Kesehatan

Kondisi Kesehatan Mulut Kamu Bisa Jadi Sinyal dan Awal Timbul 5 Penyakit Berbahaya Ini!

Jangan abai, girls! Kondisi kesehatan mulut kamu bisa jadi sinyal kondisi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan lo!

BICARAPEREMPUAN.COM – Girls, jika kamu sering mengalami sakit gigi dan sakit gusi, maka waspadalah!

Jangan diabaikan, karena dalam kondisi dan situasi tertentu, kondisi kesehatan mulut ini bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit lain. Nggak percaya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

5 Keluhan Penyakit yang Ternyata Berawal dari Kesehatan Mulut yang Diabaikan

Mengatasi Bibir Hitam - kesehatan mulut

Migrain

Kamu sering mengalami migrain? Keluhan migrain atau sakit kepala sebelah biasanya disebabkan adanya masalah pada gigi bungsu (wisdom tooth).

Beberapa orang baik-baik saja dengan kehadiran gigi bungsu, namun nggak sedikit pula orang yang bermasalah. Ada beberapa problem saat gigi bungsu ini tumbuh, tapi yang biasanya menjadi penyebab migrain adalah ketika gigi tersebut tumbuh miring.

Karena posisinya tidak tepat, dia cenderung mendorong gigi di depannya. Akibatnya, syaraf pada gigi terganggu hingga menjalar ke syaraf di kepala. Tidak jarang sakit pada gigi ini menjalar sampai ke pundak.

So, coba deh, buat kamu yang sering mengalami migrain, cobalah untuk memeriksakan kondisi kesehatan mulut kamu ya. Semoga masalah kesehatan mulut yang kamu alami tak terlalu parah.

Sinusitis

Penyakit yang ternyata ada hubungannya dengan kesehatan mulut lainnya adalah sinusitis.

BACA JUGA:  10 Makanan Kaya Serat untuk Bantu Pencernaan Sehatmu

Dilihat letaknya, gigi dan salurannya berhubungan dengan THT (telinga hidung tenggorokan). Salah satunya adalah gigi atas bagian depan yang berdekatan dengan rongga sinus.

Rongga sinus ini seharusnya adalah sebuah ruang kosong. Bila gigi di bagian ini mengalami infeksi, maka infeksi yang menjalar ke dalam akan membawa bakteri ke rongga sinus.

Kuman dapat berkembang dan menyebabkan infeksi, sehingga terjadilah sinusitis (peradangan, atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus).

Sakit rahang

Penyebabnya sih beragam, girls. Pertama, ada beberapa orang yang terlahir dengan kondisi rahang yang memang kurang sempurna. Gigitan, yaitu pertemuan antara gigi bagian atas dan gigi bagian bawah tidak pas.

Nah, gigitan ini ada polanya, girls. Kalau gigitan tidak ideal, maka bisa menyebabkan terjadinya trauma sendi. Kalau sudah parah, untuk membuka dan menutup mulut saja sulit. Duh. Nggak kebayang deh, kalau makan mesti gimana.

Kedua, adalah broxism. Ini adalah kondisi gigi bagian atas dan bawah beradu hingga menimbulkan suara gemeretak. Biasanya sih terjadi saat kita tidur tuh, girls. Tekanan yang ditimbulkan oleh keadaan ini sangat berat sehingga bisa menimbulkan trauma sendi rahang.

Namun, konon, khusus untuk kasus broxism ini lebih tepat ditangani oleh psikiater, girls, karena hubungannya lebih banyak ke kejiwaan.

BACA JUGA:  Kecanduan Minum Kopi? Ini Dia 6 Cara untuk Menghilangkannya

Penyebab ketiga adalah kebiasaan buruk suka iseng menggosok-gosokkan bagian atas dan bawah gigi dengan sengaja. Ketiga kasus tersebut selain membuat gigi aus, juga dapat membuat rahang menderita.

Jadi, coba deh, kamu yang punya kebiasaan buruk ini dihentikan ya? Khusus buat yang mengalami broxism, coba juga untuk mencari bantuan, agar tak semakin parah.

Peradangan katup jantung

Ancaman kesehatan mulut yang paling serius sebenarnya adalah infeksi pada gusi.

Kalau diteliti, dalam gusi ada banyak pembuluh darah. Akibat terjadi peradangan gusi, maka pembuluh darah akan terbuka lebih lebar.

Hal ini mengakibatkan bakteri dengan mudah masuk ke pembuluh darah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Jika bakteri tersebut menempel pada katup jantung, maka dia akan menempel di dinding pembuluh darah seperti plak. Terjadilah penyumbatan yang kemudian menyebabkan peradangan.

Duh, kalau kamu sekarang punya masalah gusi, maka segera deh periksa ke dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat.

Risiko bayi lahir prematur atau kurang berat pada ibu hamil

Masalah kesehatan mulut juga menjadi hal serius pada ibu hamil. Jadi, kalau ada di antara kamu yang barangkali mau menjalankan promil, sebelum benar-benar hamil, ada baiknya kamu periksa dulu kesehatan mulut kamu ke fasilitas kesehatan terdekat.

BACA JUGA:  Kerja Malam? 4 Tip Ini Akan Jaga Kamu Tetap Sehat

Beberapa penelitian menyebutkan, ibu hamil dengan kondisi kesehatan mulut yang buruk bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau kurang berat, atau berat badan lahir rendah.

Selain itu, pada ibu hamil juga terjadi perubahan hormon, yang akan menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif. Ketika gusi kotor, bakteri bisa masuk ke pembuluh darah dan akhirnya memengaruhi kelahiran.

Nah, sekarang sudah tahu kan, betapa seriusnya ancaman pada kesehatan mulut ini kalau sampai diabaikan?

Yuk, segera cek kesehatan mulut kamu sebelum terlambat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: