Kesehatan

9 Fakta dan Mitos Asuransi Kesehatan: Kenali Yuk!

Di masa-masa dengan ancaman wabah penyakit seperti sekarang, asuransi kesehatan menjadi begitu penting.

BICARAPEREMPUAN.COM – Produk asuransi kesehatan sebenarnya sudah ada sejak dulu, tetapi masih banyak orang yang malas untuk memilikinya. Apakah kamu termasuk di antara mereka yang sampai sekarang belum memiliki asuransi?

Salah satu alasan mengapa orang malas untuk memiliki asuransi ini adalah karena banyaknya mitos seputar asuransi yang membingungkan, terutama bagi kita yang memang masih awam mengenai produk dan cara kerja asuransi kesehatan.

Padahal asuransi dapat memberikan perlindungan kepada tertanggung atas risiko yang dapat terjadi dalam hidupmu, girls. So, agar kamu enggak terjebak dengan mitos-mitos yang belum tentu benar, coba deh baca beberapa fakta asuransi kesehatan berikut ini yuk.

9 Fakta Asuransi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Fakta dan Mitos Asuransi Kesehatan: Kenali Yuk!

1. Punya asuransi kesehatan itu kayak mendahului takdir dan mengharap sakit datang. Pamali!

Asuransi kesehatan berfungsi sebagai antisipasi, terutama dalam urusan finansial. Ya, kalau dianalogikan kurang lebih fungsinya seperti payung yang kita bawa lantaran kita melihat langit mendung. Payung kita bawa untuk melindungi diri kita supaya enggak basah terkena air hujan.

Semya orang punya rencana hidup, right? Misalnya menikah, membeli rumah, menyekolahkan anak, sehingga kita butuh memiliki rencana keuangan. Nah, kalau kita sakit, kondisi keuangan bisa terganggu. Di sinilah peran perlindungan asuransi untuk kesehatan ini, yaitu untuk membantu meringankan beban finansial, sehingga rencana keuangan tetap pada jalurnya.

BACA JUGA:  Bikini Wax: Beberapa Hal dan 3 Tip yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Menggunakannya

2. Yang butuh asuransi kesehatan hanya kepala keluarga

FYI, asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan kepada siapa saja, karena risiko terkena sakit itu bisa terjadi pada siapa pun, enggak peduli pria, perempuan, dewasa, anak-anak, ibu rumah tangga, perempuan karier, kepala rumah tangga, hingga lansia.

Ketika anak sakit, misalnya, kan juga akan menjadi beban orang tuanya untuk membayar perawatannya. Jika si anak juga memiliki asuransi, orang tua pun bisa terbantu.

Segera Setelah Pandemi Virus Corona Berakhir, 15 Hal Inilah yang Akan Dilakukan Pertama Kali oleh Banyak Orang!

3. Masih muda enggak perlu punya asuransi kesehatan

Seperti pada poin kedua di atas, siapa pun bisa terkena risiko sakit, meski usia masih muda. Asuransi, faktanya, dapat dimiliki sejak lahir, karena enggak ada seorang pun yang kebal dari penyakit ataupun risiko kecelakaan.

Sekali lagi, kondisi yang tak terduga bisa terjadi tanpa memandang umur. Karena biaya pengobatan untuk anak sama besarnya dengan pengobatan dewasa, maka seluruh keluarga pun perlu perlindungan.

4. Asuransi kesehatan hanya untuk orang-orang kaya

Semakin tinggi kelas dan semakin banyak keuntungan yang diperoleh, maka premi yang harus dibayarkan juga akan semakin mahal. Begitupun sebaliknya.

Faktanya, kita bisa kok memilih asuransi kesehatan sesuai dengan kemampuan finansial kita. Seperti BPJS Kesehatan misalnya, preminya cukup terjangkau, dan bisa mengcover cukup banyak penyakit, termasuk tersedia jaminan kesehatan untuk ibu hamil juga.

Waktunya Membuat CV buat Kamu yang Kehilangan Pekerjaan Akibat COVID-19

5. Premi asuransi kesehatan itu mahal

Beberapa hal yang memengaruhi harga premi adalah usia, gender, kebiasaan merokok atau tidak, sudah pernah ada riwayat penyakit sebelumnya, dan apa saja jenis perlindungan yang ditawarkan.

BACA JUGA:  Merasakan Kecemasan Berlebihan dalam Masa Pandemi COVID-19? Here Are What You Can Do!

Faktanya, enggak semua mahal kok. Bahkan sekarang juga ada marketplace atau ecommerce menyediakan produk asuransi kesehatan mulai dari Rp200.000-an. Terjangkau kan?

6. Asuransi hanya dapat meng-cover rawat inap saja

Nah, makanya, kenali dulu seluk-beluk asuransi kesehatan dengan baik yuk, sebelum percaya dengan mitos dan memutuskan produk yang hendak dipakai.

Ada asuransi yang hanya memberikan perlindungan rawat inap, ada punya yang memberikan perlindungan rawat jalan, perawatan gigi, manfaat bersalin, penggantian kacamata, dan sebagainya.

Kondisi penyakit yang dilindunginya juga bisa berbeda-beda, tergantung polis asuransinya. Pelajarilah dengan cermat sebelum memilih produk dan bacalah polis asuransi dengan teliti untuk mengetahui kondisi yang di-cover dan yang tidak.

Rahasia Cantik dan Sehat Perempuan dari 7 Negara Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

7. Proses klaim asuransi itu rumit, malesin!

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika melakukan klaim adalah memastikan semua dokumen pendukung yang diminta perusahaan asuransi lengkap, terutama mengenai diagnosis penyakit oleh dokter.

Jika syarat sudah lengkap, maka klaim pasti akan diproses dengan lancar.

8. Agen asuransi mah jualan doang, cari untungnya sendiri!

Well, kamu perlu membenahi mindset seperti ini, jika kamu memang menganggapnya begitu, girls.

Agen asuransi membantu (calon) nasabah untuk mengenali keperluan polis asuransinya, misalnya memberikan informasi penyakit apa saja yang dilindungi, cara melakukan klaim, hingga cara mengubah data.

BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga di Rumah untuk Memastikan Kamu Sehat Sepanjang Hidup

Agen asuransi yang baik akan mengingatkan kita untuk selalu mengevaluasi polis yang kita miliki secara berkala.

Rahasia Awet Muda dengan Makan 8 Jenis Buah dan Sayur di Usia 30-an

9. BPJS Kesehatan saja cukup!

Memang betul, BPJS Kesehatan merupakan produk asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan perlindungan yang cukup lengkap, dengan premi yang sangat terjangkau.

Namun, kamu juga perlu mengecek kebutuhanmu sendiri, girls. Jika memang butuh tambahan asuransi kesehatan swasta, demi perlindungan yang lebih baik, apa salahnya ditambahkan? Betul?

Nah, demikian beberapa fakta dan mitos asuransi kesehatan yang perlu kamu tahu.

Dengan memiliki asuransi kesehatan–setidaknya untuk diri sendiri–maka ini bisa jadi bukti bahwa kamu menyayangi dirimu sendiri, dan memiliki mimpi dan cita-cita matang untuk diwujudkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: