Kesehatan

Diet atau Olahraga? Mana yang Paling Efektif untuk Tubuh?

Mana sih yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh? Diet atau olahraga?

BICARAPEREMPUAN.COM – Lagi diet, girls? Tujuan dietmu apa? Pengin menurunkan berat badan? Atau sekadar mempertahankan bentuk tubuh yang memang sudah aduhai? Wow! Atau ada tujuan lain?

Kadang bingung nggak, sih, sebenarnya diet atau olahraga ya yang akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan tubuh? Well, kalau idealnya sih, kalau bisa ya dua-duanya dijalanin. Kan enggak ada salahnya? Iya nggak, girls? Iya dong!

Tapi, tahukah kamu, bahwa sebenarnya masing-masing program diet atau olahraga tuh masing-masing punya porsi dan efek yang berbeda lo untuk setiap tujuan, meski keduanya sama-sama menyehatkan.

Nah, berikut ini ada saran para ahli nih, yang mana yang lebih tepat kita lakukan yang sesuai dengan tujuan kita dalam menyehatkan tubuh.

Diet atau Olahraga? Tergantung Tujuannya!

Diet atau Olahraga: Meningkatkan kepercayaan diri dengan membentuk tubuh ideal

Diet atau Olahraga? Mana yang Paling Efektif untuk Tubuh?

Cara paling efektif: olahraga

Melakukan olahraga secara rutin memang merupakan cara ampuh untuk memangkas bobot tubuh. Seenggaknya kalau kita berolahraga minimal 20 menit setiap harinya hingga berkeringat, meski tujuannya untuk mood booster, itu akan membuat tubuh kita bertahan pada bentuk ideal bahkan akan membentuk otot-otot yang sedap dipandang.

BACA JUGA:  Mau Punya Pola Hidup Sehat, Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Apalagi, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Vermont, olahraga menjadi cara paling efektif untuk mengatasi depresi, dan membawa perubahan di otak sehingga kuat menghadapi stres.

Dan ini tentunya baik untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu, girls.

Diet atau Olahraga: Menurunkan berat badan

Menjaga Berat Badan, Perhatikan 9 Prinsip Diet Berikut!

Cara paling efektif: Diet

Menurut Timothy Church, M.D., Ph.D., Director of Preventive Medicine Research dari Pennington Biomedical Research Center di Lousiana State University, jauh lebih mudah untuk memangkas 500 kalori dari asupan makanan ketimbang menghabiskan waktu di gym selama 1 jam untuk membakar 500 kalori setiap hari. Nah loh.

Bagaimana menurutmu, girls? Setuju enggak dengan pernyataan Timothy Church ini?

Well, sebenarnya, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa diet dianggap cara paling tepat untuk mengecilkan ukuran baju maupun celana, girls.

Lebih lanjut dijelaskan juga, bahwa 1 pon berat badan itu setara dengan 3500 kalori. Jadi kalau kamu pengin mengurangi bobot tubuh sebanyak 1 pon setiap minggunya, maka kamu harus harus mengurangi asupan makanan sebesar 500 kalori tiap hari.

BACA JUGA:  Diet Sehat Berdasarkan Zodiak Ini Bisa Kamu Coba Supaya Tubuhmu Lebih Nyaman!

Tapi, penting nih untuk diingat, girls, bahwa jangan pernah mengurangi asupan kalori hingga di bawah 1.200 kalori tiap hari ya, karena akan memperlambat metabolisme tubuh.

Kalau kamu sampai ‘setega’ itu mengurangi jumlah kalori sebagai asupan energi tubuh, yang ada, kamu malah lemes alih-alih turun berat badan dan sehat.

Diet atau Olahraga: Mencapai berat badan tertentu dan mempertahankan berat badan ideal

Mau Punya Pola Hidup Sehat, Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Cara paling efektif: Diet dan olahraga

Shawn M. Talboot, Ph.D., seorang nutricional biochemist, mengatakan bahwa aturan yang tepat untuk mencapai target berat badan tertentu adalah 75% diet dan 25% olahraga.

Kombinasi olahraga dan diet menjadi sangat baik dilakukan jika kamu pengin mencapai berat badan ideal.

Setelah mencapai berat badan yang diinginkan, maka kemudian harus kamu lanjutkan dengan olahraga secara rutin. Olahraganya bisa lari, berenang dan jenis-jenis kardio lainnya.

Diet atau Olahraga: Boost energi

Beberapa Variasi Olahraga di Treadmill Supaya Kamu Tak Bosan
Beberapa Variasi Olahraga di Treadmill Supaya Kamu Tak Bosan. Image via Aaptiv

Cara paling efektif: olahraga

Kelebihan berat badan bisa membuat kita mudah ngantuk, lemas dan nggak berenergi. Iya nggak, girls?

BACA JUGA:  5 Jenis Sayuran Ini Ternyata Nggak Sesehat yang Kita Kira!

Nah, untuk mengembalikan energi tubuh, saran terbaik adalah dengan olahraga rutin. Olahraga bisa membuat otak mengalirkan neurotransmitter yang membuat kita lebih segar, misalnya seperti dopamin dan norepinefrin.

Nah, jadi mana tujuan sehatmu, girls?

Sesuaikan kebutuhan kamu dengan cara yang paling efektif seperti di atas ya? Mau diet atau olahraga, dua-duanya memang menyehatkan. Paling gampang, ya, lakukan keduanya supaya kamu semakin sehat dan bugar.

Selamat hidup sehat, girls!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: