Kesehatan

10 Diet Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan Gara-Gara Kelamaan #DiRumahAja

Banyak yang mengalami kenaikan berat badan setelah lama di rumah. Sekarang, waktunya menurunkan berat badan!

BICARAPEREMPUAN.COM – Kehidupan selama karantina mandiri memang kadang-kadang menantang, baik secara mental maupun fisik. Kegiatan kamu hanya makan lalu tidur, and repeat.

Alhasil membuat berat badan semakin naik.

But, girls. Kamu seharusnya tidak perlu merasa sedih tentang kenaikan berat badan karena banyak menghabiskan waktu di rumah aja. Ini hanya “efek samping”, sedangkan kamu pasti punya tujuan penting yaitu demi ikut mengurangi peluang semakin tersebarnya virus corona.

So, jangan sedih dulu, girls, berikut ini ada cara 10 diet yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan karena kegiatanmu hanya di rumah aja. Yuk, cek dulu apa saja dietnya.

Diet untuk Menurunkan Berat Badan Selama #DiRumahAja

10 Diet Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan Gara-Gara Kelamaan #DiRumahAja

1. Penghitungan Kalori

Kebanyakan kenaikan berat badan yang dialami selama self quarantined disebabkan oleh peningkatan asupan kalori. Biasanya ini karena kamu mengemil ekstra dan menambah jumlah makanan.

Asupan kalori harian yang direkomendasikan rata-rata untuk orang dewasa yang sehat adalah antara 1500-2000. Jika kamu telah melebihi kisaran ini, catat jumlah kalori makananmu, girls, dan coba kurangi menjadi sekitar 1500 kalori saja.

Dengan cara ini kamu dapat memastikan berapa nutrisi dan kalori yang kamu butuhkan untuk menjaga kesehatan dan energi yang dibutuhkan tubuhmu.

2. Lakukan Diet Mediterania

Jika menghitung kalori tampaknya tidak berhasil untuk menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba dengan diet Mediterania.

Diet Mediterania adalah diet yang sangat sehat, enak dan efektif yang merupakan alternatif yang baik. Dengan diet Mediterania, kamu masih bisa makan daging, susu, dan anggur, tetapi dengan cara yang terkontrol dan seimbang.

Diet Mediterania memungkinkanmu untuk mengonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam dan ikan. Kamu juga bisa mengonsumsi banyak sayuran yang bergizi, biji-bijian dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:  7 Akibat Stres Beserta Tanda dan Level Stress yang Harus Dikenali

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Buah Apel: Khasiat dan 5 Cara Memilihnya

3. Plant base diet/diet makanan nabati

Diet alternatif sehat lain yang bisa menurunkan berat badan adalah diet nabati.

Diet ini cukup efektif karena akan memenuhi semua kebutuhan nutrisimu. Diet ini juga dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan. So, akan jadi ide yang bagus jika kamu berpikir untuk menurunkan berat bada dengan beralih ke diet makanan nabati.

Kamu enggak tahu harus mulai dari mana? Cara terbaik adalah dengan perlahan melakukannya. Mulailah dengan membatasi produk susu dan telur, makan daging hanya untuk beberapa kali dalam seminggu, dan mulai mengonsumsi lebih banyak kalori kacang-kacangan, biji-bijian utuh, dan sayuran untuk makananmu setiap hari.

Mempertahankan pola makan nabati dari waktu ke waktu akan membuatmu tetap sehat dan langsing.

Oh iya, sekarang sudah banyak juga restoran yang menyediakan menu plant based. Jadi kamu enggak perlu pusing, kalau bosan dengan menu diet plant based buatan sendiri. Banyak alternatif!

4. Tambahkan Lebih Banyak Serat

Ini bisa dibilang bukan diet sih, tetapi seperti nge-”hack” to your daily intake.

Serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan, oatmeal, kacang-kacangan, bekatul, dan gandum memiliki banyak manfaat kesehatan yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Untuk satu hal, serat akan membantu memberi makan bakteri ususmu loh, girls, dan mengurangi peradangan, yang akan mempercepat proses pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Serat juga merupakan penekan nafsu makan alami.

Diet Sehat Alami, Jangan Percaya 5 Hoaks Diet Ini!

5. Intermittent Fasting

Intermittent Fasting adalah jadwal makan dengan menggunakan siklus tertentu antara periode puasa dan kemudian makan.

BACA JUGA:  9 Karya Seni untuk Menambah Kreativitas Selama di Rumah Aja

Cara menurunkan berat badan ini akan memberimu semua kalori yang dibutuhkan, tetapi akan membantu tubuh untuk belajar bagaimana mengontrol pencernaan dan kadar gula darah guna meningkatkan metabolisme tubuh.

Ada beberapa interval waktu untuk puasa intermiten yang dapat kamu pilih, tetapi yang paling umum adalah puasa selama 16 jam dan kemudian makan semua makanan selama periode waktu 8 jam. Cara termudah untuk menyelesaikan diet ini adalah menyelesaikan makan malam pada jam-jam awal sehingga sebagian besar periode puasa 16 jam mu terjadi pada malam hari ketika kamu tidur.

6. Diet DASH

DASH adalah singkatan dari “Dietary Approaches to Stop Hipertensi”. Tetapi diet ini tidak berarti bahwa hanya untuk mengendalikan hipertensi saja loh, girls. Ini juga merupakan diet yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Diet DASH mirip dengan diet Mediterania, namun lebih efektif karena kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, tetapi rendah daging dan produk susu.

Selama ini, diet ini menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan yang baik, dan juga bagus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3 Aplikasi Mobile untuk Panduan Diet Sehat

7. Diet Rendah Karbohidrat

Sebagian besar kenaikan berat badan berasal dari karbohidrat dan gula yang ekstra. Cara sederhana untuk meminimalkan penambahan berat badan adalah dengan mengurangi karbohidrat.

Kurangi atau hindari makanan bertepung, seperti pasta, roti, pizza, pancake, kue kering, dan lain-lainnya, dan ganti dengan daging tanpa lemak, telur, dan sayuran berdaun.

8. Kurangi Lemak

Mengurangi lemak yang dikombinasikan dengan olahraga adalah cara lain yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Makanan tinggi lemak memperlambat metabolisme tubuh, dan menyebabkan sel mengubah energi berlebih menjadi lemak. Cegahlah agar hal ini dengan mengurangi makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, makanan olahan, dan daging yang diawetkan.

Contoh Menu Diet Sehat dan Mudah dengan Kalori Terkontrol Saat Makan Siang

9. Batasi Porsi Makan

Tubuhmu kemungkinan besar tidak membutuhkan makanan sebanyak yang kamu pikirkan. Cegah agar hal ini tidak terjadi dengan tetap berpegang pada satu porsi per makan ya, girls.

BACA JUGA:  5 Resep Smoothie Sehat Ala Food Combining

10. Kontrol Emosi untuk Makan

Selama masa pandemi dan berada di rumah aja, keinginan untuk makan biasanya sangatlah besar, terutama makanan yang tidak sehat. Kamu mungkin tergoda untuk beralih ke makanan yang membuat mood bagus di saat kamu sedang stres atau bosan.

Untungnya, ada langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk meminimalkan hal ini terjadi.

Pertimbangkan mengatasi masalah “ngidam” ini, berlatihlah untuk menghilangkan stres atau menemukan cara lain untuk melawan kebosanan. Ini akan membantu mengalihkan perhatian kamu agar tidak berlebihan makan. Kamu juga dapat menghilangkan godaan dengan menyimpan camilan sehat di rumah.

Sedikit kenaikan berat badan selama karantina adalah normal, tapi kalau kebanyakan membuat tidak sehat juga bukan?

Motivasilah diri sendiri untuk mengurangi berat badan. Kamu bisa mempertimbangkan tip yang aman dan terbukti di atas ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: