Film

Inilah 7 Film Terbaik Alan Rickman versi Bicara Perempuan

BICARAPEREMPUAN.COMAlan Rickman, pemeran Severius Snape dalam serial film Harry Potter, telah meninggalkan kita dalam usia 69 tahun karena kanker. Seluruh dunia jelas kehilangan sosoknya.

Alan Rickman sendiri merupakan aktor senior yang sudah lama wira-wiri di dunia perfilman Hollywood, sejak dia lulus dari sekolah drama di tahun 1974. BiPer mencatat 7 film terbaik di mana Alan Rickman berperan begitu total sebagai salah satu bintangnya.

 

7 Film Terbaik Alan Rickman versi Bicara Perempuan

 

1. Die Hard

Berperan sebagai Hans Gruber, Alan Rickman menjadi musuh sang jagoan, John McClaine, yang diperankan oleh Bruce Wilis.

Yang tak bisa dilupakan dari perannya di film ini adalah aksen Jermannya yang begitu kental, padahal dia sendiri sebenarnya merupakan aktor kelahiran Inggris.

“Oh, yes. What was it you said to me before? Yippie-ki-yay … motherf—.”

 

2. Truly, Madly, Deeply

Debut film garapan sutradara Anthony Minghella ini menandai perubahan karakter tokoh yang cukup cepat bagi Rickman. Di sini dia tampil lebih natural apa adanya.

Truly, Madly, Deeply ini berkisah mengenai seorang kekasih yang datang kembali  untuk “menghantui” pacarnya, yang diperankan oleh Juliet Stevenson. Dari seorang villain, Rickman kemudian berhasil menggambarkan tokoh yang romantis.

BACA JUGA:  11+ Film Indonesia yang Disambut Luar Biasa dan Memanen Penghargaan di Luar Negeri

 

3. Robin Hood: Prince of Thieves

Alan Rickman kembali berperan sebagai villain dalam film Robin Hood: Prince of Thieves, dan harus beradu akting dengan Kevin Costner.

Meskipun film ini dinilai oleh banyak kritikus film terdongkrak popularitasnya gara-gara soundtrack (katanya sih penjualan CD OST-nya ini justru lebih laris ketimbang filmnya)–Everything I Do (I Do It For You) yang dinyanyikan oleh Bryan Adams–namun nyatanya Alan Rickman memenangkan penghargaan BAFTA untuk perannya sebagai Sheriff of Nottingham di film ini.

“Locksley! I’ll cut your heart out with a spoon!”

 

4. Sense and Sensibility

Peran kecil namun mengesankan yang lain datang dari akting Rickman dalam dalam film Sense and Sensibility yang dirilis tahun 1995.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Jane Austen ini, skenarionya ditulis oleh Emma Thompson dan disutradarai oleh Ang Lee. Alan Rickman berperan sebagai Kolonel Brandon, seorang pria tua yang jatuh cinta pada seorang gadis muda bernama Marianne, yang diperankan oleh Kate Winslet.

BACA JUGA:  7 Film Barat dan Film Indonesia Kontroversial karena Memuat Isu SARA

“Give me an occupation, Miss Dashwood, or I shall run mad.”

 

5. Galaxy Quest

Dalam film yang digarap tahun 1999 ini, Alan Rickman berperan sebagai Alexander Dane/Dr. Lazarus of Tev’Meck.

Film ini memang tidak sesukses film sci-fi dan fantasi lainnya, namun akting Alan Rickman di sini tak bisa begitu saja dilupakan.

“By Grabthar’s hammer, by the suns of Warvan, you shall be avenged!”

 

6. Love Actually

Posisi Rickman sebagai salah satu aktor besar Inggris semakin dikukuhkan oleh aktingnya dalam Love Actually, sebuah film drama keluarga yang menjadi favorit para penggemar film Inggris.

Disutradarai oleh Richard Curtis, film ini menceritakan seorang suami yang berselingkuh dengan sekretarisnya. Alan Rickman memainkan sang suami, sedangkan istri diperankan oleh Emma Thompson.

“Oh, God. I am so in the wrong. The classic fool!”

 

7. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Dan, tentu saja, Alan Rickman akan terus diingat sebagai Severus Snape, sang guru ramuan dan pertahanan terhadap ilmu hitam, dalam serial Harry Potter.

BACA JUGA:  Review Film: We Need To Talk About Kevin (2011)

Dalam bukunya, Severus Snape digambarkan berhidung bengkok seperti paruh elang dan berambut klimis hitam pendek. Dia digambarkan sebagai toxic teacher untuk Harry Potter, meski kemudian diketahui bahwa dialah sang pahlawan sebenarnya.

“Mr. Potter. Our new … celebrity.”

 

Alan Rickman memang sudah tiada, tapi semua karyanya tetap akan tersimpan di hati para penggemar film dunia.

So, mau melewatkan akhir minggu ini dengan maraton film yang dibintangi oleh Alan Rickman, girls? Jangan lupa pop corn-nya ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: