Mau Diet Sehat? Ini Dia 3 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kamu Variasikan Sendiri!

BICARAPEREMPUAN.COM –┬áSedang menjalankan diet sehat, girls? BiPer saranin, jauhilah nasi putih, dan segera cari pengganti nasi yang lain. Kenapa? Karena nasi mengandung indeks glikemik yang tinggi.

Apa itu indeks glikemik?

Indeks glikemik atau glycemic index (GI) adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah oleh tubuh. Semakin tinggi GI suatu makanan, maka semakin besar dampaknya terhadap kenaikan gula darah.

Gula darah naik berpotensi menimbulkan berbagai penyakit, termasuk obesitas. Kadar normal GI adalah di bawah 70. Sementara GI pada nasi mencapai 88-89. Nah, banyak kan lebihnya?

Nah, makanya, BiPer sarankan untuk mengurangi nasi putih nih, kalau memang kamu pengin diet sehat dan mempertahankan postur tubuhmu sekarang. Meskipun kamu orang Indonesia, yang katanya kalau belum makan nasi rasanya belum afdal, tapi demi kesehatan kamu harus bisa mengubah mindset ini. Demi apa? Demi diet sehat untuk berat badan yang stabil di angka ideal dong!

Banyak kok makanan lain yang bisa dipilih sebagai pengganti nasi, girls. Beberapa di antaranya, BiPer sebutkan di sini nih. Bukan hanya kadar GI lebih rendah ketimbang nasi, beberapa bahan di bawah ini sangat baik lo dijadikan pengganti nasi untuk variasi menu bekal kamu ke kantor kalau kamu mau.

BACA JUGA:  5 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Kekinian tapi Ramah di Kantong

 

3 Bahan makanan pengganti nasi dengan GI rendah untuk variasi menu diet sehatmu

 

Resep Praktis: Spaghetti Saus Kecap Asin Jepang

1. Pasta

Indeks GI pasta hanya 4,1. Hampir sama dengan buah pir. Pasta mengandung tinggi asam folat, rendah lemak, bahkan kandungan glukosanya lebih rendah dari berbagai jenis roti.

Hanya saja kamu harus pilih saus yang sehat ya, girls, untuk menjadikan pasta menjadi pengganti nasi dalam menu diet sehat kamu. Buatlah saus tomat sendiri yang diberi bumbu segar, dan bukan saus kemasan.

 

2. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Bahan pengganti nasi satu ini juga mengandung vitamin B, serat, dan mineral. Pigmennya bagus untuk mata dan paru-paru.

Penting nih, girls. Pilihlah jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida. Kalau kamu pengin menjadikannya sebagai bekal ke kantor, kamu bisa membawa jagung rebus sebagai pengganti nasi yang disantap dengan lauk. Atau, dijadikan bahan sup.

 

3. Kentang

Bahan yang satu ini mengandung pati resisten yang bisa membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Artinya, lama dicerna dan diserap yang memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Yes, makanya kentang selalu ada dalam menu diet sehat kan?

BACA JUGA:  5 Dampak Makanan Manis dan 5 Tip Supaya Kamu Tidak Kecanduan Gula

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium dan serat yang tinggi, girls.

Masukkan kentang dalam sup, atau direbus sebagai pengganti nasi. Bisa juga dilumatkan menjadi mashed potato yang lezat. Tapi, hindari kentang goreng ya, girls.

 

Nah, kan, nggak harus makan nasi lagi kalau mau afdal? Diet sehat kamu akan terjaga dengan baik deh kalau begini caranya.

Selamat melanjutkan diet ya, girls! #Menujulangsing2019, semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.