan untuk menjadi seorang job seeker berkualitas, dan ingin cari kerja dengan sukses

 

Cari kerja? Buatlah dirimu yang dicari oleh perusahaan.
Cari kerja? Buatlah dirimu yang dicari oleh perusahaan. Image via Genesis Search Group
  1. Pengalaman berorganisasi

Memiliki pengalaman berorganisasi selama masih kuliah merupakan nilai plus. Perusahaan akan melihat kamu sebagai seseorang yang mampu bersosialisasi dan mampu menyikapi suatu masalah dengan baik.

Jadi, pastikan kamu mencantumkan semua pengalaman organisasimu–apalagi kalau ada yang berhubungan dengan bidang kerja perusahaan yang kamu minati. Dan, jika kamu sekarang belum lulus kuliah, nah, berarti kesempatan kamu untuk memperbanyak terlibat organisasi, girls.

Pastikan organisasinya memang yang positif ya, dan bisa mendukung karier kamu kelak.

 

  1. Pengalaman di bidang akademik

Pengalaman bidang akademik ini nggak kalah pentingnya dari pengalaman organisasi buat kamu yang lagi cari kerja, girls.

BACA JUGA:  6 Cara Menghadapi Bos Killer Agar Pekerjaan Kamu Lebih Lancar

Yes, bagi para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, nggak ada salahnya menonjolkan kemampuan kamu jika pernah melakukan penelitian atau mengikuti lomba tertentu. Atau mungkin kamu juga pernah menjadi asisten dosen? Jangan lupa untuk cantumkan hal ini di CV kamu.

Buat yang belum lulus, hayo, coba deh cari-cari informasi mengenai berbagai lomba untuk mahasiswa yang bisa kamu ikuti. Bakalan berguna banget buat diri kamu sendiri nantinya.

 

  1. Promosi optimal lewat CV dan interview

Nah, setelah semua pengalaman berharga dan keterampilan sudah kamu cantumkan dalam sebuah CV yang menarik, maka lankah berikutnya adalah mempromosikan diri dengan menarik juga saat sesi interview tiba.

Jika keduanya nggak seimbang, maka perusahaan pun nggak akan melirik kamu, girls.

 

  1. Berpenampilan bersih dan menarik

Saat menjalani sesi interiew, first impression itu sangat menentukan, di samping CV kamu. So, kamu harus berpenampilan bersih dan menarik. Kenakan pakaian yang nyaman dan nggak mengganggu gerakmu.

Tapi nggak perlu juga berlebihan ya. Tampil saja apa adanya dirimu sendiri, namun pastikan kamu bersih dan wangi, yes?

BACA JUGA:  9 Strategi Sukses Presentasi Buat Kamu, Perempuan Kreatif!

 

Nah, sudah siap cari kerja dan bersaing dengan jutaan pencari kerja yang lain, baik secara online maupun offline? Good luck, girls!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.