Siapkan Dana Pensiun Sendiri dengan Investasi! Ikuti Tipnya Yuk!

BICARAPEREMPUAN.COM – Siapa yang mau punya masa pensiun bahagia, bisa tetap senang-senang tanpa memikirkan biaya hidup yang kurang? Semua orang juga mau ya? Kamu juga kan, girls? Sudah punya dana pensiun belum?

Sudah pernah membayangkan belum, bakalan seperti apa kondisi kita secara finansial di masa pensiun nanti? Kondisi seperti apa sih yang kamu inginkan?

Pastinya kamu berharap yang baik-baik ya? Dan, seharusnya kamu juga sadar bahwa kondisi finansial di masa pensiun yang baik itu nggak akan terjadi begitu saja. Butuh perencanaan dan persiapan matang jauh sebelumnya.

Makanya, penting banget nih kita tahu apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan dana pensiun ini, dan kita harus memulainya sejak sekarang. Kalau menabung biasa aja sepertinya bakalan lama terkumpulnya, girls, sepertinya kamu mesti investasi.

Dan, untuk bisa sukses berinvestasi, kamu mesti tahu beberapa rambu yang harus mulai kamu taati sedari sekarang, yaitu kamu mesti tahu tujuan kamu berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun, disiplin, konsisten dan berhati-hati dalam memilih jenis investasinya.

Kita coba lihat per stage of life kita di usia 20-an, 30-an dan 40-an yuk!

 

Serba-serbi investasi untuk siapkan dana pensiun sesuai tahapan usia

 

Begini Cara Hidup Hemat demi Menambah Tabungan

Investasi siapkan dana pensiun di usia 20-an

Mumpung kita masih usia 20-an, seharusnya memang kita sudah harus mulai berinvestasi sejak sekarang. Kita bisa mengambil investasi yang sifatnya agresif, meskipun ya boleh saja kalau kamu memilih jenis konservatif.

Mengapa? Karena kita masih punya kesempatan panjang ke depan, sehingga, jika seandainya investasi kita jatuh secara signifikan, kita masih bisa bangkit lagi dengan relatif mudah untuk mulai investasi lagi.

BACA JUGA:  Siapkan Dana Darurat Kamu Sendiri Yuk, Girls!

Biasanya jenis portofolio investasi saham, campuran, dan sedikit obligasi digemari oleh mereka yang seusia kita, girls.

Orang-orang di usia 20-an ini punya kecenderungan untuk impulsif. Kadang kita maunya investasi karena kita suka dengan investasi tersebut, atau suka dengan cara-cara investasi tersebut diperkenalkan. Kita juga lebih konsumtif karena biasanya banyak dari kita yang baru saja punya penghasilan sendiri. Mau menabung secara ketat juga susah, lantaran pengelolaan keuangan kita masih berantakan.

Karena itu, investasi yang cocok adalah dengan menabung kecil-kecilan, seperti di reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap. Kalau kamu punya dana yang agak banyak, Rp5 juta misalnya, kamu bisa coba Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

Selain reksadana, kamu juga bisa memilih investasi properti. Perhitungkan dengan baik, bahwa uang muka untuk properti biasanya 30%. Usahakan dana DP yang bukan pinjaman untuk membayarnya.

Beberapa pro tip berinvestasi untuk siapkan dana pensiun buatmu:

  • Manfaatkan program bank di mana uang tabungan langsung dipotong rekening dalam jangka waktu tertentuh.
  • Lihat tujuan yang ingin dicapai, lalu sesuaikan dengan jenis investasinya.
  • Mengertilah akan karakter dirimu sendiri.¬†Apakah kamu termasuk tipe karakter yang mudah panik? Kalau begitu, hati-hati agar saat mulai investasi, karena tidak sabar atau panik, kamu lalu main jual saja.

 

Investasi siapkan dana pensiun di usia 30-an

Orang-orang di rentang usia ini biasanya sudah berkeluarga, lengkap dengan buah hati masing-masing, sehingga biasanya kebutuhan anaklah yang menjadi prioritas.

BACA JUGA:  Siapkan DP Rumah Sejak Usia Muda? Bisa Banget, Begini Caranya!

Kecenderungan lainnya, hanya sedikit juga orang-orang di usia ini yang sudah memikirkan untuk punya usaha sendiri, dan kemudian menyiapkan dana pensiun. Hal ini dikarenakan biasanya mereka juga lebih sulit menabung karena adanya kebutuhan keluarga baru yang sangat besar.

Maka, yang terpenting untuk kita lakukan di usia ini adalah mencari tambahan pemasukan, selain gaji rutin yang kita terima setiap bulan. Jadi, persiapkanlah sejak sekarang, girls.

Kalau kebetulan kebutuhan keluarga sudah dapat dipenuhi dan masih ada sisa uang, maka paling baik adalah menginvestasikannya dalam bentuk tabungan saja. Disimpan dalam bentuk ORI atau Sukuk yang bunganya di atas bunga deposito, misalnya.

Kalau dimasukkan ke dalam ORI, maka Mama akan mendapatkan hasilnya setiap bulan. Saat ORI berakhir, uang awalnya akan dikembalikan dalam jumlah yang sama.

Namun, jika kamu mau yang lebih aman, investasi properti tetap merupakan pilihan terbaik. Kamu bisa pilih mau investasi rumah ataupun apartemen. Pilihlah yang punya lokasi, developer, dan faktor-faktor lain yang baik ya. Kamu juga bisa memikirkan untuk menyewakan apartemen itu, girls.

Hasil yang didapat dari investasi apartemen per tahun berkisar antara 20-30%, jauh lebih besar ketimbang ORI ataupun Sukuk. Hanya saja lebih tidak likuid, dalam artian nggak mudah dijual.

 

Investasi siapkan dana pensiun di usia 40-an

Semakin tua usia seseorang, investasi yang diambil sebaiknya yang lebih konservatif atau tanpa risiko tinggi, lantaran usia yang tak semakin panjang.

BACA JUGA:  Memperbesar Limit Kartu Kredit? Bisa, Begini Caranya!

Seandainya kamu masih ingin berinvestasi di usia ini, yang penting, jangan mudah tergiur investasi dengan janji return atau bunga besar dalam waktu yang singkat. It’s just too good to be true, dan¬† itu pasti bohongan. Investasi yang aman bisa dipastikan bunganya kecil, girls.

Investasi properti tetap menjadi pilihan terbaik. Bisa juga memilih jenis investasi konservatif lainnya, seperti logam mulia, atau tabungan lain yang kecil risikonya.

Orang-orang di rentang usia ini juga biasanya sudah punya networking dan relasi yang matang, sehingga sudah oke banget kalau mau buka usaha. Kalau masih belum berani akan risiko bisnis sendiri, cobalah peluang usaha waralaba yang sudah sukses. Lakukan riset mengenai usaha yang bersangkutan, meliputi reputasi pemilik, peluangnya, manajemen, dan lain-lain.

 

Nah, girls, semoga setelah membaca artikel ini sekarang, kamu makin siap nih berinvestasi untuk siapkan dana pensiun kamu sendiri. Mumpung energi masih full, otak juga masih fresh, sekaranglah saatnya kamu menata masa depan kamu sendiri.

Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.