Kamu Wajib Tahu! Inilah 6 Fakta Unik Seputar Otak Perempuan yang Selama Ini Jarang Diketahui

BICARAPEREMPUAN.COM – Sudah banyak fakta unik terungkap pada diri perempuan. Seperti, kondisi mood swing yang tak bisa terprediksi–secara tiba-tiba bisa senang, lalu dalam sekejap bisa aja nangis.

Ya, pikiran perempuan memang susah ditebak. Selain gampang moody, perempuan juga sulit mengungkapkan kemauannya. Daripada berbicara jujur, biasanya sih lebih milih kode-kodean. Betul nggak, girls?

Nah, karena hal ini pulalah, para pria jadi susah memahami perempuan. Akhirnya banyak ilmuwan yang memutuskan untuk meneliti otak perempuan. Dan ya, hasilnya otak perempuan ini memang enggak sama kondisinya dengan otak pria. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

 

Berikut fakta-fakta unik seputar otak wanita yang jarang diketahui orang.

 

4 Zodiak Ini Terkenal Tak Akan Mau Kalah dalam Perdebatan

1. Ukuran Kecil, Tapi Lebih Cerdas dari Pria

Tahukah kamu, girls? Dibandingkan pria, ternyata ukuran otak perempuan itu lebih kecil! Namun begitu, bukan berarti kinerjanya lambat. Sebaliknya, otak perempuan justru diklaim lebih cerdas dari pria.

Hal itu terbukti dari fakta unik mengenai cara berpikir perempuan yang lebih cepat dewasa dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga cenderung lebih tekun, detail, dan mampu melakukan pekerjaan secara multitasking.

BACA JUGA:  3 Aktivitas Pagi untuk Menjamin Harimu Menyenangkan Sampai Akhir

Sementara pria, tak sedikit yang masih bertingkah kekanakan sekalipun dari segi usia telah dewasa.

 

2. Lebih Mudah Menyimpan Informasi

Peneliti asal Amerika Serikat bernama Dr.Thomas Crook mengungkapkan, bahwa otak perempuan mampu menyerap informasi lebih cepat, dan menyimpannya secara baik dalam jangka waktu lama.

Apa arti fakta unik ini? Artinya, perempuan itu enggak gampang pikun, atau dalam kata lain memorinya lebih kuat dibandingkan pria. Sekalipun ukuran otak perempuan lebih kecil, namun kemampuan saraf-sarafnya dalam mencerna info-info sangat efektif.

So, dari itu, buat para pria jangan heran bila perempuan selalu ingat dengan kejadian-kejadian di masa lalu. Bahwa hal-hal kecil pun cenderung susah dilupakan.

 

3. Otak Perempuan Lebih Aktif Secara Psikis

Sikap perempuan yang gampang banget baperan, ternyata itu bukanlah tindakan yang dibuat-buat. Faktanya, penelitian berhasil membuktikan bahwa otak perempuan memang cenderung aktif secara psikis. Hal itu terlihat dari tingginya tingkat sirkulasi darah pada bagian korteks prefontal di otak perempuan.

Korteks prefontal ini merupakan bagian dari otak yang fungsinya terkait emosional, yang membuat perempuan jadi lebih peka terhadap hal-hal yang menyangkut psikis, seperti empati, intuisi, rasa cemas, dan sejenisnya.

BACA JUGA:  Nggak Perlu Emosi, Ini Dia 5 Cara Cerdas Mengubah Haters Menjadi Teman!

Jadi intinya, girls, dalam menghadapi suatu perkara, perempuan biasanya lebih memanfaatkan perasaan dibandingkan harus berpikir rasional. Sementara pria cenderung menggunakan logika.

 

4. Perempuan Punya Kemampuan Menggabungkan Otak Kanan dan Kiri Untuk Memecahkan Masalah

Walaupun enggak semua orang bisa menerapkannya, namun fakta unik perempuan memang bisa menggabungkan fungsi otak kanan dan kiri dalam hal memecahkan masalah. Otak kanan berkaitan dengan logika, sementara otak kiri berhubungan dengan intuisi atau emosi.

Sementara pria, bukan berarti tidak bisa melakukannya. Bisa kok! Hanya saja, cara pria memanfaatkan kedua fungsi otak tersebut kurang efektif jika dibandingkan dengan perempuan.

 

5. Menstruasi Mempengaruhi Kinerja Otak

Kenapa wanita cenderung emosional ketika menstruasi?

Jawabannya, karena saat menstruasi, produksi hormon perempuan bakal meningkat, khususnya hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon tersebut juga memengaruhi kinerja otak sebelah kanan yang berkenaan dengan perasaan.

Hal inilah yang membuat perempuan jadi gampang moody, terutama saat PMS dan period.

 

6. Ukuran Otak Tidak Memengaruhi Perilaku

Meskipun dalam segi ukuran, otak perempuan dan pria berbeda. Namun itu tidaklah berpengaruh terhadap perilaku ataupun kemampuan kognitifnya. Intinya, tidak ada yang lebih baik atau buruk.

BACA JUGA:  Kamu Tak Perlu Minta Maaf untuk 7 Tindakan Ini karena Semuanya Adalah Hak Kamu dan Wajar!

Tuhan telah menciptakan segalanya secara sempurna. Hanya saja keduanya, antara otak perempuan dan pria memiliki fungsi dominan yang berlainan.

 

Pada dasarnya, setiap otak manusia punya fungsi yang sempurna. Entah itu pria ataupun perempuan, semua sama saja. Apabila otak jarang digunakan maka kinerja saraf-sarafnya juga ikutan melambat. Jadi ya, syukuri dan manfaatkan apa yang telah diberikan Tuhan dengan baik.

Itu dia beberapa fakta unik mengenai otak perempuan, yang jarang diketahui.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.