Karakter

Dijauhi Teman? That’s Painful! 7 Kemungkinan Alasan dan Apa yang Harus Dilakukan?

Dijauhi teman satu per satu? Well, mungkin ini waktunya kamu melakukan introspeksi diri.

BICARAPEREMPUAN.COM – Awalnya kamu mempunyai banyak teman yang bisa diajak saling bercerita atau sekadar nongkrong bareng di coffee shop. Sayangnya, lama-lama teman-teman tersebut mulai sering menolak ajakanmu.

Parahnya lagi, mereka mengunggah foto di media sosial sedang jalan-jalan tanpa kamu ketahui.

Ouch. Tampaknya kamu benar-benar sedang dijauhi teman nih. Apa yang terjadi? Ada yang salahkah? Being excluded from an outing with your friends can be a real bummer. Well, mungkin salah satu penyebabnya ada di dalam daftar berikut.

7 Alasan Kamu Dijauhi Teman

Dijauhi Teman? That's Painful! 7 Kemungkinan Alasan dan Apa yang Harus Dilakukan?

1. Too Clingy

Sikap seperti ini tentu saja bikin kamu dijauhi teman, karena kamu banyak menyita waktu mereka agar selalu bersama kamu setiap waktu.

Clingy behavior ini misalnya mengharapkan teman mengajak kamu dalam setiap kesempatan, merasal kesal ketika ada yang membicarakan kebaikan teman lainnya. Atau bisa saja kamu selalu mengikuti teman kamu ke mana saja dia pergi, karena merasa kalian berteman baik.

Well, sebenarnya nggak gitu juga sih, girls. Setiap orang butuh ruang gerak masing-masing, tanpa gangguan. Jadi, kamu tak harus mengintil teman setiap waktu. Ada kalanya kalian beraktivitas sendiri-sendiri, and that’s totally ok!

2. Terlalu Egois

Dalam berhubungan dengan orang lain, sebaiknya karakter egois kamu harus dikesampingkan terlebih dahulu.

Hubungan pertemanan yang sehat adalah hubungan pertemanan yang seimbang. Artinya, tak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan atau kurang nyaman.

BACA JUGA:  Jadi Perempuan Mandiri dan Smart, 5 Hal Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Jika kamu terlalu egois, teman bisa merasa tak nyaman dan ini bisa menjadi alasan utama mengapa kamu dijauhi teman.

3. The World is About Yourself

Mungkin kamu tak merasa bahwa apa yang kamu sampaikan semuanya terkesan sombong. Tapi, membanggakan diri sendiri secara terus-menerus dan tidak memberi kesempatan teman-teman lain untuk juga bercerita akan membuat mereka sebal.

Bisa jadi, karena nggak enak sama kamu, mereka memang tak mengritikmu secara langsung. Tapi kemudian yang ada kamu dijauhi teman satu per satu.

4. Kamu Suka Memisahkan Diri

Coba ingat-ingat, girls. Barangkali kamu pernah diajak ngumpul tetapi justru memisahkan diri dari kerumunan? Mungkin kamu malah menyibukkan diri sambil mengerjakan sesuatu atau sedang bersedih karena masalah pribadi.

Kalau benar, bisa saja ini jadi alasan kamu akhirnya dijauhi teman dan mereka pun males ajak kamu ngumpul lagi.

So, girls, jadikanlah quality time bersama teman sebagai waktu untuk benar-benar mengobrol dan jauhkan diri dari gadget. Jika kamu membalas email atau chatting di WhatsApp di tengah obrolan dengan teman akan sangat mengganggu.

5. Super pushy

Kamu mungkin tipe orang yang dominan. Dalam segala kesempatan, kamu ingin selalu menjadi pembuat keputusan.

Misalnya, mau bareng-bareng liburan. Kamu pun memutuskan pergi ke Bali, padahal mungkin teman-temanmu yang lain ada yang punya pilihan sendiri. Alih-alih mendiskusikan untuk mendapatkan jalan tengah, kamu memaksa teman-temanmu untuk liburan ke Bali saja.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Karakter seperti ini bisa membuatmu dijauhi teman. Mereka merasa kurang nyaman berada di samping kamu, girls.

6. Mereka Kira Kamu Nggak Mau Ikutan

Karena kamu terlalu picky atau terlalu sibuk, bisa jadi kamu pun dilupakan. Karena lama-lama teman-teman kamu jengah juga kalau setiap kali diajak, kamu susah ikut. Entah karena nggak ada waktu, atau kamu nggak mau ikut karena tujuan perginya nggak sesuai dengan yang kamu mau.

Kalau kamu ikut ngumpul karena terpaksa, mereka juga bakalan ngerasa, girls. Akhirnya, mereka pun malas untuk mengajakmu ikut ngumpul.

7. Suka Berbohong

Kunci untuk menjaga sebuah hubungan persahabatan adalah kejujuran. Jika kamu mulai berani berbohong–dan mereka terus tahu–maka hal ini pasti akan merusak pertemanan. Nggak heran deh, kamu dijauhi teman.

Lagi pula, sekali berbohong, pasti akan berlanjut dengan kebohongan lainnya. Sekali berbohong, maka teman-teman kamu akan sulit percaya lagi padamu.

Dijauhi teman memang nggak enak. Painful! So, kalau kamu memang saat ini sudah dijauhi teman, maka coba lakukan beberapa hal berikut.

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Dijauhi Teman

Dijauhi Teman? That's Painful! 7 Kemungkinan Alasan dan Apa yang Harus Dilakukan?

1. Menerima Keadaan

Ingatkan pada diri sendiri bahwa penolakan adalah hanya bagian kecil dari kehidupan. Ketika ditolak, orang biasanya akan mencoba untuk mengabaikan perasaan tersebut untuk menghindari rasa sakit.

But, girls, kamu akan merasa lebih baik jika kamu dengan terbuka mau mengakui rasa sakit tersebut. Hal ini akan membantumu mengatasi penolakan.

BACA JUGA:  5 Cara Mencintai Diri Sendiri

2. Tenangkan Diri

Hal seperti ini bisa memengaruhi pikiranmu sehari-hari. Di kantor, barangkali fokus kerjamu juga akan terganggu.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan olah pernapasan dan meditasi untuk menenangkan diri.

3. Positive Self Talk

Gunakan positive self talk untuk memotivasi diri sendiri. Dijauhi teman dapat menyebabkan kamu merasa sedih, sehingga self talk akan sedikit membantu memerangi perasaan negatif yang kamu rasakan.

Lakukan dengan mengatakan pada diri sendiri, “Aku seorang teman yang baik.” Juga, “People like me.” Dan seterusnya.

Lalu, pastikan kamu mengubah sikapmu ya.

Nah, girls. Jangan sedih lagi ya. BiPer tahu, dijauhi teman ini memang menyakitkan. Tapi dunia belum berakhir, dan kamu selalu bisa make new friends!

So, go out now, and find new ones!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: